Berantas Pekat, Ratusan Ulama Dikumpulkan


Kamis, 03 November 2016 - 23:58:09 WIB

PASAMAN, HALUAN — Untuk memberantas penyakit masyarakat (pekat) di Ka­bupaten Pasaman, ratusan ulama dari 12 kecamatan dan 37 nagari dikumpulkan da­lam sebuah kegiatan work­shop, Kamis (3/11).

Tujuan­nya, untuk pe­nyamaan per­sepsi dalam pemberantasan pekat di te­ngah masyarakat.

Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setda Kabupaten Pasa­man Edi Erman mengatakan, workshop bertujuan untuk meningkatkan peran serta ulama dalam pemberantasan pekat di Kabupaten Pasa­man. 

Ia mengatakan, bahwa kegiatan itu diselenggarakan selama dua hari penuh, me­libatkan pihak Kemenag, kepolisian, Pengadilan Aga­ma, Kejari dan para aka­demisi. 

“Digelar selama dua hari, sejak 3-4 November 2016, bertempat di aula Wisma Murni, Lubuksikaping,” ujar­nya.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pasaman, Abdel Haq mengatakan, semua ula­ma di daerah itu harus me­nya­makan pandangan se­bagai upaya pemberantasan pekat, seperti judi, miras dan narkoba.

“Dari Kemenag saja tidak cukup. Kita hanya memiliki 324 pegawai tersebar tiap KUA di 12 kecamatan dan madrasah, dan dibantu 162 orang penyuluh agama ho­norer. Karang Taruna harus aktif, remaja mesjid harus aktif. Kita keroyok narkoba ini untuk menyelamatkan generasi muda kita di Pa­saman,” ujarnya.

Kemenag, kata dia, sudah melakukan MoU bersama sejumlah lembaga dan ins­tansi lainnya, seperti Rutan Kelas IIB Lubuksikaping, Kesbangpol, RSUD Lubuk­sikaping dan pihak kepolisian Polres Pasaman.

“Sebagai komitmen kita, kami sudah melakukan MoU bersama pihak-pihak itu, agar ada kesamaan pandangan terkait pemberantasan nar­koba ini,” katanya.  

Wakil Bupati Atos Pra­tama mengatakan, pelaku pekat kebanyakan dilakukan oleh anak, cucu kemenakan. Para ninik mamak, kata dia, diminta untuk turun ta­ngan menyadarkan mereka da­ri hal negatif.

“Mereka harus disa­dar­kan, agar tidak tersangkut pidana akibat ulah mereka. Bagaimanapun juga mereka adalah anak, cucu kemenakan kita yang harus disela­mat­kan,” katanya. 

Ia mengatakan, para pe­makai narkoba bisa saja tidak terjerat pidana penjara pe­nyalahgunaan narkotik dan obat-obatan terlarang, jika yang bersangkutan mau dire­habilitasi. 

“Bisa direhabilitasi jika pemakai mau bertobat, mau direhab tapi dengan catatan statusnya tidak tertangkap tangan oleh pe­tu­gas, tapi karena ke­mauan dan ke­sadarannya,” katanya. 

Ia mengatakan, tidak ada kata ampun bagi mereka para pelaku penyakit masyarakat, seperti praktik perjudian, minuman keras dan narkoba. Pemerintah setempat, kata dia, serius memerangi pekat di daerah itu. 

“Kita serius, pekat harus kita perangi guna mewu­judkan masyarakat Pasaman yang Sejahtera, Agamis dan Berbudaya,” ujarnya. (h/yud)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 30 Januari 2020 - 18:33:56 WIB

    Dukung Riza Falepi Sikat Maksiat! Ratusan Jamaah Tandatangani Petisi Berantas Maksiat

    Dukung Riza Falepi Sikat Maksiat! Ratusan Jamaah Tandatangani Petisi Berantas Maksiat  PAYAKUMBUH,HARIAN HALUAN.COM—Pemko Payakumbuh mengajak Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kota Payakumbuh, untuk berdiskusi, membicarakan masalah Pekat. Pasalnya tidak hanya AMM yang resah, juga masyarakat dan jamaah mesjid.
  • Rabu, 31 Mei 2017 - 12:19:30 WIB

    PKK-Dinkes Mentawai Sinergi Berantas TB

    MENTAWAI, HALUAN–Pembinaan Kesejahteraan Keluarga ( PKK) Kabupaten Kepulauan Mentawai bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Mentawai akan bersinergi mengentaskan penyakit Tubercolocis (TB) di Kepulauan Mentawai, dimana penyakit.
  • Jumat, 07 April 2017 - 13:53:30 WIB

    Di Agam, Warga Bekerja Sama dengan Burung Hantu Berantas Hama

    Di Agam, Warga Bekerja Sama dengan Burung Hantu Berantas Hama Bagi petani Kabupaten Agam tikus merupakan hama menjengkelkan, apalagi pada daerah endemik tikus di wilayah Agam Barat dan sekitar Danau Maninjau. Hewan pengerat itu hampir setiap tahun menyerang padi, sementara upaya pembera.
  • Senin, 17 Oktober 2016 - 00:34:21 WIB

    DPRD Apresiasi Polres Berantas Pungli di Samsat

    DPRD Apresiasi Polres Berantas Pungli di Samsat SOLSEL, HALUAN — Wakil Ketua DPRD Solok Selatan (Solsel), Armen Syah­johan berikan apresiasi terhadap keseriusan kinerja jajaran Polres Solsel dalam menindaklanjuti perintah Kapolri terkait pu­ngutan liar (pungli) yang me.
  • Rabu, 29 Juni 2016 - 05:24:34 WIB

    Pemberantasan Narkoba Tanggung Jawab Bersama

    Pemberantasan Narkoba Tanggung Jawab Bersama PARIAMAN, HALUAN — Aksi peredaran dan kon­sumsi Narkoba yang me­ningkat, merupakan anca­man serius untuk merenggut masa depan generasi muda bangsa oleh sebab itu keja­hatan narkoba harus terus diberantas..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM