KAPAL PENGANGKUT TKI TENGGELAM

Belasan Penumpang Dilaporkan Meninggal


Rabu, 02 November 2016 - 23:46:19 WIB
Belasan Penumpang Dilaporkan Meninggal Petugas mengevakuasi korban meninggal tenggelamnya kapal yang mengangkut sejumlah tenaga kerja Indonesia (TKI) di Teluk Mata Ikan, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (2/11). (ANTARA FOTO)

BATAM, HALUAN — Sebuah kapal pengangkut puluhan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) diduga ilegal dari Malaysia, tenggelam di perairan Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (2/11) dinihari. Hingga berita dilansir, 17 penumpang dilaporkan meninggal, 39 orang berhasil selamat. Sementara 37 orang lainnya masih dalam pencarian.

Menurut data dari Badan Na­sional Penanggulangan Ben­cana (BNPB), kapal ter­se­but mengangkut 93 orang. “Sebanyak 17 orang dite­mukan meninggal dunia, 39 orang berhasil selamat, dan 37 orang masih dalam pen­carian,” tulis BNPB da­lam situs resmi mereka, Rabu 2 November 2016.

Kapal nahas tersebut di­ke­tahui berangkat dari pe­labuhan Johor pada pukul 03.40 waktu Malaysia. Se­kitar pukul 05.00 WIB, kapal melintasi perairan Tanjung Bemban Batu Be­sar dan menabrak karang sehingga oleng kemudian tenggelam.

Seorang warga Teluk Ma­ta Ikan bernama Riza yang tinggal tak jauh dari lokasi tenggelamnya kapal menga­takan saat peristiwa ber­langsung, kondisi di Tanjung Bembam Batu Be­sar sedang hujan deras disertai angin. “Mungkin itu yang menye­babkan ka­pal tenggelam. Anginnya memang kencang tadi pa­gi,” kata dia.

Sampai saat ini Tim SAR gabungan dari Lanal Batam, Kantor SAR Batam, Polres Barelang, Polair, BPBD Pro­vi Kepri, dibantu nelayan masih terus me­lakukan eva­kuasi dan pen­carian korban di sekitar lokasi kejadian. Sementara korban selamat dibawa ke posko di Tanjung Bemban, Batu besar, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Kapolda Kepri, Brigjen Pol Sam Budigusdian me­ngatakan, pihaknya masih berupaya melakukan pen­carian para korban dengan dibantu Pol Air, Dinsos, Satpol Pp, Tim SAR, dan masyarakat sekitar. Sejumlah korban selamat dibawa ke Tanjung Memban Batubesar, Nongsa Batam. 

“Sejauh ini sudah di te­mu­kan 39 korban yang se­lamat. Dan sudah dievakuasi di posko Tanjung Bemban,” kata Sam.

Direktur Kriminal Umum Polda Kepri Kombes Po­lisi Pol Eko Puji Nugroho me­­ngatakan bahwa petugas ma­­sih terus berusaha men­ca­ri para korban. “Puluhan kor­­ban masih dalam proses pe­­nyelamatan dan sebagian te­lah dievakuasi di bantu ma­syarakat sekitar,” jelas­nya.

Dilaporkan, korban be­r­­asal dari berbagai da­erah seperti Aceh, Padang, Su­matera Utara, Jawa Ti­mur, Lombok, Palembang. Selain itu sejumlah korban me­ninggal juga sudah dite­mukan dan masih dalam proses eva­kusai. Beberapa korban me­ninggal sudah dibawa ke RS Bhayangkara Polda Kepri di Batam.

“Pencarian masih dila­kukan. Kami juga meminta bantuan masyarakat sekitar karena keterbatasan kapal kami,” kata Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Bu­di­gus­dian. (h/yan)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM