PU PROVINSI HARUS PERBAIKI

Jalan Nasional Amblas di Talu


Rabu, 02 November 2016 - 01:19:06 WIB

PASBAR, HALUAN — Amblasnya jalan provinsi yang disebabkan oleh pengerjaan proyek bronjong  di Kampung Pasanggiangan, Nagari Talu Kecamatan Talamau, hingga sekarang belum juga diperbaiki.

Anggota DPRD Sumbar dapil IV  Muzli M. Nur me­minta dinas pekerjaan umum provinsi dan kontraktor ber­tanggung jawab atas am­blas­nya jalan tersebut. "Kalau begitu kondisinya, PU dan kon­traktor harus memper­tang­gungjawabkannya,"kata Muz­li M. Nur ketika mela­kukan kunjungN kerja ke Pasbar kemarin.

Amblasnya jalan lintas antar kabupaten di Nagari Talu Kecamatan Talamau Ka­bu­paten Pasbar menjadi per­hatian oleh anggota DPRD Sum­bar. Pasalnya saat mela­kukan kunjungan ke Pasbar anggota dewan menerima la­poran rusaknya jalan lintas di kawasan Talamau.

Berdasarkan informasi yang diperoleh di lapangan, ke­ru­sakan jalan tersebut diduga akibat pengerjaan proyek bron­jong di sekitar lokasi. Aki­batnya, dua unit rumah ma­syarakat rusak parah dan jalan raya antar kabupaten Pasbar dengan Pasaman rusak parah,  sehingga sulit untuk dile­wati oleh pengendara. "Pemerintah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan kontraktor harus duduk bersama mencarikan solusi kerusakan jalan dan rumah masyarakat tersebut," tambah Muzli M Nur.

Ia menambahkan, pa­sal­nya dalam pengerjaan proyek apapun masyarakat tidak bo­leh dirugikan. terlebih saat ini yang rusak adalah jalan utama yang digunakan langsung oleh ma­syarakat setiap hari. Akibatnya keselamatan setiap pengendara menjadi terancam.

Kemudian, tandas Muzli M Nur Dinas Pekerjaan Umum Provinsi harus mengkaji ulang dan melakukan inves­tigasi ke lapangan mencari tahu apa penyebab amlasnya jalan dan rusaknya rumah masyarakat.

"Jika ditemukan kelalain kontraktor, maka pihak ter­sebut harus bertanggung ja­wab penuh.  Namun, jika terjadi murni karena bencana, dinas PU harus mengambilkan kebijakan cepat,"pungkas Muzli M Nur.

Anggota DPRD meminta Dinas Pekerjaan Umum, segera mencarikan solusi dan mem­perbaiki kerusakan yang ada. Sejak kejadian, kondisi ke­miringan jalan tersebut se­makin parah dan semakin membahayakan pengendara yang lewat.

Amora Lubis DPRD Sum­bar dari dapil IV juga me­nya­yangkan tindakan yang ter­jadi. Pihak terkait harus men­cari tahu apa penyebab tin­dakan. "Ini bukan komisi saya sebenarnya, tetapi apa yang terjadi harus ditindak lan­juti," tambah Amora Lubis. (h/ows)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM