Tiga Jaksa Padang Diperiksa KPK


Rabu, 02 November 2016 - 01:34:01 WIB

JAKARTA, HALUAN — Tiga Jaksa Pe­nuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang dipanggil Komisi Pembe­rantasan Korupsi (KPK). Para jaksa itu digarap komisi anti rasuah dalam perkara penjualan gula non SNI.

Ketiganya bakal dicecar terkait kasus dugaan suap distribusi gula impor dari Bulog untuk wilayah Sumatera Barat yang menjerat Jaksa Farizal. Ketiga JPU itu yakni, Rusmin, Sofia Elfi dan Ujang Suryana. “Mereka diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Farizal,” kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha, Selasa (1/11).

Selain tiga JPU itu, penyidik KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap Loli Vianda selaku pimpinan Kantor Kas Cabang Veteran. Loli juga diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Farizal. “Ada pihak lain yang diperiksa selain ketiga jaksa itu,” terang Priharsa. Diketahui kasus dugaan suap distribusi gula impor dari Bulog untuk wilayah Sumatera Barat meru­pakan pengembangan penyeli­dikan dari perkara penjualan gula non SNI. Farizal selaku Jaksa diduga menerima uang suap dari Xaveriandy Sutanto selaku ter­dakwa dalam kasus tesebut. Su­tanto merupakan pihak yang diduga menyuap mantan Ketua DPD RI, Irman Gusman.

Farizal diduga menerima suap sebesar Rp365 juta dari Sutanto dalam empat tahap dengan no­minal Rp60 juta. Tujuannya untuk mengamankan perkara yang menjerat Sutanto di PN Padang.

Dalam kasus tersebut, Farizal bertindak seolah-olah sebagai penasihat hukum Sutanto dengan cara membuatkan eksepsi dan mengatur saksi-saksi yang me­nguntungkan terdakwa.

Kasus gula non SNI ini men­cuat setelah Polda Sumatera Barat menyita 30 ton gula bermerek Berlian Jaya yang dikemas dalam karung besar dan juga dalam bentuk kemasan 0,5 sampai 1 kilogram. Gula ilegal tersebut memiliki dua tipe yakni tipe Simanis dan tipe Siputih. Gula non SNI ini ditemukan dalam gudang yang beralamat di Kilo­meter 22, Jalan Bypass, Kota Padang, April 2016 lalu.

Enam hari lalu, jaksa Farizal juga diperiksa penyidik KPK sebagai saksi kasus suap tersebut. Atas perbuatannya, Farizal diduga sebagai penerima suap disang­kakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pembe­rantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Ta­hun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberan­tasan Tindak Pidana Korupsiý.

Sedangkan Sutanto disang­kakan melanggar pasal Pasal 5 Ayat (1) huruf a atau Pasal 5 Ayat (1) huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tin­dak Pidana Korupsi. (h/okz/ben)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 30 Maret 2020 - 18:49:46 WIB

    Bertambah Lagi! Pasien Positif Corona di Riau Menjadi Tiga Orang

    Bertambah Lagi! Pasien Positif Corona di Riau Menjadi Tiga Orang PEKANBARU, HARIANHALUAN.COM -- Pasien positif Corona di Provinsi Riau kembali bertambah satu orang. Data tersebut didapat setelah menerima hasil swap dari pusat terhadap pasien tersebut. Penambahan satu kasus positif covid-19.
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 14:23:32 WIB

    Tiga Gubernur di Pulau Jawa Ini Sepakat Larang Warga Mudik

    Tiga Gubernur di Pulau Jawa Ini Sepakat Larang Warga Mudik JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan telah membuat kesepakatan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk melarang kegiatan mudik selama pandemi.
  • Rabu, 25 Maret 2020 - 00:51:45 WIB

    Tiga Skenario Mudik Lebaran Digodok, Ada Opsi Larangan

    Tiga Skenario Mudik Lebaran Digodok, Ada Opsi Larangan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bersama sejumlah kementerian dan lembaga terkait tengah menggodok opsi kebijakan tidak mudik lebaran 2020 guna mencegah penyebaran.
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 01:44:53 WIB

    Pulang Umrah, Tiga Warga Sulawesi Tenggara Positif Corona

    Pulang Umrah, Tiga Warga Sulawesi Tenggara Positif Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi mengungkapkan riwayat perjalanan tiga pasien asal Sultra yang dinyatakan positif virus corona (Covid-19)..
  • Senin, 09 Maret 2020 - 12:38:33 WIB

    Enam Suspect Corona Diisolasi di Tiga RS di Riau

    Enam Suspect Corona Diisolasi di Tiga RS di Riau JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Dinas Kesehatan Provinsi Riau menyatakan saat ini ada enam orang suspect virus corona (Covid-19). Mereka semua tengah diobservasi di ruang isolasi di fasilitas kesehatan yang ditetapkan Dinkes Prov.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM