DPRD: Sekolah Jangan Dijadikan Penginapan


Kamis, 03 November 2016 - 00:52:10 WIB

PADANG, HALUAN — Kalangan DPRD Sumbar tak setuju rencana Pemko Padang menjadikan sekolah-sekolah sebagai penginapan atlet di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porpov) 2016. Hal ini dinilai akan mengganggu proses belajar mengajar siswa.

“Pemakaian sekolah sebagai tempat penginapan sangat tak tepat. Apalagi jika sampai siswa diliburkan. Jangan sampai, kegiatan belajar terganggu hanya karena sekolah difungsikan lain,” ujar Anggota Komisi V DPRD Sumbar asal Daerah Pemilihan (Dapil) Padang, Hidayat Rabu (2/11) di Padang.

Hidayat mengatakan, walau Porprov merupakan acara besar. Namun sangat tak etis jika sektor pendidikan dikor­bankan. Bagaimana pun, siswa akan dirugikan. Ia mengingatkan jangan sampai karena menyukseskan satu iven sektor lain dikorbankan.

Disebut Hidayat, Komisi V DPRD Sumbar, berencana akan memanggil panitia Porpov untuk membahas ma­salah ini. Sekaligus perwakilan Pe­merintah Kota Padang sebagai tuan rumah pelaksanaan Porprov tahun sekarang. Nantinya akan diminta pen­jelasan di balik rencana penggunaan sekolah untuk ajang Porprov. Selain itu juga akan dibicarakan solusi lain agar sekolah tak dipakai. 

Anggota DPRD Sumbar lainnya, Taufik Hidayat juga menyampaikan hal senada. Taufik menyarankan panitia untuk menggunakan mess pemerintah daerah asrama dan penginapan lainnya. Selain juga bisa bekerja sama dengan masyarakat jika ada yang bisa me­nyewakan rumah mereka sebagai pe­nginapan. ”Jumlah penginapan, asrama dan mess di Padang cukup banyak. Harganya pun tak terlalu mahal, apalagi kalau bisa dibikin kerja sama. Jadi kenapa harus pakai sekolah sebagai tempat penginapan,” ucap Taufik.

Politisi Fraksi Partai Hanura ini menilai sangat tidak wajar meng­gunakan sekolah sebagai penginapan. Apalagi di daerah yang tersedia banyak penginapan. Selain mengganggu uru­san pendidikan, menjadikan sekolah sebagai tempat menginap akan mem­perkecil manfaat iven Porpov. Apalagi iven ini digadang-gadangkan bisa memberikan manfaat ekonomi tapi jika menggunakan sekolah tentu dampak ekonominya tak terlalu terasa.

Sementara itu, Sekretaris Komisi V DPRD Sumbar yang juga berasal dari Dapil Padang, Yuliarman melihat pa­nitia kurang sosialisasi untuk penye­lenggaraan Porprov.  Jika sejumlah sekolah di­libur­kan, siswa tak men­dapatkan proses belajar. Sedangkan siswa lain belajar. Ia menilai ini akan menyebabkan kesen­jangan. “Mestinya dibicarakan atau dicarikan solusi lain untuk persoalan ini,” pungkas Yuliarman.  Terkait ini, Porprov Sumbar 2016 akan dilaksanakan sekitar bulan Desember mendatang.  (h/len)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 26 Agustus 2019 - 19:13:27 WIB

    Apresiasi Satpol PP Padang, DPRD: Sikat Terus Kafe Mesum

    Apresiasi Satpol PP Padang, DPRD: Sikat Terus Kafe Mesum PADANG,HARIANHALUAN.COM--DPRD Kota Padang mengapresiasi upaya Satpol PP Kota Padang yang melakukan penertiban terhadap kafe yang diduga sebagai tempat maksiat..
  • Jumat, 23 Agustus 2019 - 21:23:11 WIB

    DPRD: Pemko Padang Agar Buru Sumber Pajak Pariwisata

    DPRD: Pemko Padang Agar Buru Sumber Pajak Pariwisata PADANG, HALUANHALUAN.COM-Pemerintah Kota Padang agar  terus mencari sumber baru penerimaan untuk menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD). Salah satu sektor yang harus  dilirik adalah, pariwisata yang mulai berkembang dalam .
  • Jumat, 09 Desember 2016 - 01:38:58 WIB
    SOAL MINANG MART BUKAN PROGRAM GUBERNUR

    DPRD: Pernyataan Direktur Grafika Keliru

    PADANG, HALUAN — Sejumlah anggota DPRD Sumbar menilai, pernyataan Direktur PT Grafika, Dasril yang menyebut Minang Mart tak ada hubungannya dengan program gubernur serta tidak menggunakan dana APBD adalah suatu hal yang tak.
  • Senin, 07 November 2016 - 01:11:24 WIB
    REUNI DAN MUBES KASMA I PADANG

    Ketua DPRD: Alumni Harus Berperan Majukan Pendidikan

    Ketua DPRD: Alumni Harus Berperan Majukan Pendidikan PADANG, HALUAN — Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim membuka reuni keluarga dan Mubes Alumni SMAN 1 Padang (Kasma 1 Padang), Sabtu (5/11). Hendra berharap, reuni yang dilaksanakan Kasma 1 Padang diharapkan tak hanya sebata.
  • Sabtu, 18 Juni 2016 - 07:40:00 WIB

    DPRD: Aturan KKP Sengsarakan Nelayan

    PADANG, HALUAN — De­wan Perwakilan Rakyat Da­erah (DP­RD) Sumbar terus mendesak agar Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengabulkan tuntutan ne­layan di Sumbar terkait izin melaut. Karena kebijakan itu dinilai me.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM