MENGENANG 45 TAHUN HOERIDJAH ADAM

ISI Padang Panjang Gelar Berbagai Kegiatan


Senin, 07 November 2016 - 00:33:56 WIB
ISI Padang Panjang Gelar Berbagai Kegiatan Pertunjukan tari karya Hoeridjah Adam saat pembukaan 45 Tahun Mengenang Hoeridjah Adam di Kampus ISI Padang Panjang. (APIZ)

PADANG PANJANG, HALUAN — Mengenang 45 tahun wafatnya salah seorang seniman asal Kota Padang Panjang Hoeridjah Adam yang terkenal dengan berbagai karya seni tari dan koreografinya, ISI Padang Panjang menggelar berbagai kegiatan yang di­perun­tukkan sebagai bentuk penghargaan kepada salah satu tokoh seni ter­sebut di Kampus ISI Padang Pan­jang, Jumat (4/11).

Dari pantauan Haluan saat pembukaan kegiatan mengenang 45 tahun Hoeridjah Adam, berbagai pertunjukan tari piring yang di­main­kan oleh para mahasiswa, dosen dan murid-murid Hoeridjah Adam mampu mencuri perhatian para hadirin yang menghadiri pem­bukaan kegiatan tersebut, ditambah lagi dengan pemutaran film doku­men­ter tentang Hoeridjah Adam.

Dari Informasi yang dihimpun Haluan, dalam memperingati dan mengenang 45 tahun wafatnya Hoeridjah Adam, Institut Seni Indonesia (ISI) Kota Padang Pan­jang menggelar berbagai kegiatan lomba tari Hoeridjah Adam, lomba puisi dan lomba lukis Hoeridjah Adam.

Rektor ISI Padang Panjang Prof Dr Novesar Jamarun MS saat membuka kegiatan tersebut men­ye­butkan, Hoeridjah Adam adalah seorang pahlawan seni Indonesia, selama 35 tahun mengabdikan diri untuk memperkenalkan karya tarinya, seperti tari piring dan lain-lainnya yang terus berkembang hingga saat ini.

“Selama 35 tahun Hoeridjah Adam berhasil menggetarkan dunia dengan tarian Minangkabau, yang sangat populer tarian Minangkabau, semasa PRRI, Hoeridjah Adam telah menampilkan 113 penampilan di semua pertunjukan di Minang­ka­bau, di dunia internasional Ho­erid­jah Adam berkeliling dunia memperkenalkan tari piring dan silat asli Minangkabau,” ujar No­ve­sar Jamarun.

Ditambahkan Novesar, meski Hoeridjah Adam telah wafat sejak 45 tahun yang lalu, namun namanya lebih berkibar dari nama yang memiliki kehidupan saat ini. Ho­eridjah Adam adalah pekerja keras dan tidak pernah menyerah dan siap dengan karya terbarunya dengan tingkat keyakinan yang tinggi.  (h/mg-pis)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM