BERKAS DILIMPAHKAN KPK KE PENGADILAN TIPIKOR

Praperadilan Irman Gugur


Kamis, 03 November 2016 - 01:36:17 WIB
Praperadilan Irman Gugur Hakim tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menggugurkan praperadilan Irman Gusman. Tampak, pengacara Irman, Bagindo Fachmi menyalami hakim I Wayan usai sidang, Rabu (2/11). (ANTARA)

Sampai juga niat KPK menggugurkan praperadilan mantan Ketua DPD RI Irman Gusman. Percepatan pelimpahan berkas oleh KPK disaat gugatan praperadilan sedang berjalan, menjadi pertimbangan utama oleh hakim tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Ada indikasi, hal ini ada skenario hukum pihak tertentu. 

JAKARTA, HALUAN — Apa yang ditakutkan tim pengacara Irman Gusman ak­hirnya terjadi juga. Hakim tung­gal praperadilan I Wayan Karya menganggap permohonan pra­peradilan mantan Ketua DPD RI itu gugur  lantaran berkas perkaranya di KPK telah dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Ko­rupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

“Dengan adanya pelimpahan perkara a quo atas nama Irman Gusman tersebut maka hakim yang memutuskan praperadilan ini menyatakan gugur dengan segala akibat hukumnya,” ujar hakim Wayan di Pengadilan Ne­geri Jakarta Selatan, Rabu (2/11) seperti dilansir kompascom.

Sebelumnya, Pengacara Irman Gusman, Dr H Sutan Bagindo Fach­mi, SH MH menilai, pelim­pahan berkas perkara kliennya ke pengadilan merupakan upaya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menggugurkan pro­ses praperadilan. “Mungkin itu yang akan dikejar KPK dengan cara dilimpahkan (ke penga­dilan),” ujar Fachmi.

KPK melimpahkan berkas perkara Irman ke pengadilan pada Jumat (28/10) lalu.

Fachmi menjelaskan, dalam Pasal 82 butir d Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) disebutkan bahwa pra­peradilan akan gugur jika sebuah perkara mulai diperiksa di pe­ngadilan.

Adapun bunyi pasal tersebut, “Dalam hal suatu perkara sudah mulai diperiksa oleh pengadilan negeri sedangkan pemeriksaan mengenai permintaan kepada praperadilan belum selesai, maka permintaan tersebut gugur”.

“Kita kembali pada pasal 82 butir D, apabila perkara sudah mulai diperiksa pengadilan, pra­peradilan gugur,” kata dia.

Jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi melimpahkan perkara Irman ke pengadilan pada 28 Oktober 2016. Saat itu, persidangan prape­radilan di PN Jakarta Selatan tengah berjalan. Namun, hakim menganggap begitu perkara terse­but diperiksa oleh pengadilan yang menangani perkara pokok, secara otomatis praperadilan yang diajukan gugur.

“Menimbang, dengan dilim­pahkannya perkara dari JPU ke Pengadilan Tipikor maka status tersangka menjadi terdakwa,” kata Wayan.

“Dengan demikian, tugas pe­nyi­dik selesai dan beralih pe­nanganannya ke pengadilan,” lanjut dia.

Dalam persidangan, baik KPK maupun Irman telah mengha­dirkan sejumlah ahli hukum pidana untuk dimintai penda­patnya.

Kedua belah pihak juga meng­ha­dirkan saksi. Kubu Irman men­datangkan istri Irman, Liestyana Gusman. Sedangkan penyidik bernama Ardian bersaksi untuk KPK.

Irman menggugat upaya tang­kap tangan oleh KPK. Ia juga keberatan lantaran tak diberi kesempatan melaporkan grati­fikasi yang diberikan Direktur CV Semesta Berjaya Xaveriandy Su­tanto.

Pengacara Irman, Maqdir Is­mail, menyayangkan langkah KPK yang tak mencegah uang berpindah tangan dari Xave­riandy ke Irman. Padahal, KPK sebelumnya telah menampung banyak informasi bahwa akan terjadi transaksi suap.

Jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi melimpahkan perkara Irman ke pengadilan pada 28 Oktober 2016.

Saat itu, persidangan prapera­dilan di PN Jakarta Selatan tengah berjalan. Namun, hakim me­nganggap begitu perkara tersebut diperiksa oleh pengadilan yang menangani perkara pokok, secara otomatis praperadilan yang di­ajukan gugur.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengaku telah men­duga permohonan gugatan pra­peradilan Irman Gusman akan dinyatakan gugur oleh hakim.

“Ya kami tau dari awal me­mang kalau itu pasti ditolak. OTT (Operasi Tangkap Tangan) itu tidak mungkin mau prapera­dilan,” kata Basaria di kantor KPK, Jakarta, Rabu (2/11).

Menurut Basaria, berkas per­kara dugaan suap yang dilakukan oleh mantan Ketua Dewan Perwa­kilan Daerah itu sudah diserah­kan ke jaksa penuntut umum KPK.

Kasus itu akan segera disi­dang­kan. Di pengadilan, kata Basaria, Irman bisa menjelaskan terkait dugaan suap tersebut. 

“Lebih baik beliau mem­buktikan kesalahan atau tidaknya itu di sidang nanti. Itu yang kami harapkan,” ucap Basaria. Sidang Irman di Pengadilan Tipikor sudah terkonfirmasi akan dilang­sungkan mulai 8 No­vember. 

KPK menangkap Irman ber­sama Xaveriandy Sutanto dan istri Xaveriandy, Memi, serta adik Xa­veriandy, Willy Sutanto. Me­reka kemudian ditetapkan sebagai ter­sangka, kecuali Willy yang diang­gap tak terkait dengan kasus ini.

Penyidik KPK mengamankan uang tunai Rp 100 juta yang dibungkus plastik berwarna pu­tih. Uang tersebut diduga diguna­kan Xaveriandy untuk menyuap Irman terkait pengurusan kuota gula impor yang diberikan Bulog.

KPK menangkap Irman ber­sama Xaveriandy Sutanto dan istri Xaveriandy, Memi, serta adik Xaveriandy, Willy Sutanto 

Mereka kemudian ditetapkan sebagai tersangka, kecuali Willy yang dianggap tak terkait dengan kasus ini.

Penyidik KPK mengamankan uang tunai Rp 100 juta yang dibungkus plastik berwarna pu­tih. Uang tersebut diduga diguna­kan Xaveriandy untuk menyuap Irman terkait pengurusan kuota gula impor yang diberikan Bu­log.(h/ald)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 21 Oktober 2019 - 07:39:46 WIB

    Imam Nahrawi Hadapi Sidang Praperadilan Perdana Hari Ini

    Imam Nahrawi Hadapi Sidang Praperadilan Perdana Hari Ini JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) menggelar sidang perdana praperadilan yang diajukan oleh mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Senin (21/10). Imam sebelumnya dite.
  • Rabu, 02 November 2016 - 01:35:55 WIB
    PERKARA SUDAH TEREGISTRASI DI MA

    KPK Berusaha Gagalkan Praperadilan Irman

    KPK Berusaha Gagalkan Praperadilan Irman JAKARTA, HALUAN — Pengacara Irman Gusman, Dr H Sutan Bagindo Fachmi SH MH menduga, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berusaha mengagalkan pra­peradilan Irman Gusman dengan mempercepat pe­lim­pahan berkas Mantan Ketua D.
  • Selasa, 11 Oktober 2016 - 01:47:31 WIB

    KPK Diberondong Praperadilan para Tersangka

    KPK Diberondong Praperadilan para Tersangka JAKARTA, HALUAN — Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang angkat bicara terkait maraknya gugatan praperadilan oleh sejumlah tersangka tindak pidana ýkorupsi. Saut mengatakan, meningkatnya gugatan te.
  • Kamis, 06 Oktober 2016 - 05:20:15 WIB
    GUGAT KPK ATAS PENETAPAN TERSANGKA

    Sidang Praperadilan Irman 18 Oktober

    JAKARTA, HALUAN – Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) menetapkan sidang perdana gugatan praperadilan mantan Ketua DPD RI Irman Gusman, Selasa 18 Oktober 2016 mendatang. Irman menggugat Komisi Pemberantasan Korupsi.
  • Selasa, 04 Oktober 2016 - 01:42:43 WIB
    PENETAPAN IRMAN GUSMAN SEBAGAI TERSANGKA SUAP

    Razman Siap Tantang KPK di Meja Praperadilan

    Razman Siap Tantang KPK di Meja Praperadilan JAKARTA, HALUAN — Irman Gus­man telah resmi mengajukan gugatan praperadilan melawan KPK yang menetapkan dirinya sebagai tersangka kasus suap impor gula. Pe­nga­cara Irman, Razman Arief Nasution mengaku pi­haknya sangat .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM