PT Dempo Akan Bangun Enam PLTM di Solsel


Kamis, 03 November 2016 - 00:26:54 WIB

SOLSEL, HALUAN — PT Dempo Solsel Energy akan bangun enam Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) dengan daya 47,5 megawatt (MW) di Solok Selatan. Hal itu dikatakan Manager Operasional, Nils Okia­war­man pada awak media ketika konsultasi publik penyusunan dokumen Amdal di Aula Kantor Bupati setempat, Rabu, (2/11).

Rencana pembangunan enam PLTM tersebut katanya, proses produksi paling cepat sekitar 2019 memanfaatkan dua aliran sungai yang ada di Solsel, yakni Batang Sangir dan Batang Liki. Masing -masing pembangkit menghasilkan daya minimal 5 MW dan maksimal 10 MW. “Kami melakukan investasi di Solsel sekitar Rp940 miliar dengan enam pembangkit. Sebab 1 megawatt menghabiskan investasi Rp20 miliar,” kata Nils.

Ia mengatakan, dari enam pembangkit itu dikelola oleh anak perusahaan yang berbeda. Yang memanfaatkan Batang Sangir  PLTM terletak di Lubuk Gadang, Gaduang, Sampu, dan di Manggiu. Masing-masing dikelola anak usaha PT. Insan Kaharya Energi, PT Dempo Karya Energi, PT Insan Multi Energi, PT Dempo Multi Energi. Sedangkan yang memanfaatkan batang Liki adalah PLTM di Koto Rambah satu dan Koto Rambah dua. Masing -masing dikelola anak usaha PT Dempo Cipta Energi, PT Insan Cipta Energi.

Dalam memberikan CSR, katanya pihaknya mengikuti sesuai peraturan yang berlaku. “Kita akan berikan dana CSR pada pihak pemerintah nagari. Yang penting pihak pemerintahan nagari perlu me­nentukan arah peruntukan dana. Kita tidak akan lari dari kewajiban sosial perusahaan,” tuturnya.

Sementara, terkait rekruitmen tenaga kerja pihaknua akan memprioritaskan masyarakat sekitar. “Yang jelas nanti bisa dibicarakan ditingkat nagari.Dimana, sesuai kebutuhan perusahaan,” lanjutnya.

Kepala Dinas Hutbun Solsel, Tri Han­doyo, mengatakan sebelum beroperasi perusahaan harus melakukan kajian teknis pengerjaan proyek. Sebab melihat topologi daerah, Solsel rawan terjadinya bencana longsor dan erosi. “Apalagi kawasan pinggir sungai.Apabila dalam pengerjaan ada melakukan penebangan pohon, harus sesuai dokumen Amdal sehingga mini­malisir resiko. Perlu dibentuk rekayasa teknis termasuk penghijauan,” kata Tri.

Sementara, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Solsel, Hapison menjelaskan, sebe­lum beroperasi pihak perusahaan harus menuntaskan seluruh aspek lingkungan termasuk dokumen Amdal. “Kami tidak ingin merugikan semua pihak. Untuk itu semua persyaratan mengenai dampak lingkungan musti clear and clear. Supaya kedepan tidak terjadi permasalahan,” tutupnya. (h/jef)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 07 April 2020 - 15:49:38 WIB

    PTBA Bantu 2 Ton Beras Bagi Keluarga Prasejahtera

    PTBA Bantu 2 Ton Beras Bagi Keluarga Prasejahtera SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Sedikitnya 2 ton beras diserahkan PT Bukit Asam Unit Penambangan Ombilin (PTBA – UPO) kepada 200 kepala keluarga prasejahtera yang tersebar di empat kecamatan di Kota Sawahlunto..
  • Ahad, 05 April 2020 - 19:35:10 WIB

    Anggota DPRD Pasbar Bagikan Antiseptik untuk Masyarakat

    Anggota DPRD Pasbar Bagikan Antiseptik untuk Masyarakat PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) H. Adriwilza lakukan penyemprotan lingkungan  masyarakat dan membagikan cairan disinfektan antiseptik kepada masyarakat Jorong Lubuk Landur dan.
  • Ahad, 05 April 2020 - 11:51:00 WIB

    PT. Bukit Asam Kembali Gugat Kantor Pertanahan Sawahlunto

    PT. Bukit Asam Kembali Gugat Kantor Pertanahan Sawahlunto SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Jika dulu ada lima sertifikat, kini PT Bukit Asam Tbk menggugat Kantor Pertanahan Sawahlunto atas penerbitan tujuh sertifikat diatas tanah milik PT Bukit Asam Tbk. Prosesnya pun kini telah mema.
  • Kamis, 02 April 2020 - 18:05:42 WIB

    Pengusaha Laundry di Kota Solok Ciptakan Bilik Disinfektan

    Pengusaha Laundry di Kota Solok Ciptakan Bilik Disinfektan SOLOK, HARIANHALUAN.COM - Mora Afdal (34) asal Kota Solok, Sumatra Barat, merancang bilik disinfektan otomatis berbiaya murah. Bilik tersebut dapat digunakan dengan praktis dalam membantu pencegahan penularan COVID-19..
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 22:01:32 WIB

    Tokoh Masyarakat Sumbar Optimis Mulyadi Bawa Sumbar Lebih Maju

    Tokoh Masyarakat Sumbar Optimis Mulyadi Bawa Sumbar Lebih Maju PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Tokoh Masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) Suwirpen Suib tak yakin bila Ranah Minang bisa lebih maju jika tak dipimpin langsung oleh Anggota DPR RI Mulyadi..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM