PENGURUS AKP21 SUMBAR DILANTIK

Abaikan Tax Amnesty, Sanksi Menanti


Rabu, 02 November 2016 - 01:30:31 WIB
Abaikan Tax Amnesty, Sanksi Menanti Ketua Umum AKP2I pusat, Suherman Saleh melantik pengurus Asosiasi Konsultan Pajak Publik Indonesia (AKP2I) Sumbar di Hotel Kriyad Bumiminang, Jalan Bundo Kanduang, Padang, Selasa (1/11) siang.

PADANG, HALUAN — Pe­ngurus Asosiasi Konsultan Pa­jak Publik Indonesia (AKP2I) Sumbar dilantik oleh Ketua Umum AKP2I pusat, Suherman Saleh di Hotel Kriyad Bu­mi­minang, Jalan Bundo Kan­duang, Padang, Selasa (1/11) siang. Jabatan ketua dipegang oleh Asril, Sekretaris Syamsul Bahri Tanjung dan Bendahara Azwar­di Datuak Sinaro.

 

Acara yang juga dihadiri sejumlah wajib pajak itu juga dirangkaikan dengan seminar yang bertema “Dampak Am­nesti Pajak Terhadap Laporan Keuangan dan SPT Tahunan PPh”, dengan Narasumber Riza Noor Karim.

 

Dalam seminar itu, Su­heman Saleh mengingatkan wajib pajak (WP) yang tidak ikut dalam program pe­ngampunan pajak, otoritas terkait akan mencari data hartanya. Jika ditemukan harta, WP yang tidak ikut pro­gram amnesty pajak tanpa dila­kukan pemeriksaan akan dike­luarkan Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar (SK­PKB) dan dikenakan sanksi 200 persen. Untuk itu, lebih bagus me­ngikuti program tersebut.

 

Setelah masa pengampunan pajak berakhir, Direktorat Jen­deral Pajak (DJP) me­ne­mukan harta WP yang ikut program TA, namun  belum dilaporkan harta tersebut, akan diperhitungkan sebagai tam­bahan penghasilan.

 

Kemudian bagi WP yang me­ngung­kapkan harta tam­bahan yang berada di wilayah NKRI, tidak boleh me­ngalihkan harta tambahan ke luar NKRI pa­ling singkat 3 tahun ter­hitung sejak diter­bitkan surat keterangan. “WP harus me­lampirkan surat per­nyataan, bahwa tidak me­nga­lihkan harta tambahan yang be­ra­da di wi­layah NKRI,” je­lasnya.

 

Sedangkan untuk pengurus yang telah dilantik diharapkan dapat menjalankan fungsi AKP2I dan me­ngem­bang­kan­nya ke cabang di kabupaten/kota yang ada di Sumbar. Peran konsultan pajak, mendorong wajib pajak untuk memenuhi  kewajibannya, terlebih setelah diberlakukannya program pe­ngam­punan pajak oleh pe­merintah. “Konsultan yang memberikan pendampingan harus berkompeten dan me­miliki sertifikasi. Di situlah peran AKP2I, agar wajib pajak tidak dirugikan,” ujarnya.

 




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 04 Januari 2018 - 10:45:48 WIB

    Polemik Jabatan Ketua DPRD Padang, Gubernur Abaikan Penetapan PTUN

    Polemik Jabatan Ketua DPRD Padang, Gubernur Abaikan Penetapan PTUN PADANG, HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumbar Irwan Prayitno didesak untuk segera melaksanakan penetapan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Padang, dan mengembalikan jabatan Ketua DPRD Padang kepada Erisman. Sampai sekarang, ja.
  • Rabu, 16 November 2016 - 15:49:08 WIB

    Bangunan Tua Padang Terabaikan dan Dibiarkan Menua

    Bangunan Tua Padang Terabaikan dan Dibiarkan Menua PADANG, HALUAN – Kawasan Kota Tua Padang seperti dibiarkan menua. Tokoh setempat yang juga legislator DPRD Sumbar, Albert Hendra Lukman menilai, bangunan peninggalan bersejarah banyak yang terabaikan..
  • Sabtu, 16 Januari 2016 - 03:14:26 WIB
    ‘Pembersihan’ Kawasan Pantai Padang

    Pedagang Abaikan Deadline Pemko Padang

    Pedagang Abaikan Deadline Pemko Padang PADANG, HALUAN — Tenggat waktu yang diberikan Pemerintah Kota Padang untuk pembongkaran rumah makan dan lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) di batu krib Purus berakhir, Jumat (15/1). Namun, masih banyak pedagang yang tidak mengi.
  • Jumat, 20 November 2015 - 20:44:04 WIB

    DPRD Padang Abaikan Undang-undang

    TIDAK PUNYA WEBSITE RESMI

    PADANG, HALUAN — Meski aturan tentang keterbukaan informasi publik sudah keluar sejak 7 tahun yang lalu, yakni dengan lahirnya Undang.

  • Kamis, 19 Februari 2015 - 18:58:57 WIB

    Lurah Dilaporkan, Saksi Abaikan Panggilan Polisi

    PADANG, HALUAN – Kasus Lurah Kalumbuak yang dilaporkan warga ke Polisi Sektor (Polsek) Kuranji, diduga telah berlaku kasar serta meneriaki dengan kata-kata kotor beberapa waktu lalu, terus dilanjutkan. S.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM