KUNJUNGAN ANGGOTA DPRD SUMBAR DAVIL VII

Nagari Salimpat Butuh Irigasi dan Jalan Tani


Kamis, 03 November 2016 - 00:12:26 WIB
Nagari Salimpat Butuh  Irigasi dan Jalan Tani Anggota DPRD Sumbar Mukhlisin saat mendengarkan keluhan masyarat dari Nagari Salimpat, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok. (RIVO)

AROSUKA, HALUAN — Ma­syarakat di Nagari Salim­pat, Kecamatan Lembah Gu­manti, Kabupaten Solok, mengeluhkan kurangnya iri­gasi dan jalan menuju lahan per­tanian. Bahkan dengan keter­batasan ter­sebut berp­e­ngaruh dengan pendapatan ekonomi ma­syarakat.

Hal ini terungkap saat kunjungan anggota DPRD Sumbar dari Dapil 7 yakni Sabrana, Mukhlasin, Asrul, Al Ghazali, dan Zulfadri mengujungi masyarakat di Alahan Panjang, Kabupaten Solok, Jumat (28/10).

Camat Lembah Gumanti Ferisnovel mengatakan, wila­yah yang ia pimpin adalah kawasan penghasil sayur-sayuran terutama bawang. Namun untuk memak­si­mal­kan hasil bumi diper­lukan pe­ngairan yang cukup. “Ka­mi disini butuh akses jalan menuju lahan pertanian untuk menjual bawang me­nuju pasar. Sedangkan disaat musim panas daerah ini selalu kekeringan dan hujan selalu banjir. Untuk itu diper­lukan irigasi,” paparnya.

Sementara anggota DPRD dari partai PKS Mu­khla­sin menyampaikan, ia ber­sama anggota DPRD Sum­bar lainnya akan me­nyam­paikan langsung per­ma­salahan itu ke dinas ter­kait. “Kebetulan kami juga membawa sejumlah instansi pemerintah tingkat provinsi seperti PSDA, Dinkes, dan Dinas ESDM. Kami ingin masalah yang berada di ka­wasan kabupaten dapat di­ker­jakan oleh intansi tingkat kabupaten, jika itu dibawah tanggung jawab provisi ma­ka kami himbau pihak ter­kait langsung mengerj­akan­nya,” papar Muhklasin.

Selain itu, ia meminta masyarakat melalui pe­me­ritah terendah mengajukan proposal serta mendata wila­yah mana yang menjadi tang­­gung jawab kabupaten, pro­vinsi, dan pusat (na­sio­nal). “Semua ada tanggung jawabnya, dan berbeda beda. Ada kabupaten, provinsi dan pusat. Untuk itu jika permasalahan tanah untuk membangun jalan harus di­se­lesaikan dahulu. Seperti diketahui banyak proyek pembangunan terkendala gara-gara pembebasan la­han,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, untuk melancarkan pembangunan jalan atau pun irigasi di­harapkan masyarakat bisa mempermudah pembebasan lahan. (h/rvo)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM