Limapuluh Kota Siap Gelar Apel Kebangsaan


Jumat, 04 November 2016 - 00:19:07 WIB
Limapuluh Kota Siap Gelar Apel Kebangsaan BUPATI Limapuluh Kota, Irfendi Arbi salam komando dengan Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari disela acara apel kebangsaan dan kesiapan kontijensi di Lapangan Imam Bonjol Padang, Rabu (2/11).

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Bupati Lima­puluh Kota, Irfendi Arbi mengapresiasi antusiasme puluhan walinagari  meng­ikuti apel kebangsaan dan kesiapan kontijensi di Lapa­ngan Imam Bonjol Padang, Rabu (2/11). Kehadiran wal­inagari dari kabupaten ini diperkirakan yang terbanyak dari daerah lain.

Kabupaten Limapuluh Kota juga diharapkan agar mampu menggelar apel seru­pa seperti harapan Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari dan Ka­polda Sumbar Brigjen Pol Basarudin yang di­sam­paikan­nya pada apel kebangsaan dan kesiapan kontijensi ter­sebut.

Ketika itu, Danrem meng­harapkan setiap bupati dan wali kota ikut menggelar apel kebangsaan dan kesiapan kontijensi pada masing-ma­sing daerah. Harapan Dan­rem itu mendapat respon Bupati Limapuluh Kota, Ir­fendi Arbi. “Kita akan melak­sanakan acara serupa di Li­ma­puluh Kota dalam waktu dekat ini,” ujar Irfendi Arbi kepada wartawan kemarin. 

Tak berbeda dengan pe­laksanaan apel di tingkat provinsi,  Irfendi ingin pada apel serupa di daerah juga akan ada penandatangan pernyataan Forum Tiga Pilar tentang menjaga keamanan, ketertiban, dan mengatasi konflik sosial yang meng­gangu stabilitas keamanan di  Limapuluh Kota oleh para walinagari dengan Babinsa dan Babinkantibmas.

“Tiga Pilar di daerah ini nantinya mampu mem­ba­ngun kemitraan dalam upaya pencegahan dini terhadap situasi keamanan dan ke­tertiban masyarakat. Seperti sudah disampaikan Danrem dan Kapolda, Tiga Pilar yang terdiri dari aparat pemerintah dengan pihak TNI/Polri bisa menjadi ujung tombak dalam mendeteksi kejadian atau ancaman keamaman, keter­tiban dan konflik yang ada di daerah.

Disebutkan Irfendi, ke­ber­adaan Tiga Pilar tersebut, peningkatan fungsi intelejen perangkat pemerintah dan pihak keamanan di tingkat nagari buat mendeteksi situ­asi dan kondisi keamanan nagari cepat teratasi. “Disam­ping itu, perlu adanya kesa­daran dan komitmen seluruh bangsa untuk menghormati kemajemukan bangsa dalam upaya menciptakan keda­maian melalui penyelesaian masalah secara musyawarah dan mufakat,” paparnya.

Bupati Irfendi ingin me­wujudkan Limapuluh Kota yang benar-benar aman dan nyaman. Untuk itu,  ia me­ngajak kesadaran dan kepe­dulian berbagai elemen ma­syarakat. “Kita akan menin­dak lanjuti apel kebangsaan dan kesiapan kontijensi ini di daerah untuk menciptakan Limapuluh Kota yang benar-benar aman dan damai. Se­kecil apapun masalah yang muncul, ingin diselesaikan secara musyawarah,” ulasnya.

Apel bersama di daerah ini nantinya, akan dapat meningkatkan sinergitas apa­rat pemerintahan, Polri dan TNI buat menciptakan ke­nyamanan di tengah masya­rakat. Dengan begitu, diha­rapkan pula pelaksanaan pembangunan berjalan lan­car. Diyakin, pelaksanaan apel itu merupakan kegiatan strategis untuk meningkatkan komunikasi, koordinasi, si­ner­gitas di tengah masyarakat dalam pembangunan Lima­puluh Kota ke depan..

Dengan kebersamaan ser­ta persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat, tutur Irfendi, tentunya setiap anca­man, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG) akan lebih mudah diatasi.. Irfendi juga mengajak seluruh pihak menjaga persatuan dan ke­kompakan. Jangan sampai persoalan sepele menim­bulkan perpecahan di tengah masyarakat. (h/zkf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM