Pemkab Pasbar Gelar Sosialisasi Kearsipan


Rabu, 02 November 2016 - 01:20:48 WIB
Pemkab Pasbar Gelar Sosialisasi Kearsipan WAKIL Bupati Pasaman Barat, Yulianto didampinggi Kepala Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Pasbar, Sutriati beserta kepala Kantor Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Sumbar saat sosialisasi JRA. (IDENVI SUSANTO)

PASBAR, HALUAN — Pe­meritah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melalui Ke­pala Kantor Perpustakaan dan Arsip lakukan Sosialisasi Jadwal Retensi Arsip (JSA) Kepegawaian Aparatur Sipil Negara (KASN) dan pejabat negara Rencana Pem­ba­ngu­nan Daerah (RPD) di Aula Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Pasbar, Selasa (1/11).

Sosialisasi JRA ini diha­diri 43 orang perwakilan SKPD di lingkungan Pemkab Pasbar dengan narasumber dari Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumbar, Kiswati.

“Sudah tak zamannya lagi organisasi menghadapi beban administrasi berupa banjir kertas dokumen akibat peningkatan akumulasi arsip yang tidak diantisipasi hingga terus bertambah. Akibatnya, arsip akan sulit untuk dite­mukan saat diperlukan,” tutur Wakil Bupati Pasbar, Yuli­anto dalam sambutannya.

Selain itu, Yulianto me­nyebut, salah satu dalam manajemen kearsipan sangat penting untuk menentukan dan mewujudkan efisiensi pengelolaan arsip adalah kegiatan  penyusutan arsip.

Wabup menjelaskan, pe­nyu­sutan arsip pada dasarnya harus sesuai dengan keten­tuan undang-undang JRA, dengan berpedoman kepada JRA yang telah memperoleh kepastian hukum.

“Penyusutan arsip dapat dilakukan dengan cara me­mindahkan arsip in aktif dari Unit Pengolah ke Unit Peng­arsipan. Juga bisa melakukan pemusnahan arsip sesuai dengan ketentuan yang ber­laku dan menyerahkan arsip statis dari Unit Kerasipan ke Arsip Nasional RI,” katanya.

Yulianto menambahkan, penyusutan arsip harus dila­kukan dengan hati-hati kare­na jika salah memusnahkan arsip hal tersebut akan bera­kibat fatal saat dilakukannya pemusnahan terhadap arsip yang masih diperlukan. Un­tuk itu ia berharap kepada SKPD yang ada di lingkup Pemda Pasbar agar mela­kukan penyusutan arsip se­suai prosedur undang-undang kearsipan.

“Arsip tidak mungkin kita tumpuk apalagi dalam bentuk karungan yang jum­lahnya kian hari kian bertam­bah. Kita perlu lakukan pe­nyusutan arsip agar tidak menumpuk lagi dimasing-masing SKPD,” ujar Yul­ianto.

Sementara itu, Kepala Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Pasbar, Sutriati mengatakan, sosialisasi ini bertujuan memberi kepastian hukum bagi SKPD dalam mengelola arsip sehingga arsip Kepegawaian ASN dan Pejabat Negara dan Arsip Pembangunan Daerah dapat dikelola dan dipergunakan untuk berbagai kepentingan sekaligus menjadi pusat ingatan, sumber informasi dan alat pengawasan. (h/idn)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM