PENDAFTARAN DITUTUP KAMIS KEMARIN

Ada 304 Balon Anggota KPU


Jumat, 04 November 2016 - 00:46:22 WIB

JAKARTA, HALUAN — Pendaftaran calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ditutup, Kamis (3/11) sore. Ber­dasarkan data yang dike­luarkan Tim Seleksi Bakal Calon (Balon) Anggota KPU,  ada 304 orang yang men­daftar sebagai calon anggota KPU dan 208 calon anggota Bawaslu.

"Hari ini (Kamis, red) tepatnya pukul 16, kami Timsel sudah me­nutup secara resmi pendaftaran calon anggota KPU-Bawaslu. Jumlah yang mendaftar KPU 304 orang, Bawaslu 208 orang. Jumlahnya 512 pen­daftar," kata Ketua Pansel Anggota KPU Saldi Isra, kepada wart­awan, Kamis (3/11).

Jumlah tersebut kata Saldi, di­perkirakan masih bertambah karena ada yang mendaftar melalui pos. Ini amsih mungkin berubah. Karena ada yang daftar melalui pos. Ini msih ditunggu. Mudah-mudahan malam ini atau besok paling lambat sudah bisa terkumpul," jelas Saldi.

Pihak Timsel Anggota KPU be­lum bisa mengklasifikasi asal dan latar belakang calon yang mendaftar. "Kami belum menyimpulkan," kata ang­gota Pansel Anggota KPU Ramlan Surbakti.

Namun menurut dia,  paling ba­nyak yang mendaftar itu dari KPU pusat serta KPU provinsi dan ­/kota. Begitu juga dengan calon yang mendaftar untuk menjadi anggota Bawaslu, juga begitu dari pusat, provinsi dan kab­u­paten/kota.  "Kemudian kedua dari perguruan tinggi, PNS yang hampir pensiun dan pengacara. Sebasarannya lebih me­rata  dibanding lima tahun lalu. Jumlah perempuan belum dapat dipastikan tapi jelas lebih banyak laki-laki," jelas Ramlan.

Sementara itu menurut Saldi, untuk tahap pertama Timsel akan mem­verifikasi dokumen para pen­daftar. "Timsel akan membaca do­kumen-dokumen yang masuk untuk kemudian tahap pertama kita umum­kan tanggal 25 November. Jadi ada waktu untuk menilai keter­pe­nuhan syarat yang ada di UU Pemilu," kata Saldi.

Dikatakan Saldi, tes yang akan dilakukan sesuai dengan yang sudah disebutkan UU. "Ada tes kesehatan. Kita akan berkomunikasi dengan tim kesehatan. Tidak beda dengan yang lalu. Lalu ada tim tes psikologi. Lalu ada tes tulis di tahap kedua. Setelah lolos tahap pertama nanti akan ada membuat deksripsi diri. Nanti akan ada paduan pertanyaan yang akan dilampirkan saat pengumuman 25 November", kata Saldi. (h/sam)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 08:55:16 WIB

    Pilkada 2020 Ditunda, Anggaran Digunakan untuk Corona

    Pilkada 2020 Ditunda, Anggaran Digunakan untuk Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan DPR RI menyepakati Pilkada Serentak 2020 ditunda. Mereka juga sepakat mengalihkan anggaran pilkada untuk penanganan pandemi virus corona (Covid-19)..
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 07:57:19 WIB

    Pilkada Disarankan Ditunda Hingga Pertengahan 2021

    Pilkada Disarankan Ditunda Hingga Pertengahan 2021 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Perkumpulan untuk pemilu dan demokrasi (Perludem) menyarankan agar penyelenggaraan hari pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020 sebaiknya ditunda setidaknya pada pertengahan 2021. Menurut d.
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 15:18:52 WIB

    Anggota DPRD Reses, Masyarakat Ladang Rimbo Sampaikan Aspirasi

    Anggota DPRD Reses, Masyarakat Ladang Rimbo Sampaikan Aspirasi PASAMAN BARAT, HARIAN HALUAN.COM - Masyarakat Jorong Ladang Rimbo, Nagari Aur Kuning, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) menyambut meriah acara reses ke dua yang dilaksanakan anggota DPRD Pasbar dari Partai G.
  • Kamis, 12 Maret 2020 - 23:28:21 WIB

    Leonardy Dorong KPU Padang Panjang Gencarkan Sosialisasi

    Leonardy Dorong KPU Padang Panjang Gencarkan Sosialisasi PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM -- Ada hal menarik saat Anggota Komite I DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa, S.IP, MH berkunjung ke KPU Padang Panjang, Kamis (12/3/2020). Mereka pernah terkesiap dengan rendahnya tin.
  • Senin, 09 Maret 2020 - 13:41:01 WIB

    Fix..! Golkar Putuskan Usung Anak dan Menantu Jokowi di Pilkada 2020

    Fix..! Golkar Putuskan Usung Anak dan Menantu Jokowi di Pilkada 2020 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar memutuskan untuk mengusung Gibran Rakabuming Raka dan Bobby  Nasution di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Gibran adalah putra sulung Presiden Joko W.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM