Pedagang Pasar Alai Peduli Kebersihan


Rabu, 02 November 2016 - 01:25:48 WIB

PADANG, HALUAN—Pedagang di Pasar Alai Jln Teuku Umar, Kelurahan Alai Parak Kopi, Keca­matan Padang Utara peduli keber­sihan pasar dengan membersihkan lapak masing-masing sebelum dan sesudah berjualan.

Berdasarkan pantauan Haluan, lapak tempat pedagang berjualan terlihat bersih dan rapi dari sampah pasar. Tempat pedagang berjualan juga tertata rapi, sehingga me­mudahkan pembeli untuk memilih barang yang diinginkannya.

Upik (50), pedagang sayuran di Pasar Alai mengatakan ia selalu membuang dan me­ngang­kat sampah bekas sayurannya ke kontainer tempat pembuangan sampah pasar.

“Kita harus menjaga kebersihan lapak masing-masing. Kami tidak mengandalkan petugas kebersihan, karena itu sudah menjadi tanggung jawab pedagang,” katanya.

Wanita yang sudah 30 tahun berjualan di tempat ini, mengaku tradisi itu sudah berjalan sejak lantai pasar di pasang ubin. Jika ada sampah yang berserakan, maka akan langsung dipungut oleh pedagang maupun petugas.

“Jika terlalu banyak sampah yang ber­sera­kan, maka lantai terlihat kotor dan akan menimbulkan bau yang tidak sedap,” katanya lagi.

Hal serupa juga dikatakan War (45), pemilik lapak ikan asin. Ia mengatakan semua pedagang sadar akan tugasnya masing-masing dan tidak memberatkan kepada petugas kebersihan.

Lebih lanjut War mengatakan jika pasar bersih, maka pembeli akan senang berbelanja di pasar. Namun sebaliknya, jika kotor maka mereka tidak mau masuk ke dalam pasar dan lebih memilih belanja di pedagang kaki lima.

Staf UPTD Pasar Alai, Asri Suhaini mengatakan kalau pedagang yang berjualan senantiasa diingatkan untuk menjaga ke­bersihan. Jika kondisi pasar penuh sampah dan berbau, maka tidak akan ada pembeli yang berbelanja ke dalam pasar.

“Semuanya saling bekerja sama, baik antara pedagang maupun petugas kebersihan. Sehingga, kebersihan di lingkungan pasar selalu terjaga dan bisa menjadi pasar per­contohan bagi pasar lainnya yang ada di kota padang, “ katanya.  (h/mg-eby)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 17 Juni 2019 - 17:45:06 WIB

    Jalan Sandang Pangan Harus Bersih dari Pedagang

    PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Perdagangan Endrizal menargetkan bahwa Jalan Sandang Pangan harus bersih dari pedagang. Namun, ada dua jenis dagangan yang dikecualikan mengingat kondisi dan situasinya..
  • Ahad, 12 Mei 2019 - 16:48:54 WIB

    Pedagang Pabukoan Diimbau Tak Buang Sampah Sembarangan

    Pedagang Pabukoan Diimbau Tak Buang Sampah Sembarangan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Memasuki pekan kedua ramadan, pedagang jajanan pabukoan semakin ramai dikunjungi. Oleh karena itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) minta pedagang jangan buang sampah sembarangan..
  • Rabu, 02 Januari 2019 - 10:55:59 WIB

    Pedagang Terompet Rugi Besar

    Pedagang Terompet Rugi Besar PADANG, HARIANHALUAN.COM – Tidak adanya euforia tahun baru di Padang dikeluhkan sejumlah pedagang terompet yang mengaku rugi dan nyaris tidak ada jual beli selama malam pergantian tahun kemarin, Senin (1/1). Para pedagang r.
  • Senin, 22 Januari 2018 - 02:32:34 WIB

    Pedagang IPPI Tuntut Ganti Rugi

    Pedagang IPPI Tuntut Ganti Rugi PADANG,HALUAN—Persatuan Pedagang Pertokoan Komplek IPPI (P3K IPPI) Pasar Raya Padang, akan menuntut Pemko Padang dalam hal ini Walikota dan Dinas Perdagangan..
  • Rabu, 17 Januari 2018 - 11:40:05 WIB

    Fasiltas Mulai Rusak, Taman Kuliner Sisakan 3 Pedagang

    Fasiltas Mulai Rusak, Taman Kuliner Sisakan 3 Pedagang PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kondisi Taman Kuliner disamping Balaikota lama di Jalan Sandang Pangan semakin tidak terawat. Hal ini menyebabkan pembeli semakin sepi, dan juga ditinggal pedagang..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM