KELURAHAN PARIK RANTANG TERBANYAK

DPS Berkurang Dibanding Pilgub


Kamis, 03 November 2016 - 00:18:39 WIB

Payakumbuh, Haluan — Komisi Pemilihan Umum Kota Payakumbuh sudah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS)  menuju Pilkda 2017 men­datang. Penetapan DPS tersebut, digelar KPU dalam rapat pleno dengan Panitia Pemilihan Kecamatan se Kota Payakumbuh pada Rabu (2/11) siang di Pa­yakumbuh.

“Ini Daftar sementara un­tuk pemlih Pilkada Payakum­buh. Hasil ini berdasarkan pemu­takhiran data dari DP4 yang diserahkan Kementerian Dalam Negeri ke KPU.

Setelah itu, dilakukan sensus dari rumah ke rumah dalam pe­mutakhiran data pemilih. Ini sudah berlangsung sejak Juli 2016 lalu,” ujar Yu­zalmon, Komisioner KPU Kota Paya­kumbuh saat pleno.

Dalam pleno penetapan DPS Pilkada Payakumbuh itu, turut di hadiri Plt Walikota Payakumbuh Priadi Syukur serta yang terga­bung dalam Penegak Hukum Terpadu Pe­milihan Umum (Gak­kumdu) Payakumbuh.

Setelah masing-masing PPK membacakan hasil mu­takhiran data dihadapan Komisioner KPU, Panwaslih, Gakkumdu serta tim dari ketiga pasangan calon Wali­kota dan Wakil Wali­kota Paya­kumbuh, didapati DPS Paya­kumbuh menuju Pilkada men­datang sebanyak 85.119 pemilih. Dengan rincian 41.705 DPS laki-laki dan 43.414 DPS perempuan.

Angka tersebut, jauh menurun dibandingkan jumlah pemilih  saat Pilgub pada Desember 2015 lalu. Saat Pilgub lalu, jumlah pemilih di Payakumbuh yang tergabung dari Daftar Pemilih Tetap dan Daftar Pemilih Tetap Tambahan berjumlah sebanyak 86.936 pemilih.

Artinya, ada penurunan jum­lah pemilih di Kota Payakumbuh sebanyak 1.817 pemilih dalam waktu setahun terakhir ini.

Dari 85.119 DPS itu, ter­banyak terda­pat di Kecamatan Payakumbuh Barat dengan total 33.186 pe­milih. Kemu­dian Ke­camatan Payakumbuh Utara de­ngan total 20.227 pemilih.

Kecamatan Timur dengan total 17.622 pemilih, Kecamatan Payakumbuh Selatan dengan total 7179 pemilih dan Kecamatan Lamposi Tigo Nagori dengan total 6905 pemilih.

Ditingkat kelu­rahan, DPS terbanyak terdapat di Kelurahan Parik Rantang, Ke­camatan Paya­kumbuh Barat dengan total 3.545 pemilih yang tersebar di 9 Tempat Pemungutan Suara (TPS). (h/ddg)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 29 September 2015 - 19:26:38 WIB

    KPU Solok Selatan Perkirakan Jumlah DPS Berkurang

    SOLSEL, HALUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) So­lok Selatan (Solsel) mem­per­kirakan akan terjadi pengu­rangan Data Pemilih Sementara (DPS) yang tengah diperbaiki tingkat kecamatan. Hal tersebut dika.

  • Selasa, 08 September 2015 - 18:43:56 WIB

    KPU Pasaman Kirim Salinan DPS

    PASAMAN, HALUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman segera menyerahkan salinan Daftar Pemilih Sementara (DPS) kepada pihak Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan Tim Kampanye Pasangan Calon.<.

  • Kamis, 03 September 2015 - 19:49:35 WIB

    Jumlah DPS Agam Naik 12 Ribu Lebih

    AGAM, HALUAN — Data Pe­milih Sementara Kabupaten Agam diperkirakan mem­beng­kak naik lebih kurang 12 ribu  dari jumlah data pemilih se­belumnya. Pada Pilres daftar Pemilih tetap Kabupaten Agam lebih.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM