Pemko Padang Lahirkan Program Cetak 10 Ribu Wirausaha


Jumat, 04 November 2016 - 00:15:34 WIB

PADANG, HALUAN — Untuk men­dorong tumbuh dan berkembangnya wirausaha baru, Pemerintah Kota (Pemko) Padang melahirkan kebijakan melalui program unggulan, yaitu cetak 10 ribu wirausaha baru. Hal tersebut merupakan program prioritas perce­patan pembangunan sarana perda­gangan kota dan sentra ekonomi.

“Berdasarkan pengalaman di Kota Padang, sebagian besar pelaku eko­no­mi merupakan usaha kecil  dan me­nengah nonformal atau wirausaha. Ke­tika krisis ekonomi terjadi pada 1998, mereka menjadi pelaku ekonomi yang potensial menyerap tenaga kerja dan mampu bertahan  dalam menghadapi deraan krisis,” ujar Wali Ko­ta Padang, Mahyeldi, pada pem­bukaan seminar penyusunan rencana aksi penum­buhan wirausaha baru yang dilak­sanakan Bappeda Padang, Kamis (3/11), di Padang.

Ia menyampaikan, masalah selan­jutnya yang dihadapi bersama adalah gempa 2009 menghancurkan sebagian sarana perekonomian. Menghadapai musibah itu, kebangkitan ekonomi Kota Padang, di samping didukung oleh dana pembangunan dari pemerintah, banyak pula digerakkan kegiatan dunia usaha, baik dalam bentuk investasi maupun pelaku usaha skala UKM.

“Ada beberapa program, tetapi yang lebih khusus adalah mencetak 10 ribu wirausaha baru. Maka dari itu, kegiatan menumbuhkan kembangkan wirausaha baru  perlu dilakukan secara terarah, sinergi, dan terpadu antar­pemangku kepentingan, terutama SKPD yang melaksanakan kegiatan tersebut,” tuturnya.

Upaya untuk menciptakan atau melahirkan wirausaha baru, kata Mah­yeldi, butuh dukungan semua pihak, pemerintah, swasta,  dan akademisi.

Sementara itu, panitia pelaksana seminar menyampaikan, seminar terse­but untuk mendapatkan masukan dan saran dalam penusunan  rencana aksi  penumbuhan wirausaha baru.

“Kegiatan ini untuk memperoleh  data  dan informasi dari SKPD terkait pelaku usaha  dan perbankan  untuk menyempurnakan  penyusunan ren­cana aksi penumbuhan wirauasaha baru. Setelah tersedia dokumen pe­rencanaan pembangunan ekonomi sebagai acuan  untuk meningkatkan koordinasi, integrasi, sinergitas,  dan singkronisasi  pelaksanaan SKPD  terkait  mendorong  dan mewujudkan 10.000 usahawan baru dalam periode RPJMD 2014-2019,” tutur Kabid Eko­nomi Bappeda, Syahendri Barkah. (h/win)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]