Calon Pejabat Eselon II Pasbar Diumumkan


Rabu, 02 November 2016 - 01:23:20 WIB
Calon Pejabat Eselon II Pasbar Diumumkan Ketua Tim Pansel JPTP eselon Iib, Rusdi Lubis menyerahkan berkas hasil Seleksi akhir kepada Bupati Pasaman Barat Syahiran yang didampinggi Wakil Bupati Yulianto. (IDENVI SUSANTO)

PASBAR, HALUAN — Panitia seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Kabupaten Pasaman Barat, umumkan hasil seleksi sejumlah jabatan di daerah tersebut. Dari 91 orang ASN yang ikut seleksi, 66 ASN dinyatakan lulus seleksi dan sisanya, 34 ASN lainnya dinyatakan tersingkir.

“Benar, hasil gabungan nilai dari semua peserta yang di­seleksi, didapat 66 orang yang lulus untuk mengisi 22 jabatan,” kata Ketua Panitia Seleksi JPTP Pasaman Barat, Rusdi Lubis pada Haluan, Selasa, (1/11).

Panitia seleksi, lanjutnya, hanya memilih tiga nama dari masing-masing jabatan, yang selanjutnya nama-nama ityu akan diserahkan ke Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) atau bupati, yang akan memilih satu nama untuk dilantik.

Menurutnya, panitia seleksi telah melaksanakan sesuai atu­ran yang berlaku dan arahan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Berbagai taha­pan seleksi sudah dilaksanakan seperti seleksi administrasi, ujian tertulis, wawancara dan penyampaian makalah.

“Pada tahap seleksi awal yang diikuti oleh 100 ASN, 9 orang diantaranya dinyatakan gagal, dan 91 orang ikut tes assesmen di Universitas Negeri Padang (UNP),” katanya lagi.

Setelah dilakukan tes asses­men di UNP, kemudian dila­kukan uji publik. “Dalam taha­pan tersebut, barulah didapat 66 ASN yang akan mengisi 22 22 jabatan tersebut,” jelasnya.

Untuk lima jabatan yang sudah diseleksi terpaksa harus diulang kembali karena hanya dua orang yang memenuhi persyaratan. Ini diatur dalam Peraturan Menteri Pember­dayaangunaan ASN Nomor 13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi, maka yang memenuhi syarat dua orang untuk masing-masing JPTP dinyatakan batal dan dilakukan seleksi ulang kembali.

“Seharusnya yang meme­nuhi persyaratan itu minimal tiga orang. Sementara yang lulus hanya dua orang sehingga batal dan diulang kembali,” katanya.

     Lima jabatan yang akan diulang kembali adalah untuk Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Staf Ahli Bidang Pengembangan Eko­nomi Kerakyatan dan Pem­bangunan serta Staf Ahli Bi­dang Pendidikan dan Pengem­bangan Sumber Daya Manusia. Selanjutnya Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan dan Badan Lingkungan Hidup Kebersihan dan Per­tamanan.

Dari 22 jabatan yang disiapkan tersebut, su­dah didapat sejumlah nama terbaik yang akan bersaing dalam masing-masing bidang jabata. Untuk Asisten Bidang Pemerintahan, sudah ditetapkan tiga orang terbaik yaitu Afrizal Azhar, Hasan Basri Rangkuti dan Yudesri.

“Pengumuman tiga nama untuk masing-masing jabatan tersebut berdasarkan abjad nama bukan peringkat nilai. Kami bekerja sesui aturan dan tidak ada intervensi siapapun. Untuk penetapan satu nama itu adalah hak pejabat pembina kepegawaian atau bupati,” tegas Rusdi Lubis. 

Sementara itu, Bupati Pas­bar, Syahiran megucapkan te­rimakasih kepada tim panitia seleksi atas kerja kerasnya dalam menyeleksi JPTP Pasaman Ba­rat.

”Dalam waktu dekat kami akan melaporkan ke KASN mengenai hasil seleksi. Setelah itu akan di SK-kan dan dalam waktu dekat akan dilantik,” katanya.

Ditambahkannya, dalam waktu dekat, sekitar 14 jabatan baru akan diseleksi kembali termasuk jabatan yang gagal pada tahap seleksi pertama. “Sekitar 14 jabatan lagi akan segera diseleksi. Kalau tidak ada halangan, pertengahan No­vember 2016 ini akan dibuka pendaftaran terhadap 14 jabatan itu,” jelasnya. (h/idn)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM