Pertemuan Asosiasi Ilmu Hadis Indonesia Hadirkan Kurikulum Hadis Berbasis KKNI


Rabu, 02 November 2016 - 01:24:10 WIB
Pertemuan Asosiasi Ilmu Hadis Indonesia Hadirkan Kurikulum Hadis Berbasis KKNI Ketua Jurusan Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin IAIN Imam Bonjol Padang Novizal Wendry (kanan) saling menandatangani naskah MoU dengan ASILHA pada acara Seminar Internasional di Yogyakarta beberapa hari lalu. (HUMAS)

PADANG, HALUAN — Pengembangan Ju­rusan Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin dan Prodi Magister Ilmu Hadis Pascasarjana IAIN Imam Bonjol Padang terus dipacu. Untuk mengembangkannya, Fakultas Ushuluddin mengutus dua orang tenaga Prof Edi Safri dan Novizal Wendry pada acara seminar inter­nasional yang digelar oleh asosiasi ilmu hadis Indonesia (ASILHA).

Kegiatan yang ber­lang­sung selama tiga hari 25-27 Oktober lalu, akhirnya ber­hasil  merumuskan kuri­ku­lum hadis di perguruan tinggi berbasis KKNI. Kon­fe­ren­si juga ini sebagai aja­ng me­nin­daklanjuti pertemuan para dosen hadis yang sbelumnya pernah digelar di Makassar 23 Juli 2015.

Dekan Fakultas U­s­hu­luddin Widia Fithri bersama Wadek I Muslim didampingi Kajur Tafsir Hadis  Novizal Wendry, di ruang kerjanya, Selasa (1/11) mengatakan, partisipasi IAIN dalam ke­giatan ini memiliki pengaruh yang besar. 

“Dua dosen yang kita utus ini memiliki kompetensi sesuai disiplin keilmuannya. Mudah-mudahan berbagai hasil yang diperoleh itu mem­berikan dampak positif bagi akreditasi prodi tersebut di fakultas,” terangnya.

Dalam pertemuan ter­sebut, Dirjen Pendis Ke­menag Kamaruddin Am­in, mengharapkan per­kem­bangan kajian  kajian hadis di Indonesia lebih berkembang lagi ke depan sehingga dapat bersaing di kancah dunia, seperti di dunia Barat.

Selain itu katanya, salah satu ciri khas perguruan tinggi Islam adalah adanya Jurusan Ilmu Hadis dan Taf­sir sebagai core kajian keislaman.

Edi Safri yang juga Di­rektur Pascasarjana IAIN IB Padang melihat Jurusan Taf­sir Hadis di Fakultas Us­hu­luddin IAIN Imam Bonjol telah mengikuti per­kem­bangan kurikulum nasional terkini sebagaimana yang direkomendasikan dalam ASILHA.

Sewaktu gelaran seminar ini, Jurusan Ilmu Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin  me­nan­datangi MoU antara Jurusan Tafsir Hadis IAIN Imam Bonjol Padang dengan Aso­siasi Ilmu Hadis Indonesia, Jurusan Alquran dan Hadis Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dan Jurusan Ilmu Hadis Per­guruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) Jakarta.

“MoU ini diharapkan da­pat meningkatkan peran Ju­rusan Tafsir Hadis IAIN Imam Bonjol Padang di kan­cah nasional. Konferensi ASILHA yang pertama ini dihadiri oleh utusan PTI (Perguruan Tinggi Islam) se-Indonesia, dan para pengkaji hadis dari berbagai perguruan tinggi,” ucap No­vizal Wendry.  (h/eni)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 16 Maret 2020 - 15:37:01 WIB

    Ikatan Pensiunan Bank Nagari Gelar Pertemuan Tahunan

    Ikatan Pensiunan Bank Nagari Gelar Pertemuan Tahunan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Ikatan Pensiunan Bank Nagari (IPBN) menggelar pertemuan tahunan di UPI Convention Center, Senin (16/3). Kegiatan yang dihadiri sekitar 448 pensiunan bank daerah kebanggaan Sumbar itu, menjadi ajan.
  • Selasa, 18 Juli 2017 - 18:00:35 WIB

    Pertemuan Dai dan Ulama, Wako Padang Bantah Tidak Libatkan MUI

    Pertemuan Dai dan Ulama, Wako Padang Bantah Tidak Libatkan MUI PADANG, HARIANHALUAN.COM--Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah membantah bahwa pihaknya tidak melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang dan Sumbar dalam iven pertemuan dai dan ulama se Asia Tenggara, Afrika dan E.
  • Ahad, 16 Juli 2017 - 17:05:31 WIB

    MUI Sumbar Tidak Ikut Dalam Pertemuan Dai dan Ulama

    MUI Sumbar Tidak Ikut Dalam Pertemuan Dai dan Ulama PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Majelis Ulama Indonesia Sumatra Barat menyatakan tidak akan ikut dalam pertemuan dai dan ulama se Asia Tenggara, Afrika, dan Eropa yang diadakan oleh Pemerintah Kota Padang, pada 17 Juli hingga 20 J.
  • Jumat, 16 Juni 2017 - 14:05:42 WIB

    Didukung Gubernur, Wapres Akan Buka Pertemuan Dai dan Ulama di Padang

    Didukung Gubernur, Wapres Akan Buka Pertemuan Dai dan Ulama di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wakil Presiden, Jusuf Kalla, direncanakan akan membuka Musabaqah dan Multaqa Dai atau pertemuan dai se-Asia, Eropa dan Afrika, di Padang pada 10-21 Juli 2017 mendatang. Tidak itu saja, kegiatan kea.
  • Selasa, 13 Juni 2017 - 10:39:48 WIB

    Pemko Siap Gelar Pertemuan Dai dan Ulama Dunia

    PADANG, HALUAN - Pemerintah Kota Padang akan menggelar pertemuan Dai dan Ulama se-Asia Tenggara, Afrika, dan Eropa, pada bulan Juli 2017. Hingga akhir bulan Mei persiapan pergelaran tersebut sudah hampir rampung..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM