ABSEN TAHUN 2015

Pasaman Kembali Ikut Penilaian Adipura 2016


Kamis, 03 November 2016 - 00:23:31 WIB

PASAMAN, HALUAN — Guna menghadapi penilaian Adipura tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Pasaman menggelar rapat ko­ordinasi Adipura, di Aula Kantor Bupati se­tempat, Rabu (2/11).

Rakor dipimpin langsung Asisten I Bidang Pe­merin­tahan, Dalisman Darsah, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH), Silvia Eva­yanti, Kepala Dinas Perin­dagkop, Anwir Salam, Kabid Kebersihan, Jhonneri dan sejumlah pejabat lainnya.

“Penilaian akan dila­ku­kan pada minggu kedua bulan November ini. Tidak ada waktu lagi, segala pem­be­nahan untuk kebersihan harus segera kita lakukan sece­patnya,” katanya. 

Ia mengatakan, penilaian Adipura sudah berlangsung lama. Itu, reward bagi kabu­paten/kota yang komit me­nyelenggarakan kebersihan lingkungan di daerahnya masing-masing.

“Penilaian sudah ber­langsung lama, dilakukan sejak tahun 2001 lalu. Dan Pasaman ikut berpartisipasi dalam penilaian sejak 2011, Pasaman telah mengikuti lomba Adipura ini,” ujarnya.

Kabupaten Pasaman, kata dia, sejak 2011 telah meraih piagam penghargaan Adipura dari Kementerian Lingku­ngan Hidup dan Kehutanan. Baru, pada 2012, 2013 dan 2014 Pasaman meraih piala Adipura seutuhnya. 

“Kita berturut-turut sela­ma tiga tahun meraih adipura. Tapi, pada 2014-2015 kita tidak ikut berpartisipasi, karena bobot atau indikator penilaian ditingkatkan. Di­mana pada bobot TPA, kita belum memadai,” ucap Dalis­man.

Namun, kata dia, pada 2015 Pemkab Pasaman su­dah melakukan perbaikan pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di wila­yah itu, sehingga layak pro­sedur untuk diikutkan pada penilaian lomba Adipura tersebut.

“Kita sudah melakukan perbaikan TPA di Lambuai, Lubuksikaping. Dari hasil pemeriksaan, TPA sudah memenuhi syarat dalam pe­nilaian. Atas dasar itu kita memberanikan diri untuk ikut serta dalam penilaian Adipura tahun ini,” ujarnya.

Untuk itu, kata dia, selu­ruh instansi terkait diundang dalam rapat koordinasi ter­sebut, termasuk para stake holder. Sebab, kata dia, me­wujudkan kebersihan lingku­ngan tidak serta merta tang­gung jawab pemerintah saja.

“Dari informasi yang kita terima, penilaian adipura sekarang sudah berubah, ada Adipura Purna, dan Adipura Kirana. Yang sekarang akan kita ikuti yaitu, Adipura Buana,” kata Dalisman.

Untuk itu, kata Dalisman,  perlu ditindaklanjuti seluruh indikator dan kategori terkait penilaian Adipura itu, se­hingga daerah itu kembali meraih prestasi gemilang. 

“Target kita bisa meraih Adipura Buana, yang meng­gabungkan sosial dan keber­sihan lingkungan. Program Adipura yang baru men­dorong terwujudnya kota dan kabupaten yang ber­kelan­jutan berdasarkan kekhasan setiap wilayah,” kata Dalisman. (h/mg-yud)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]