JUNAIDI PURWARTA, TOKOH HBT BERPULANG

FB: Mendiang Merupakan Guru, Sekaligus Sahabat


Jumat, 04 November 2016 - 00:48:00 WIB

PADANG, HALUAN — Me­ning­galnya tokoh Himpunan Bersatu Teguh (HBT) Pusat Junaidi Purwarta, menim­bul­kan luka dalam banyak pi­hak. Sepanjang hidupnya, tokoh Tionghoa itu dikenal dengan sumbangsih pemi­kiran dan kerja nyata untuk Sumbar.

Junaidi meng­hem­bus­kan nafas terakhirnya di Mount Elizabeth Hospital, Si­nga­pura, Rabu (2/11) ma­lam sekitar pukul 18.00 WIB. Mantan Wali Kota Padang Fauzi Bahar ikut mendampingi Junaidi di detik-detik akhirnya. Setelah itu, jasad Junaidi diter­bang­kan ke tanah suci, untuk dimakamkan di pemakaman keluarganya di kawasan Jong­gol, Bogor.

Bagi Fauzi Bahar, me­nge­nang Junaidi Purwarta sama dengan mengenang seorang guru, sekaligus sahabat. Ju­naidi memang salah satu so­sok penting di masa-masa awal Fauzi Bahar menjadi Walikota Padang. “Dia meru­pa­kan se­orang pemimpin, guru, saha­bat sekaligus ayah bagi saya,” ungkap Fauzi Bahar.

Dipaparkan Fauzi Bahar, Junaidi merupakan orang yang memotivasinya. Mem­berikan dukungan moril sekaligus materil padanya. “Dia yang menguatkan saya ketika ada masalah. Ter­masuk memberikan ma­su­kan sewaktu saya dalam ke­ra­gu-raguan. Apa yang di­ka­takannya, selalu berpihak kepada khayalak ramai,” ucap Fauzi Bahar.

Kelebihan Junaidi, me­nurut Fauzi Bahar adalah sifat Saling membantu. “Sia­pa saja yang datang pa­danya, pasti dibantu. Dia tidak memandang asal orang itu, terpenting baginya me­no­long sesama. Sifat itu yang saya terapkan,” kata Wako Padang dua periode itu.

Tuako Himpunan Ber­satu Teguh (HBT) Pekanbaru Insan Setianto juga me­nye­but, semasa hidupnya Dju­naidi merupakan pribadi yang sangat baik dan mudah dekat dengan siapa saja. “Beliau merupakan pribadi yang mudah bergaul dan dekat dengan siapa saja. Tokoh yang sangat loyal dan murah hati,” ucap Insan.

Disebut Insan, Djunaidi wafat pada usia 85 tahun, setelah berjuang melawan sakit yang  dideritanya sela­ma beberapa tahun terakhir. Namun, dirinya tidak me­ngetahui almarhum me­ngi­dap penyakit apa. “Jenazah sampai di kediamannya di Jakarta pada Kamis (3/11) pagi kemarin, sekitar pukul 09.00 WIB. Informasi yang saya terima, ia akan di­ke­bumikan di Jakarta,” ucap­nya. (h/ben/mg-adl)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM