Tapal Batas Agam-Pasbar Segera Ditetapkan


Jumat, 04 November 2016 - 00:46:42 WIB
Tapal Batas Agam-Pasbar Segera Ditetapkan

PADANG, HALUAN — Da­lam waktu dekat, Kabu­pa­ten Agam dan Pasaman Barat (Pasbar) akan mendapatkan kejelasan batas wilayah. Di­ren­canakan tanggal 7 No­vember 2016 Tim Penegasan Batas Daerah pusat bersama provinsi dan kabupaten kota, akan turun ke lapangan untuk menetapkan segmen batas daerah.

Kepala Subdirektorat Batas Antar Daerah Wilayah II Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Siti Metrianda mengatakan, tim akan segera turum ke lapangan untuk menentukan batas wilayah ke­dua daerah, untuk me­mastikan koordinat dan garis batas pada titik perbatasan Nagari Tiku Limo Jorong dan Nagari Katiagan Tim Penegasan Batas Daerah Pu­sat difasilitasi oleh Pe­me­rintah Provinsi Sumbar un­tuk turun ke lapangan me­mastikan koordinat batas antara dua wilayah.

Asisten I Bidang Pe­me­rintahan Provinsi Sumbar Devi Kurnia mengatakan tar­get penetapan batas daerah di Sumbar tahun 2016 hanya lima segmen dan empat di­antaranya telah selesai. Ia juga optimis penyelesaian satu segmen batas daerah dapat terselesaikan 7 No­vember 2016 nanti. Ia me­ne­rangkan untuk segmen batas antara Agam dan Pasaman Barat yang ditunda itu, telah tercapai kesepakatan secara lisan hanya tinggal turun ke lapangan untuk menentukan koordinatnya.

Sementara itu, untuk em­pat segmen batas daerah lain yang menjadi target penye­lesaian di Sumbar pa­da 2016 telah selesai dila­kukan dan draft permen­da­grinya telah ditandatangani oleh pejabat masing-masing dae­rah. Empat segmen batas itu masing-masing antara Agam dan Pasaman se­pan­jang 46 ki­lometer, Agam dengan Pa­dang Pariaman sepanjang 69,53 kilometer, Pesisir Sela­tan dengan Solok Selatan se­panjang 54,5 ki­lometer dan Kabupaten Ta­nah Datar de­ngan Kota Sa­wahlunto sepan­jang 15 kilo­meter.

"Walaupun secara ad­ministrasi di tingkat provinsi urusannya telah selesai, na­mun kami tetap me­ngi­ngat­kan agar daerah tetap mela­kukan pelacakan rekons­truksi ulang patokan batas daerah ini agar tidak ada persoalan yang timbul di­kemudian hari. Perlu diingat juga, patok batas antar ka­bu­paten dan kota itu minimal 75 centimeter," jelasnya, Kamis (3/11).

Kepala Sub Bagian Ker­jasama dan Batas Daerah Biro Pemerintahan Provinsi Sumbar Zaki Fahminanda mengatakan upaya pene­tapan batas pada lima seg­men yang menjadi target tahun 2016 telah mulai dilaksanakan sejak Maret 2016. Selain persoalan batas antara kabupaten dan kota di Sumbar juga masih tersisa persoalan batas antar pro­vinsi dengan Sumatera Utara dan Bengkulu. (h/rin)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]