OLIMPIADE AKUNTANSI SE-SUMATERA PNP

SMA dan SMK Sumbar Pemuncak


Jumat, 04 November 2016 - 01:20:44 WIB
SMA dan SMK Sumbar Pemuncak Peserta lomba akuntansi se Sumatera Politeknik Negeri Padang (PNP) tengah memecahkan soal dengan serius. Perlombaan yang diikuti 635 SMA/MA/SMK se Sumatera itu berlangsung Kamis (3/11) kemarin di Kampus Limau Manis.

PADANG, HALUAN — Dua sekolah asal Sumbar, yakni SMA 3 Batusangkar dan SMK 2 Bukittinggi tampil sebagai pemuncak lomba olimpiade akuntansi se-sumatera tingkat SMA/MA dan SMK yang dilak­sanakan jurusan Akuntansi Po­li­tek­nik Negeri Padang (PNP), Kamis (3/11). Kedua sekolah tersebut, menjadi yang terbaik dari 635 sekolah yang mengikuti iven yang sudah digelar untuk kedelapankalinya ini.

Menurut Ketua Panitia, Rini Frima pada gelaran ini, pihaknya mengelompokkan perlombaan berdasarkan kelompok SMA/MA dan SMK. Selain itu juga dipertandingkan kategori in­di­vidu dan kategori sekolah.  Di­ka­takan Rini, kegiatan yang me­libatkan kepanitiaan dari staf pengajar dan ratusan mahasiswa akuntansi ini dilaksanakan dalam dua tahap yakni tahap ujian individu dan tahap ujian tim sekolah. Materi yang diuji adalah materi bidang akuntansi ke­uangan, audit, sistem dan per­pajakan. Sedangkan untuk ma­teri ujian tim sekolah dilakukan dalam bentuk kasus-kasus akuntansi.

Salah satu guru pembimbing yang mendampingi siswanya dari Jambi, Nurhayati mengakui ajang ini merupakan kompetisi paling diminati oleh SMA dan SMK Se-Sumatera karena di­iku­ti sekolah terbaik di Sumatera.

Ketua Dewan Juri Ferdawati mengakui dominasi sekolah Sumbar menunjukkan kua­litas­nya memang terbaik di Suma­tera. Dipaparkannya untuk per­lom­baan individu kategori, diraih atas nama Dimas Putra Ragil asal SMA 1 Sumbar, lalu Reski Illlahi dari SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping juara dua dan juara tiga diraih oleh siswa yang berasal dari SMA 1 Paya­kum­buh. SMA Negeri 1 Sumbar juga berhasil menjadi juara harapan 1 dan 2 atas nama Lisa Juliarti dan Rimania Safitri. Sementara, satu-satunya peserta luar Sumbar yang meraih gelar siswa SMA Dharma Loka, Pekanbaru se­bagai harapan 3.

Untuk Kategori SMK terbaik juara 1 dan 2 berhasil oleh siswa yang berasal dari SMK 2 Bukit­tinggi yakni atas nama Meri Yulia dan Nuraini, disusul Hi­dayat Andapis dari SMK 3 Padang. SMK DEK Padang yang pada tahun lalu berhasil menjadi yang terbaik, pada olimpiade akuntansi tahun 2016 ini harus puas sebagai juara harapan 1 yakni atas nama Vernando Ignasius dan disusul Bobi Ahmad Rival dan Novegia Ferdini dari SMK 2 Bukittinggi dan SMK 1 Payakumbuh.

Menurut Ketua Jurusan Aku­n­tansi Sukartini, siswa yang menjadi juara dalam olimpiade bertemakan akuntan muda yang berprestasi, profesional dan berintegritas akan  diterima tanpa seleksi sebagai mahasiswa PNP tahun akademik mendatang selain juga mendapatkan hadiah piala dan uang tunai.

“Pemilihan tema ini di­dasar­kan pada profesi akuntan sema­kin banyak dibutuhkan di dunia kerja dan laporan keuangan yang dihasilkan oleh akuntan meru­pakan bahasa bisnis, timpal Albar, Wakil Direktur PNP saat membuka acara ini.

Selain mengadakan lomba ini, Jurusan Akuntansi PNP juga mengadakan seminar tax am­nes­ty dan dampaknya terhadap pendidikan akuntan. Kegiatan seminar yang ditujukan bagi guru pendamping tersebut di­pan­du oleh Afridian Wirahadi Ahmad yang merupakan salah satu dosen dan trainer per­paja­kan di Politeknik Negeri Padang. Seminar yang menghadirkan narasumber dari Kanwil Dire­ktorat Jenderal Pajak Sumbar-Jambi yakni Iryan Saputra, Kepala Seksi Bimbingan Pela­yanan dan Konsultasi serta Isdariana Evayanti Selaku kepala seksi kerjasama dan humas ini merupakan bagian dari pening­katan mutu pendidikan terkait dengan perubahan regulasi di bidang perpajakan. (h/mat)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM