Faperta UMMY Solok Wajibkan Mahasiswa Tamat Sebelum Lima Tahun


Senin, 07 November 2016 - 00:48:19 WIB
Faperta UMMY Solok Wajibkan Mahasiswa Tamat Sebelum Lima Tahun Seorang mahasiswa menerima piagam penghargaan dari Dekan Faperta UMMY Solok Syahro Ali Akbar di kampusnya, Jumat (4/11). Piagam itu sebagai bentuk keberhasilan mahasiswa memperoleh IP terbaik 2016 ini. (ALFIAN)

SOLOK, HALUAN — Fakultas Pertanian Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok berhasil menggenjot ma­hasiswanya untuk menyelesaikan masa studi dibawah sepuluh semester, tidak berlebih. Untuk merealisasikan hal ini, kampus juga menuntut dosen untuk me­nye­gerakan mahasiswa yang mengurus skripsi.

Dekan Dekan Fakultas Per­tanian (Faperta) UMMY Prof DR Syahro Ali Akbar, MP me­nga­takan, saat ini mahasiswanya sudah mampu menyelesaikan studi hingga 3,8 tahun.

“Terealisasinya penyelesaian studi sesuai UU Nomor 49/2004 tentang standar pendidikan nasio­nal perguruan tinggi ini, tidak terlepas dari ketekukanan ma­hasiswa dan adanya ketegasan sanksi yang diberikan kampus jika mahasiswa berleha-leha dalam menyelesaikan kuliahnya,” jelas Syahro Ali Akbar ketika penyerahan SK pembimbing penelitian dan penyerahan piagam penghargaan bagi mahasiswa memiliki Indek Prestasi (IP) yang baik, Jumat (4/11).

Jika ada mahasiswa yang berleha-leha, tambahnya,  dosen dan pimpinan fakultas melakukan pendekatan pada mahasiswa bersangkutan, kemudian diberi arahan dan pandangan sehingga mahasiswa paham tentang keha­dirannya di Faperta UMMY.

Syahro Ali Akbar  men­jelas­kan, sesuai UU Nomor 49/2014 tentang standar pendidikan na­sional, seorang mahasiswa harus mampu menyelesaikan 144 Sa­tuan Kredit Semester (SKS) dan selesai dalam rentang waktu lima tahun. Dari hasil sosialisasi,  sebanyak 90 persen mahasiswa Faperta bisa menuntaskan dengan jangka waktu 4 tahun.

“Ini merupakan suatu kebang­gaan bagi kampus, orangtua dan mahasiswa itu sendiri,” katanya bangga.

Menyikapi apa yang sudah diperbuat sejak beberapa tahun lalu, mahasiswa yang sudah me­nerima SK penelitian yang diawali pe­nga­juan judul pada dosen pembimbing, seminar proposal, penelitian dan seminar hasil serta diakhiri dengan ujian  skripsi hendaklah dapat melaksanakan dengan baik sesuai prosedur yang ada agar mem­peroleh gelar sarjana.

Dalam menentukan judul sebuah penelitian, mahasiswa diminta beranjak dari suatu persoalan dengan mencari dan menemukan masalah untuk dite­liti dan tidak diizinkan melakukan copy paste penelitian orang lain.

Kepada dosen pembimbing yang sudah ditentukan mahasiswa maupun kampus, diharapkan bisa melakukan bimbingan pada ma­hasiswanya dan jangan sekali-sekali mempersulit mahasiswa. Antara mahasiswa dan dosen pembimbing hendaklah saling menghormati dan menghargai sehingga terjalin komunikasi dua arah. (h/alf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM