Cuaca Tak Bersahabat, Kehidupan Nelayan Makin Sulit


Jumat, 04 November 2016 - 00:27:40 WIB
Cuaca Tak Bersahabat, Kehidupan Nelayan Makin Sulit CUACA yang tak bersahabat akhir-akhir ini membuat nelayan di Muaro Padang enggan melaut. (HUDA PUTRA)

PADANG, HALUAN—Ke­hidupan nelayan tradisonal semakin sulit, hal ini di­pengaruhi oleh kondisi cuaca yang buruk sejak beberapa minggu terakhir.

Tak hanya itu, para nela­yanpun juga harus bersaing dengan kapal nelayan dari Sibolga yang menangkap ikan dengan menggunakan GPS atau sonar.

Pasalnya, nelayan Sibolga sudah mulai beroperasi di jalur pantai nelayan tradisonal sejak beberapa bulan lalu. Kecanggihan teknologi kapal yang bisa mengetahui ke­beradaan ikan melalui sistem radar, mengakibatkan nela­yan kesulitan dalam mencari ikan.

Bujang (48), nelayan Pan­tai Purus Padang mengatakan nelayan Sibolga ini me­ru­pakan nelayan yang datang dari daerah Sibolga, Provinsi Sumatra Utara. Mereka me­nangkap ikan menggunakan perangkap ikan dan bahkan ada yang menggunakan ra­cun.

Selain itu, sekali turun ke laut untuk menangkap ikan mereka menghabiskan waktu selama dua hari. Sehingga, hasil yang mereka dapatkan lebih banyak dan juga racun yang digunakan bisa mem­bunuh ikan-ikan kecil yang ada di terumbu karang tem­pat mereka menyebar umpan.

Lebih lanjut Bujang me­ngatakan, keberadaan kapal mereka ditengah laut bisa mencapai kurang lebih enam kapal. Untuk satu kapal bisa membawa penumpang 6 orang sampai 8 orang.

“Tak hanya masalah cua­ca yang harus kami alami, namun juga masalah keter­sediaan ikan di laut,”katanya.

Keadaan seperti ini, mem­buat penghasilan ne­layan tradisional semakin berkurang. Dalam sehari, penghasilan yang diterima nelayan berkisar antara Rp50 ribu hingga Rp100 ribu.

“Hasil yang kami terima sangat sedikit, sementara banyak rintangan yang harus dilewati. Apalgi jika hujan dan badai saat berada di tengah laut,”katanya

Hal ini dibenarkan oleh Nasrul, Wakil nelayan Ben­teng Purus mengatakan kesu­litan untuk menangkap ikan saat cuaca tidak bersahabat. Hal ini karena gelombang air laut lebih kencang dan di­sertai badai.

“Jika hujan di pagi hari, maka kami para nelayan tidak pergi menangkap ikan. Hal ini karena waktu yang sangat efektif untuk berlayar adalah di pagi hari,”katanya. (h/mg-eby)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 22 Desember 2017 - 13:40:04 WIB

    Wisata Pantai Ramai, Waspada Cuaca Buruk Saat Liburan

    Wisata Pantai Ramai, Waspada Cuaca Buruk Saat Liburan PADANG, HARIANHALUAN.COM------Kalangan Anggota DPRD Kota Padang mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi cuaca di akhir tahun..
  • Rabu, 22 Maret 2017 - 15:13:28 WIB

    Simulasi Cuaca Ekstrim, Dua Orang Tewas di Padang

    Simulasi Cuaca Ekstrim, Dua Orang Tewas di Padang PADANG, HALUAN - Cuaca ekstrim yang melanda hampir sebagian besar wilayah di Sumatera Barat beberapa waktu belakangan membuat korban jiwa berjatuhan. Setidaknya itulah yang terjadi di Jalan Raya Padang-Painan dimana longsor m.
  • Kamis, 16 Februari 2017 - 13:17:37 WIB

    Cuaca Panas, Kekeringan Ancam Padang

    Cuaca Panas, Kekeringan Ancam Padang PADANG, HALUAN – Cuaca panas ekstrim yang melanda Padang sejak beberapa hari terakhir, mulai membawa dampak buruk. Sejumlah warga kota ini mulai mengeluhkan kekurangan air bersih karena sumur di rumahnya mengalami kekeringa.
  • Rabu, 21 Desember 2016 - 00:39:58 WIB

    Imbas Cuaca Buruk, Penyelesaian Drainase Tertunda

    PADANG,HALUAN— Cuaca yang sering hujan belakangan ini, apalagi semenjak me­masuki awal Desember, membuat pengerjaan penyelesaian Drainase di Jalan Gajah Mada Gunung Pangilun Padang ter­lambat dari yang direncanakan..
  • Senin, 17 Oktober 2016 - 01:38:49 WIB

    Imbas Cuaca Buruk, Pantai Padang Sepi Pengunjung

    Imbas Cuaca Buruk, Pantai Padang Sepi Pengunjung PADANG, HALUAN—Kon­disi cuaca di Kota Pa­dang yang beberapa hari kebelakang sering hujan mem­buat pedagang di Pantai Padang mengeluh karena omset penjualan mereka tu­run drastis..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM