Mahasiswa UBH Kunjungi BPCB


Senin, 07 November 2016 - 00:47:22 WIB
Mahasiswa UBH Kunjungi BPCB MAHASISWA FKIP Prodi PGSD Universitas Bung Hatta kuliah lapangan ke Badan Pe¬lestarian Cagar Budaya. (FERI MAULANA)

TANAH DATAR, HALUAN—Mahasiswa Universitas Bunghatta menjalani kuliah lapangan di Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) wilayah Sumbar, Riau dan Kepri, di Batusangkar. Sebanyak 170 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UBH tersebut juga mengunjungi kincir-cincir air di Padang Datar, Rambatan Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (5/11).

Dosen UBH Padang, DR Wirnita di­dampingi dua orang dosen lainnya kepada Haluan, menyebutkan bahwa kunjungan studi tersebut bertujuan untuk pe­ngapli­ka­sian fungsi seorang guru dengan lapangan dan bagaimana seorang calon guru tersebut bisa mengaplikasikan alam semesta sebagai ilmu pendidikan yang kemudian dapat sebagai acuan dalam mendidik para murid sekolah dasar nanti saat mereka telah mengajar.

Dikatakan, dalam materi kuliah la­pangan yang juga mengunjungi kincir-kincir air di Rambatan tersebut, mahasiswa di­minta dapat mengaplikasikan kebe­radaan kincir-kincir tersebut yang difung­sikan tanpa menggunakan mesin dan tanpa menghabiskan bahan bakar. “Kincir yang dibangun perantau Rambatan di Jepang itu mampu menaikkan air untuk pertanian masyarakat setinggi 35 meter, ini hanya menggunakan tenaga air yang mengalir, kita harapkan mahasiswa dapat menyerap kondisi itu sebagai bahan ajar di sekolah nanti,” harapnya.

Dodi Chandra, pegawai BPCB me­maparkan berbagai materi terkait pelestarian cagar budaya kepada 170 orang mahasiswa tersebut di aula BPCB di Batusangkar.  Ia menyebutkan di antara fungsi instansi dibawah naungan Ke­mentrian Pendidikan dan Kebudayaan itu adalah melestarikan, mempertahankan dan melindungi situs-situs peninggalan sejarah. (h/fma)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM