Amankan Demo Ahok, Polisi Kerahkan 700 Personel Gabungan


Kamis, 03 November 2016 - 23:54:35 WIB

PEKANBARU, HALUAN — Demi mengantisipasi hal yang tak diinginkan menge­nai jadwal unjuk rasa ribuan ormas Islam atas dugaan penistaan Al-Qur’an yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta, Ahok, Jum’at (4/11), Polresta Pekanbaru bakal mengerahkan lebih dari 700 kekuatan personel gabungan. 

Unjuk rasa itu sendiri tak hanya digelar terpusat di Jakarta, tapi juga di beberapa daerah lain di Indonesia, termasuk di Pekanbaru. Mas­sa meminta agar Ahok bisa ditangkap dan diadili sesuai hukum yang berlaku. 

“Untuk jadwal penga­ma­nan demo besok, kita sudah siapkan lebih dari 700 per­sonel gabungan. Kita (Pol­resta Pekanbaru) akan di­bantu oleh personel dari Polda Riau,” kata Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Toni Hermawan kepada riau­ter­kini.com, Kamis (03/11/16). 

Menurut pamen yang tenar dengan sapaan Toher ini, ratusan personel itu akan disiagakan pula melakukan pengamanan secara terbuka dan tertutup. Khusus penga­manan secara tertutup, tugas tersebut diserahkan sepe­nuhnya kepada Sat Reskrim dan Sat Intelkam. 

Sementara itu, titik kum­pul massa sendiri bakal di­mulai dari Masjid Agung Annur dan selanjutnya ber­gerak menuju Mapolda Riau di Jalan Jenderal Sudirman. 

“Kita sama-sama ber­harap aksi unjuk rasa nanti tetap berjalan tertib dan kondusif. Mudah-mudahan tetap aman dan tidak ada aksi-aksi yang anarkis. Yang jelas, kita sudah siap menga­wal demo besok dengan ke­kuatan penuh,” tegasnya.

Keluarkan Surat Edaran

Sementara Plt Walikota Pekanbaru H Edward Sanger atas nama Pemerintah Kota Pekanbaru mengeluarkan surat edaran berupa himbau­an kepada masyarakat Kota Pekanbaru terkait aksi unjuk rasa dari elemen masyarakat dan Ormas Islam Jakarta, Jum’at (4/11). 

Surat bernomor 100/Pem-482/XI/2016 tanggal 3 November 2016 tersebut ber­isi tentang himbauan ke­pada elemen masyarakat dan ang­gota organisasi masya­rakat Islam untuk tidak mela­ku­kan tindakan anarkis dan me­­rugikan bangsa, negara dan daerah demi menjaga kon­­dusifitas Kota Pekan­ba­ru. 

Selain itu, dalam surat yang ditujukan kepada camat, lu­rah, pimpinan Ormas Islam dan Ketua FKUB Kota Pe­kan­­baru tersebut, Plt Wali­ko­ta Pekanbaru juga minta ke­pada masyarakat untuk tetap men­jaga semangat ke­ber­sa­maan, kerukunan dan tidak ter­pancing oleh pro­vokasi yang dapat memecah belah per­satuan dan kesatuan bang­sa.

Surat edaran tersebut di­keluarkan menyusul pelak­sa­naan rapat yang digelar Gu­ber­nur Riau Arsyad­julian­di Rach­man bersama Forum Ko­munikasi Pimpinan Da­erah (Forkompinda) dengan pe­­muka agama Rabu (2/11) ma­­lam di Kediaman Guber­nur. 

Hadir dalam rapat ter­sebut Kapolda Riau Brigjend Pol Zulkarnain, Danrem 031/WB diwakili Kasrem Kol CZI I Nyoman Parwata, Ka­ja­ti Riau, Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Pekanbaru H.Edwar Sanger, SH, M.Si, Sekdaprov Riau Ahmad Hija­zi, Sekretaris Majlis Ulama Indonesia (MUI) Riau Zul­husni Domo, Kepala Kes­bang­pol Riau Fairuzel Gazali, Kasatpol Riau Zainal Z, Kesbangpol Kota Pekanbaru Kol Agus Pramono, Ass Pemerintahan Kota Pe­kan­baru Drs Azwan serta ber­bagai undangan lainnya.

Maksud dari pertemuan tersebut adalah agar ma­sya­rakat Islam dan seluruh ele­men masyarakat Riau dapat menjaga ketentraman ke­amanan dan jangan mudah terpecah belah terkait aksi unjuk rasa baik di Jakarta maupun didaerah. Gubernur Riau minta kepada seluruh elemen masyarakat dan or­ganisasi masyarakar Islam Riau untuk melakukan aksi damai dan tidak melakukan anarkis yang merusak fa­silitas umum. (h/hr)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 22 Mei 2017 - 07:25:38 WIB
    OPERASI PEKAT 2017

    Polres Dumai Amankan Ratusan Miras

    DUMAI, HALUAN - Polres Dumai melakukan operasi Penyakit masyarakat (Pekat) dibeberapa titik lokasi, operasi dilakukan selama dua hari dan berhasil menyita ratusam Minuman keras (Miras) berbagai jenis merk. .
  • Kamis, 27 Oktober 2016 - 00:55:32 WIB

    20 Kilogram Ganja Diamankan Polda Riau di Pekanbaru

    PEKANBARU, HALUAN — Pria berinisial MY yang ditangkap Sub-Direktorat II Reserse Narkoba Polda Riau mengaku kalau dirinya cuma sebagai kurir. Ia disuruh dan diberi upah oleh seorang warga asal Aceh untuk membawa daun terlara.
  • Selasa, 31 Mei 2016 - 03:11:35 WIB

    Lima Ton Bawang Ilegal Diamankan

    Lima Ton Bawang Ilegal Diamankan BENGKALIS, HALUAN — Jajaran Satuan Polisi Perairan (Sat Pol Air) Polres Beng­kalis mengamankan satu unit kapal tanpa nama dan satu unit colt diesel bermuatan bawang merah ilegal diduga dari negara tetangga, Senin (30/5) se.
  • Senin, 18 April 2016 - 02:58:55 WIB
    Tangkap Kurir Ganja Asal Aceh

    Kodim Rohil Amankan 16 Kg Ganja

    Kodim Rohil Amankan 16 Kg Ganja BAGAN SIAPI-API, HALUAN — Baru beberapa bulan diresmikan, Kodim 0321 Rokan Hilir berhasil menangkap kurir ganja seberat 16 kg asal Aceh. Ganja tersebut rencananya akan diterima seseorang di Kecamatan Tanah Putih..
  • Sabtu, 26 Maret 2016 - 04:24:43 WIB
    Operasi Bersinar 2016

    Polda Riau Amankan 27 Tersangka Narkoba

    PEKANBARU, HALUAN—Sejak dimulainya Operasi Bersinar pada Senin (21/3), Kepolisian Daerah Riau dan jajaran berhasil menga­man­kan 27 tersangka kasus nar­ko­tika, dari 20 Laporan Polisi. Jajaran Polresta Pe­kan­baru mer.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM