POLEMIK PENGINAPAN ATLET

Komisi V DPRD Sumbar Bakal Panggil Panitia Porprov


Senin, 07 November 2016 - 00:42:45 WIB

PADANG, HALUAN — Polemik seputar penginapan atlet Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) memakai sekolah terus berlanjut, Minggu (6/11). Komisi V DPRD Sumbar akan memanggil panitia Porprov XIV dalam dua pekan ke depan.

“Kita akan bahas dan bicarakan di komisi, untuk memanggil panitia Porprov XIV,” ujar anggota Komisi V, Hidayat. Dia menyebutkan, banyak hal yang dibicarakan dengan panitia porprov. Tak hanya membicarakan ke­siapan panitia, tapi juga pemakaian gedung sekolah untuk penginapan atlet.

“Banyak masukan dari masyarakat terkait pe­ma­kaian gedung sekolah, un­tuk penginapan atlet dan sis­wa diliburkan,” ujarnya.

Hidayat mewanti-wanti jangan sampai ada yang dirugikan dalam pelaksa­naan por­prov ini. Di satu sisi, iven ini dapat mem­per­siap­kan bibit atlet, sehingga pada iven yang lebih besar, sudah tampak atlet mana yang bisa diandalkan.

“Namun jangan sampai merugikan sektor lainnya, seperti pendidikan. Siswa diliburkan karena sekolah mereka digunakan sebagai penginapan. Hal-hal inilah yang perlu kita bicarakan,” katanya.

Terpisah, pengamat ke­ua­ngan dari Universitas An­dalas, Hefrizal Handra me­nga­takan, Pemko Padang bisa me­man­faat­kan sum­bangan pihak ketiga untuk mendukung pelaksanaan porprov.

“Sumbangan dari pihak ketiga tidak dilarang. Ya, itu kalau ada yang mau kenapa ditolak, yang jelas asal ada pelaporan dan pertang­gung­jawabannya,” ucapnya saat dihubungi Haluan.

Lebih lanjut dika­takan­nya, dalam APBD termasuk di dalamnya ada pendapatan lain-lainnya, sehingga me­mung­kinkan pemko meman­faatkan bantuan tersebut.

“Yang jelas, baik ban­tuan uang maupun barang, perlu laporan yang akun­tabel, kalau untuk barang tercatat dalam neraca aset daerah, tentu pelaporan itu sangat penting,” imbuhnya.

Hal yang sama juga di­ung­kapkan pengamat keua­ngan dari Unand, Masrizal. Ia memandang meng­gu­nakan fasilitas masyarakat un­tuk penginapan atlet ti­dak ada masalah, selama ma­syarakat mau me­neri­manya. “Kalau masyarakat mau, kenapa tidak?” tu­turnya.

Menurutnya, melibatkan masyarakat dalam iven besar membuat suasana menjadi lebih hidup. “Aura kegiatan itu akan sangat terasa, eko­nomi masyarakat juga ter­bantu tentunya,” tuturnya.

Hanya saja, penggunaan rumah masyarakat sebagai tempat penginapan atlet perlu perencanaan yang matang. “Ini partisipatif masyarakat dalam iven dae­rah. Langkah ini diambil, jika anggaran untuk pe­nginapan memang tak ada. Yang jelas tempat ber­istirahat yang nyaman berpengaruh bagi prestasi atlet,” jelasnya.

Sebelumnya, sejumlah pihak dan kalangan DPRD mempertanyakan pe­ma­kaian gedung sekolah sebagai tem­pat penginapan para atlet porprov. Mereka meminta pa­nitia porprov tidak merugikan sektor pen­didikan, karena harus me­liburkan sekolah. Panitia bisa menggunakan mess pemda, asrama dan pe­ngi­napan lainnya. Pa­salnya, jumlah penginapan, asrama, mess cukup banyak di Padang. Harganya tak terlalu mahal, apalagi dilakukan kerja sama.

Menjawab hal itu, Wali­kota Padang, Mahyeldi Ans­harullah mengaku ter­ken­dala dana jika menginapkan atlet di tempat lain. Ma­h­yeldi yang juga Ketua Umum (Ketum) Porprov XIV/2016 ini me­ngaku, mau-mau saja menga­lihkan penginapan atlet dari sekolah bahkan ke hotel se­kalipun. Ia mene­gaskan, un­tuk pelaksanaan porprov, Kota Padang meng­alokasikan dana APBD se­besar Rp49,5 miliar dan dari provinsi Rp3,5 miliar. (h/mg-rul)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 20 Mei 2019 - 11:53:51 WIB

    Komisi Disiplin PSSI Putuskan Sanksi Untuk PSS Sleman Dan Arema FC

    Komisi Disiplin PSSI Putuskan Sanksi Untuk PSS Sleman Dan Arema FC HARIANHALUAN.COM – Komisi Disiplin (Komdis) Persatuan sepakbola seluruh indonesia (PSSI) resmi merilis hasil sidang terbaru mereka terkait kericuhan penonton saat laga pembuka Shopee Liga 1 2019, PSS Sleman menghadapi Arema.
  • Rabu, 16 November 2016 - 14:14:11 WIB
    Porprov XIV Sumbar di Padang

    Ketua Komisi IV DPRD Sebut Bantuan Bantal dan Kasur Harus Diapresiasi

    Ketua Komisi IV DPRD Sebut Bantuan Bantal dan Kasur Harus Diapresiasi PADANG, HALUAN -- Beragam tanggapan disampaikan masyarakat seputar penggunaan gedung sekolah sebagai penginapan serta partisipasi siswa berupa bantuan peminjaman bantal dan kasur Padang terhadap kontingen Porprov 2016..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM