PASAR AUR KUNING KEMBALI DIBENAHI

Ramlan: Trotoar untuk Pejalan Kaki


Rabu, 02 November 2016 - 23:54:46 WIB
Ramlan: Trotoar untuk Pejalan Kaki WALIKOTA Ramlan Nurmatias didampingi sejumlah Kepala SKPD turun langsung untuk melakukan penertiban dan penataan di kawasan Pasar Aur Kuning. (GATOT)

BUKITTINGGI, HALUAN — Pemko Bu­kittinggi kembali melakukan penataan di kawasan Aur Kuning Bukittinggi, dengan menertibkan sejumlah pedagang yang ber­jualan di atas trotoar yang berada di bawah fly over Pasar Simpang Aur Kuning, Selasa (1/11).

Dalam penertiban yang dilakukan tersebut, Walikota Ramlan Nurmatias didam­pingi Kapolres Bukittinggi AKBP Tri Wahyudi, Kadis Pekerjaan Umum Syahrizal Dt Palang Gagah, Kadis Pengelolaan Pasar Elvis Syah­ri Munir, Kepala Satpol PP Syafnir, Kepala DKP Su­pa­dria dan Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Suyer­man, langsung turun kelokasi untuk melakukan pener­ti­ban­dan penataan tersebut.

“Penataan kawasan Pasar Aur akan kita lakukan secara bertahap, dengan me­ner­tib­kan sejumlah pedagang yang se­nga­ja memanfaatkan tro­toar sebagai tempat jualan. Dengan tujuan agar trotoar tersebut da­pat berfungsi kem­bali seba­gaimana mestinya yaitu untuk pejalan kaki,” ujar Ram­lan usai melakukan penertiban.

Menurutnya, setelah dila­kukan penertiban dan per­baikan trotoar, maka kawasan tersebut akan dikembalikan sesuai fungsinya. Dimana pedagang yang selama ini memanfaatkan trotoar ter­sebut untuk berjualan, maka kede­pannya mereka tidak diper­bolehkan lagi untuk berjualan di fasilitas umum tersebut.

“Trotoar ini merupa­kan­kan fasilitas umum untuk pejalan kaki, bukan untuk jua­lan. Kalau berjualan tem­patnya ditoko ataupun ditem­pat-tempat yang telah dise­diakan didalam terminal, kenapa harus berjualan di trotoar,” tegas Ramlan.

Diakuinya, penertiban yang dilakukan sebelumnya sudah disosialisasikan oleh Di­nas terkait kepada pe­dagang, sehingga para peda­gang dengan kesadarannya sendiri membenahi barang barangnya. Dan ketika tim turun kelokasi hanya tinggal melakukan pembersihan dan penyemprotan trotoar dengan mobil Damkar BPBD.

Dengan ditertibkannya pedagang tersebut, maka trotoar yang ada sekarang selanjutnya akan diperbaiki dengan cara dibongkar ter­lebih dahulu, kemudian diba­ngun kembali dengan posisi yang lebih tinggi dari kondisi awal guna untuk kenyamanan pejalan kaki. Disamping perbaikan trotoar sebut Ram­lan, juga sekaligus dilakukan perbaikan Drainase.

“Kita ingin kembalikan keramaian dan kenyamanan di Pasar Aur ini. Trotoar itu hak pejalan kaki sementara bagi pedagang sudah ada toko di dalam pasar. Bila Pasar Aur tertib maka orang akan ramai berbelanja, dan pusat grosir ini akan kembali hidup,” terang Ramlan.

Terpisah Kepala Dinas PU Bukittinggi Syahrizal Dt Palang Gagah mengatakan, untuk drainase akan diper­baiki sesuai dengan kondisi semula. “Jadi drainase itu akan kita lakukan penge­rukan setelah itu baru diper­baiki. Kemudian Drainase yang telah diperbaiki itu akan ditutup diatasnya dengan membuat trotoar baru untuk pejalan kaki,” kata Syahrizal. (h/tot)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM