Sumber Air PDAM Jorong Kabun Menyusut


Jumat, 04 November 2016 - 00:23:47 WIB
Sumber Air PDAM Jorong Kabun Menyusut Wabup Sijunjung, Arrival Boy bersama pegawai Dinas PU dan PDAM Sanjung Tirta Buana meninjau intake PDAM di Jorong Kabun Nagari Sisawah, Rabu (2/11). (AZNELDI)

SIJUNJUNG, HALIUAN — Musim kemarau, sumber air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sanjung Tirta Buana di Jorong Kabun, Nagari Sisawah mengalami penyusutan. Kondisi itu mengakibatkan distribusi air bersih PDAM ke pelanggan dibagi per dua hari sekali dan dibagi per wilayah.  

Untuk memastikan keter­sediaan stok air di intake terse­but, Wakil Bupati Sijunjung, Arrival bersama Kabag Teknik PDAM Sanjung Tirta Buana, Zulharmis dan aparat Dinas PU setempat meninjau sumber air PDAM di Jorong Kabun Nagari Sisawah, Rabu (2/11).

“Kunjungan kami ke sum­ber air tersebut sebagai upaya mencari solusi terbaik, dan sekaligus dalam rangka me­maksimalkan pelayan atau dis­tri­busi  air bersih ke ma­sya­rakat,” kata Wakil Bupati Ar­rival Boy kepada Haluan mela­lui pesan Whatsapp, Kamis (3/11).

Pria yang akrab disapa Boy menyebutkan, sumber air PD­AM di Jorong Kabun  menga­lami penyusutan yang dratis karena kemarau panjang. Menu­rutnya, jika November ini belum juga turun hujan, maka sumber air PDAM di Jorong Kabun akan terus mengalami pe­nyu­sutan.

Selain kemarau, sambung Ketua DPD Partai Golkar Kabu­paten Sijunjung, penyusutan sumber air di intake Jorong Kabun juga akibat masih adanya aksi penebangan kayu di daerah hulu yang menjadi daerah re­sapan air.

Karena itu, ia menghimbau masyarakat disekitar sumber air untuk menghentikan kebiasaan menebang pohon karena akan menganggu debit air pada mu­sim kemarau.

“Kita berharap warga tetap menjaga kelestarian hutan. Jika hutan tidak dijaga atau dirusak dipastikan sumber air akan terus berkurang.Bahkan, bisa me­nimbulkan bencana,” ucapnya.

Disamping itu, untuk me­ngatasi hal tersebut, Wabup Arrival Boy meminta mana­gemen PDAM  Sanjung Tirta Buana mencari sumber-sumber air baru yang dapat diman­faatkan untuk menutupi kebu­tuhan pelanggan.

Kepala Bagian (Kabag) Teknik PDAM Sanjung Tirna Buana, Zulharmis mengatakan, dampak musim kemarau mem­buat suplai air ke pelanggan mengalami penurunan.”Musim kemarau ini mengakibatkan kapasitas produksi PDAM dari intake Jorong Kabun me­nga­lami penurunan dari 40 liter per detik menjadi 25 liter per detik,” kata Zulharmis kepada Haluan terpisah.

Kapasitas produksi seba­nyak itu, sambung dia, tidak cukup untuk melayani atau mensuplai air ke pelanggan, baik wilayah Muaro maupun Tan­jung Ampalu.

Makanya, dis­tribusi air ke pelanggan, baik untuk Muaro maupun Tanjung Ampalu dibagi per dua hari sekali. (h/azn)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 19:06:26 WIB

    Badan Pendapatan Daerah Pessel Gali Sumber Pemasukan Baru

    Badan Pendapatan Daerah Pessel Gali Sumber Pemasukan Baru PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Pesisir Selatan terus melakukan penggalian sumber-sumber pendapatan baru, dalam rangka peningkatan pendapatan asli daerah Tahun 2019..
  • Sabtu, 11 Januari 2020 - 11:55:17 WIB

    DPMPTSP Belum Keluarkan Izin PT Dempo Sumber Energi

    DPMPTSP Belum Keluarkan Izin PT Dempo Sumber Energi PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumatera Barat mengaku belum mengeluarkan izin PT. Dempo Sumber Energi di Pelangai Gadang, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir.
  • Sabtu, 19 Oktober 2019 - 20:57:20 WIB

    Diapresiasi Panelis, Indra Catri: Investasi Terpenting Adalah Sumber Daya Manusia

    Diapresiasi Panelis, Indra Catri: Investasi Terpenting Adalah Sumber Daya Manusia JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Berbeda dengan kepala daerah lain yang memandang investasi sebagai masuknya modal investor ke suatu daerah, Bupati Agam Indra Catri dengan tegas menyatakan bahwa investasi terpenting yang bisa kita mi.
  • Kamis, 28 Maret 2019 - 21:53:05 WIB

    Srikandi PLN Jadi Narasumber Acara Anti Korupsi di Padang Panjang

    Srikandi PLN Jadi Narasumber Acara Anti Korupsi di Padang Panjang PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.Com – PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar mengirimkan salah satu srikandinya sebagai narasumber dalam acara Training of Trainers (ToT) Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) yang berlangsung di Bala.
  • Senin, 14 November 2016 - 00:38:19 WIB
    DANAU MANINJAU DISOROT DUNIA

    Banyak Sumber Dana Penyelamatan Danau

    Banyak Sumber Dana Penyelamatan Danau Agam, Haluan — Salah seorang perantau asal Maninjau yang juga sangat konsen dengan ling­kungan Popi Mailani Rajo Bintang mengung­kapkan, dana yang bisa digunakan untuk penye­le­matan danau sangat banyak. Hanya saja tid.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM