Panwaslu Putuskan BISA Lolos ke Pilkada Pekanbaru


Senin, 07 November 2016 - 00:30:06 WIB

PEKANBARU, HALUAN — Panwaslu Kota Pekanbaru akhir­nya memutuskan tim Dastrayani Bibra-Said Usman Abdullah (BISA) lolos ke Pemilihan Ke­pala Daerah (Pilkada)kota Pe­kan­baru. Hasil ini setelah Pan­waslu mengelar musyawarah si­dang gugatan Pilkada pada agenda sidang ke lima putusan pada Sabtu (5/11).

Panwaslu memenangkan sengketa atas termohon KPU Pekanbaru. Dengan demikian BISA dinyatakan memenuhi syarat sebagai peserta Pilkada Pekanbaru tahun 2017. Dalam pantauan sidang, pembacaan keputusan yang dipimpin Ketua Panwaslu Pekanbaru Indra Kha­lid Nasution, yang menyatakan permohonan tim BISA dika­bulkan sebagian, yakni meme­nuhi syarat sebagai peserta Pilkada Pekanbaru. Keputusan ini jelas disambut dengan teria­kan ratusan kader dan simpatisan PDIP-PPP yang hadir me­nyak­sikan sidang.

Panwas memutuskan bah­wa H Dastrayani Bibra dan Said Usman Abdullah lolos dan me­menuhi syarat sebagai peserta Pil­kada Pekanbaru sesuai de­ngan fak­ta persidangan dengan kesak­sian para saksi yang dihadirkan dan bukti-bukti. Maka keputusan KPU yang menyatakan Said Usman Ab­dullah tidak me­menuhi syarat karena disabilitas ter­bantahkan. “Kita me­mu­tuskan, permo­honan pemo­hon diterima untuk sebagian, mem­batalkan ke­putusan KPU nomor 59 me­ngenai sepanjang pasangan Das­trayani Bibra dan Said Us­man Abdullah, kemudian agar KPU menerbitkan keputusan bahwa Das­trayani Bibra dan Said Usman Abdullah sebagai pa­sangan ca­lon,” sebut Indra Kha­lid Na­sution.

Diambilnya keputusan ter­sebut, karena dalam per­timb­angan Panwas, bahwa ke­sim­pulan dokter tidak ditemukan berdasarkan bukti kalimat yang tegas bahwa yang bersangkutan tidak memenuhi syarat. (ben)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM