Bupati Bertekad Hapus Pungli di Pasbar


Rabu, 02 November 2016 - 23:47:00 WIB

PASBAR, HALUAN — Bupati Pasaman Barat Syahiran melarang keras pungutan liar (pungli) di pemerintahannya. Siapa saja yang diketahui melakukan pungli, akan ditindak sesuai dengan UU yang berlaku. Pihaknya bertekad untuk menghapus pungli di Pasbar.

“Pungli saat ini  sudah diintai mulai dari pemerintah pusat. Pemerintahan Pak Jokowi ini menegaskan bah­wa pungli akan dikejar walau­pun besarnya hanya Rp10 ribu. Kita di daerah  mulai sekarang harus hati-hati de­ngan pungli ini,” imbau Sya­hiran.

Pungli, tambah Syahiran, me­rusak sendi-sendi peme­rin­tahan. Selain itu bisa me­nye­babkan kebocoran pen­dapatan pemerintah yang ber­im­bas kepada tidak terca­painya target yang telah dite­tapkan. Pungli juga mem­bodohi ma­syarakat.

“Saya minta kepada sta­keholder yang ada di Pasbar untuk stop melakukan pungli, apapun bentuknya. Sebab, pungli kadang dibungkus dengan segala daya tarik. Apakah itu semacam iuran sukarela atau semacamnya, yang muaranya tetap pungli,” kata Syahiran.

Jika masyarakat beru­rusan ke kantor maka stake­holder yang bersangkutan harus menjelaskan prosedur resminya. Jangan main ku­cing-kucingan dengan masya­rakat, yang ujungnya dise­lesaikan oleh uang.

“Kantor-kantor yang berurusan dengan masyarakat se­karang ini di Pasbar harus menghapus kebiasaan pungli. Jika ada administrasi yang dibayarkan jangan katakan kepada masyarakat ad­minis­trasinya segini, tetapi ada tambahan biaya untuk ini. Itu tetap saja pungli,” tambah Syahiran.

Pihaknya bertekad untuk meng­­hapus pungli di Pasbar. Na­­mun, tekad tersebut tidak cu­kup hanya dari dirinya saja. Bu­tuh dukungan semua pihak un­tuk menghapus pungli di Pas­bar. 

“Tentunya dukungan se­mua pihak untuk menghapus pungli sangat kita butuhkan. Jika semua komitmen untuk menghilangkan pungli di Pas­bar, maka akan terwujud peme­rintahan yang bersih,” tandas Syahiran mengakhiri. (h/idn)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 05 April 2020 - 14:58:03 WIB

    Bupati Pasbar Serahkan Bantuan Pangan untuk 600 KK

    Bupati Pasbar Serahkan Bantuan Pangan untuk 600 KK PASAMAN BARAT, HARIAN HALUAN.COM-- Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Yulianto serahkan bantuan Sosial Pangan, Program Sembako 2020 Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) kepada 600 Kepala keluarga di Jorong Tanjung Beruang, Nagari Kaj.
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 18:37:57 WIB

    Bupati Pessel Apresiasi Tenaga Medis Tangkal Virus Corona

    Bupati Pessel Apresiasi Tenaga Medis Tangkal Virus Corona PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengapresiasi upaya tenaga medis serta relawan yang bekerja secara maksimal di daerah setempat guna meminimalisir paparan virus corona atau COVID-19..
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 18:17:36 WIB

    Bupati 50 Kota: Posko Penanganan Corona di Perbatasan Itu Kewenangan Provinsi

    Bupati 50 Kota: Posko Penanganan Corona di Perbatasan Itu Kewenangan Provinsi LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUN.COM -- Pro kontra terhadap adanya penghentian pengoperasian posko penanganan Covid-19 di perbatasan Sumbar-Riau, mendapat tanggapan langsung dari Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi..
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 12:34:07 WIB

    Bupati Pasaman Wajibkan SOPD Siapkan Cairan Antiseptik Pembersih Tangan

    Bupati Pasaman Wajibkan SOPD Siapkan Cairan Antiseptik Pembersih Tangan PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mewajibkan seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di daerah itu, untuk menyiapkan fasilitas cuci tangan serta cairan pembersih tangan steril. Dia mengatakan,.
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 20:03:11 WIB

    Wabah Corona, Bupati Dharmasraya Rumahkan Siswa Selama 14 Hari

    Wabah Corona, Bupati Dharmasraya Rumahkan Siswa Selama 14 Hari DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM -- Akhirnya Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan memutuskan untuk merumahkan anak-anak sekolah dengan instruksi bupati No 425.1/519/disdik-2020, mulai 20 Maret hingga 02 April 2020. Ha.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM