Pasaman Siap Jadi Smart City


Kamis, 03 November 2016 - 00:00:27 WIB
Pasaman Siap Jadi Smart City Bupati Yusuf Lubis foto bersama para petinggi Telkom Indonesia Wilayah Sumbar saat penjajakan pembangunan kota pintar (Smart City)

PASAMAN, HALUAN — Bupati Pasaman Yusuf Lubis menerima kunjungan PT Telkom Indonesia, dalam rangka menjalin kerjasama guna mewujudkan daerah itu sebagai smart city (kota pintar) tahun 2017 mendatang.

Pertemuan itu dihadiri langsung oleh Manager Bu­siness Government and En­terprise Service PT Telkom Indonesia wilayah Sumbar Suwito, Kepala Kakandatel Bukittinggi Adrian dan se­jumlah stafnya.

Suwito mengatakan, smart city merupakan akses informasi berdasarkan IT. Smart city adalah konsep kota smart live, smart health, smart education dan smart public service yang memiliki banyak manfaat.

“Untuk itu, kita bersama Pemkab Pasaman melalui pertemuan dengan pak bu­pati, kita akan pasang fiber optic di setiap kantor peme­rintah. Banyak manfaat di­per­oleh dari program ini,” kata Suwito di hadapan Bu­pati Yusuf Lubis, kemarin.

Untuk itu ia berharap pihaknya (PT Telkom) bisa secepatnya melakukan pe­nan­datanganan kesepahaman (Memorandum of Under­standing) bersama Pemkab Pasaman, guna mewujudkan daerah itu sebagai kota pintar, setara dengan sejumlah kota di Indonesia.

“Harapan kita, MoU nan­ti dengan pemerintah daerah, sebagai tujuan mewujudkan smart city sebagai repre­sentasi dari NKRI. Syaratnya, harus didukung infrastruktur lengkap, Kabupaten Pasaman harus maju dalam IT,” ujar­nya.

Jika itu segera terwujud, Pasaman, kata dia, akan menyusul Kota Surabaya, Bandung, Bogor dan Banda Aceh dalam menjadikan ko­ta­nya menjadi smart city.

“Program smart city ini nantinya akan ada aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone tentang apa saja potensi yang ada di Pasa­man,” katanya.

Selain itu, kata dia, seo­rang kepala daerah (bupati) akan dengan mudah me­mantau setiap progres dari kebijakan dan program kerja pemerintah hanya melalui ICT (Information and Com­munication Technology).

“Dengan ICT, maka pela­yanan menjadi lebih efisien dan efektif. Pak bupati de­ngan mudah memantau se­mua progres pembangunan, laporan keuangan dan lainnya bisa lewat handphone,” kata­nya.

Ia menambahkan, pihak­nya akan menjajaki pem­bangunan sejumlah tower telekomunikasi di dua keca­matan, yakni Kecamatan Rao Utara dan Mapattunggul, yang belum terkoneksi oleh jaringan telekomunikasi.

“Pembangunan tower te­le­komunikasi di dua keca­matan itu akan kita jajaki, lewat anak perusahaan Tel­komsel. Kita lihat dulu detail lokasinya bersama Kominfo. Ada data, baru kita action. Intinya, kami siap untuk pembangunan jaringan tele­komunikasi di wilayah itu,” katanya.

Selain itu, Pihak PT Tel­kom Indonesia, baru-baru ini, juga telah melatih pelaku UMKM di daerah itu untuk berjualan secara online, guna memasarkan produknya via internet agar tersebar hingga ke mancanegara. 

“Tak hanya itu, Telkom juga menyediakan bantuan untuk UMKM totalnya men­capai Rp2 miliar per tahun. Itu untuk pengembangan usaha kecil, dan kita siap untuk membantu pelaku UM­KM di Pasaman ini,” ungkap Ka Kandatel wilayah Bu­kittinggi Ardian.  

Sementara Bupati Pasa­man,Yusuf Lubis mendu­kung rencana baik PT Tel­kom Indonesia untuk mewu­judkan daerah itu menjadi smart city. Ia mengatakan, akan membantu sepenuhnya upaya tersebut demi ke­maju­an Pasaman ke depan.

“Ini harus segera diwu­judkan, memanfaatkan apli­kasi internet untuk pelayanan publik. Untuk itu, kita minta, seluruh kantor kecamatan dan sekolah terkoneksi de­ngan jaringan internet fiber optic (FO),” pintanya. 

Selain Kecamatan Duo­koto dan Tigonagari yang sudah terkoneksi internet, bupati juga meminta, semua kantor kecamatan dan se­kolah di daerah itu juga terkoneksi dengan jaringan internet.

“Daerah kita masih ter­tinggal jangkauan internet, dari yang namanya kemajuan IT. Untuk itu, dengan kerja­sama ini diharapkan dapat mengangkat Pasaman dari ketertinggalan teknologi in­for­masi,” ujarnya.

Ia juga menyambut baik, niat PT Telkom Indonesia, memfasilitasi bantuan modal usaha untuk dunia UMKM di daerah itu, agar lebih berdaya saing tinggi ditengah kema­juan teknologi. (h/yud)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 12:34:07 WIB

    Bupati Pasaman Wajibkan SOPD Siapkan Cairan Antiseptik Pembersih Tangan

    Bupati Pasaman Wajibkan SOPD Siapkan Cairan Antiseptik Pembersih Tangan PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mewajibkan seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di daerah itu, untuk menyiapkan fasilitas cuci tangan serta cairan pembersih tangan steril. Dia mengatakan,.
  • Senin, 23 Maret 2020 - 16:48:26 WIB

    Satlantas Polres Pasaman Gencarkan Edukasi Cegah Corona

    Satlantas Polres Pasaman Gencarkan Edukasi Cegah Corona PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Jajaran Satuan Lalulintas (Satlantas) Kepolisian Resor ( Polres ) Pasaman, gencarkan kegiatan edukasi kepada masyarakat terkait upaya cegah meluasnya penyebaran virus corona di wilayah hukum polre.
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 11:05:47 WIB

    Warga Perumnas Pasaman Goro Perbaikan Jalan Komplek

    Warga Perumnas Pasaman Goro Perbaikan Jalan Komplek PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.COM -- Warga Komplek Perumnas Pasaman Baru Gorden, Jorong Katimaha, Nagari Lungkuang Aur, Kecamatan Pasaman, Pasaman Barat adakan Gotong royong untuk memperbaiki akses jalan menuju komplek perumaha.
  • Rabu, 18 Maret 2020 - 13:42:17 WIB

    Ketua Baznas Pasaman Resmi Disertijabkan

    Ketua Baznas Pasaman Resmi Disertijabkan PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Jabatan Ketua Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Pasaman resmi diserah terimakan hari ini, Rabu (18/3/2020), pasca mengundurkan dirinya ketua yang lama, Ust.H.Syafrizal Sf, SIQ, M. MPd, MA, pada .
  • Rabu, 18 Maret 2020 - 12:41:39 WIB

    Padang dan Dharmasraya Sudah, Kini Giliran 9 Orang Warga Pasaman yang Berstatus ODP Virus Corona

    Padang dan Dharmasraya Sudah, Kini Giliran 9 Orang Warga Pasaman yang Berstatus ODP Virus Corona PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 9 orang warga Kabupaten Pasaman, saat ini dinyatakan berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) virus Corona atau (Covid-19) oleh petugas kesehatan di daerah itu..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM