Payakumbuh Terima Penghargaan NPA 2016


Jumat, 04 November 2016 - 00:19:52 WIB
Payakumbuh Terima Penghargaan NPA 2016 Plt Walikota Payakumbuh, Priadi Syukur (kedua dari kanan) sesaat usai menerima penghargaan National Procurement Award (NPA) 2016.

PAYAKUMBUH,HALUAN — Baru sekitar sepekan menjabat Plt. Walikota Payakumbuh, Priadi Syukur, langsung menerima penghargaan National Procurement Award (NPA) dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) RI.

Plt Walikota Payakumbuh Priadi Syukur, menerima peng­hargaan dari Kepala LKPP RI, Agus Prabowo didampingi sejumlah menteri diantaranya, Menteri PU, Menteri PPN/Bappenas, Menteri Agraria dan Wakil Menteri Keuangan, da­lam acara di Balai Kartini Jakarta, Kamis (3/11).

Priadi didampingi Sekdako H. Benni Warlis dan Kabag Dalminbang Setdako Maizon Putra, saat menerima peng­hargaan tersebut. “Penghargaan NPA baru pertama kali dite­rima Payakumbuh, sebagai prestasi pemko selama dipim­pin Walikota H. Riza Falepi bersama Wawako H. Suwandel Muchtar, dimana saat ini, ke­duanya tengah menjalani cuti kampanye Pilkada hingga 12 Februari 2017,” ulas Priadi Syukur.

Penghargaan yang diterima Payakumbuh, suatu prestasi yang kesekian kalinya di tingkat nasional. Penghargaan NPA bagian dalam keikutsertaan Kota Payakumbuh dalam me­laksanakan Program e-Go­verment. Prestasi ini diraih berkat support Walikota Riza Falepi untuk kemajuan dan pengembangan LPSE dalam memenuhi 17 standarisasi yg harus dipenuhi. Mulai dari keamanan data sampai kepada peningkatan layanan baik untuk penyedia maupun seluruh sta­ke­holder yang memanfaatkan LPSE sebagai jembatan menuju penguatan e-goverment dalam pengadaan barang/jasa pe­merintah.

“Walikota Riza Falepi sela­lu memotivasi dalam pe­ning­katan pelayanan di LP­SE, agar penyedia jasa menda­patkan pelayanan dengan baik,” ucap Sekdako Benni Warlis didam­pingi Kabag Dalminbang Mai­zon Putra.

Dari 600 lebih LPSE di Indonesia, hanya 30 LPSE yang diberikan penilaian NPA.  Pengahargaan ini, dika­takan Benni Warlis, merupakan salah satu u paya untuk men­dorong seluruh jajaran Dal­minbang serta Unit Layanan Pengadaan (ULP) Payakumbuh agar lebih meningkatkan pe­layanan ke depan.

Sebelumnya sesuai Ins­truksi Presiden Nonton 1/ 2015 tentang Percepatan Pelak­sa­naan Pengadaan Barang jasa Pemerintah, Kota Payakumbuh juga mendapat predikat sebagai daerah yang paling tinggi serapan anggarannya untuk Anggaran 2015. Dengan sera­pan anggaran 93,75 % dan realisasi fisik 98,78 %.

Tahun anggaran berjalan ini, Plt.  Walikota Priadi Syu­kur,  juga berharap Kota Paya­kumbuh dapat memper­tahan­kan predikat tersebut. Kondisi saat ini sudah 117 paket pe­kerjaan yg sudah selesai di lelang melalui LPSE  Paya­kumbuh dengan nilai kontrak lebih kurang Rp131 Milyar. Nilai tersebut termasuk untuk paket-paket pekerjaan strategis dan bersentuhan langsung dengan masyarakat baik yang biayai oleh DAU maupun DAK.

Tahun 2016 ini, Pemerintah Propinsi Sumatera Barat juga mengalokasikan anggaran un­tuk Kota Payakumbuh lebih kurang Rp37 Milyar termasuk untuk Pembangunan Cekdam dan Groundsill Batang Agam. Dalam waktu yg masih tersisa untuk tahun anggaran 2016 ini, Priadi Syukur,  meminta kepa­da seluruh Pengguna Anggaran dan juga Pejabat Pembuat Komitmen disemua SKPD, untuk melakukan percepatan dan pengawasan,  terkait de­ngan paket-paket pekerjaan yang masih berjalan.

“Prestasi itu pantas disyu­kuri mudah mudahan Tahun Anggaran 2016 ini Kota Paya­kumbuh dapat memper­tahan­kan predikat sebagai daerah yang paling tinggi serapan anggaran. Hal ini tentu akan menjadi prioritas pemerintah pusat untuk menambah porsi DAU maupun DAK untuk Kota Payakumbuh pada Tahun Anggaran 2017 nanti,” ha­rapnya. (h/zkf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM