Pariwisata Jadi Bisnis Paling Menarik di Sumbar


Rabu, 02 November 2016 - 01:13:51 WIB

PADANG, HALUAN — Bisnis di bidang pariwisata merupakan bisnis paling menarik saat ini, karena banyak hal yang dilakukan orang selalu terkait dengan pariwisata. Selain objek wisatanya, penyelenggara wisata, seperti travel agent, perhotelan, transportasi (darat, laut, dan udara), makanan, cendera mata, serta  restoran dan rumah makan, terlibat di dalamnya.

“Semakin banyak wisatawan yang datang berkunjung ke satu daerah atau objek wisata, dipas­tikan mereka akan mem­be­lan­jakan banyak uang di sana, ten­tunya dengan syarat bahwa pe­layanan yang diberikan tuan rumah harus maksimal. Layanan yang baik akan membuat tamu terkesan. Produk yang baik yang dijual kepada tamu akan mem­buat pro­duk tersebut selalu dicari wisa­tawan,” ujar Ketua Asita Sumbar, Ian Hanafiah di Padang, Selasa (2/11).

Bisnis pariwisata semakin menarik, kata Ian, jika hal dikait­kan dengan pariwisata Sumbar yang bakal menjadi wakil Indo­nesia pada ajang World Halal Tourism Award (WHTA) 2016 di Abu Dhabi, Uni Emeriat Arab (UEA) pada Desember. “Banyak hal yang harus kita persiapkan lagi dengan sebaik-baiknya agar ber­hasil menang pada ajang tingkat dunia tersebut,” tutur pemilik ERO Tour yang menjadi Biro Perjalanan Wisata Halal Indonesia 2016.

Ian mengakui bahwa saat ini jumlah wisatawan yang ber­kun­jung ke Sumbar turun daripada tahun lalu. “Angka persisnya saya kurang hafal. Berkisar di antara 10 hingga 20 persen,” ucapnya.

Menurutnya, penyebab turu­nya jumlah wisawatan ke Sumbar karena gencarnya promosi wisata daerah atau negara lain. Selain itu karena akses penerbangan yang biayanya lebih murah dengan waktu yang tidak terlalu lama dalam perjalananya.

“Di sisi lain, dari segi inter­nalnya, biro perjalanan sebetulnya juga harus lebih kreatif dan pro­aktif dalam menjual produknya. Galilah potensi yang ada, buat program dan paket wisata dengan harga terjangkau. Selain itu, per­siapkan masyarakat di daerah tujuan wisata untuk bisa ber­interaksi dan berkomunikasi de­ngan wisatawan, terutama wisa­tawan asing. Dengan demikian, para wisatawan pasti akan terkesan dan akan membantu mem­pro­mosikan objek wisata setelah mereka balik ke daerah atau negara mereka,” kata Ian tentang kiat meningkatkan kunjungan wisa­tawan ke Sumbar. (h/atv)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM