Pariangan Tanah Datar, Nagari Terindah Dilukisan Seniman


Senin, 07 November 2016 - 00:49:44 WIB

TANAH DATAR, HALUAN — Sejak Pariangan dinobatkan sebagai satu dari lima desa terindah dunia versi majalah Travel Budget terbitan New York Amerika Serikat itu, kini nagari di pinggang Gunung Marapi itu semakin tersohor sehingga banyak kunjungan wisatawan ke sana.

Pariangan yang juga meru­pakan nagari tertua di Mi­nangkabau ini, sangat cocok bagi yang hoby fotografi maupun seni rupa. Tidak ha­nya memiliki pesona alam yang indah.

Hal ini juga menjadikan spirit dan inspirasi bagi para pencinta seni terutama seni rupa Sumatera Barat yang melakukan festival seni rupa di Nagari Tuo Pariangan ter­sebut. Festival yang dimotori oleh Asnam Rasyid dan ko­munitas seni rupa Sumatera Barat ini mengabadikan mo­men indah Nagari Tuo Paria­ngan di atas canvas. Festival Seni Rupa tersebut dibuka langsung Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno didam­ping Bupati Tanah Datar Irdi­nansyah Tarmizi, Jum’at (4/11) sore di areal persawahan Gu­guak Nagari Tuo Pariangan. 

Bupati Tanah Datar Irdi­nansyah Tarmizi me­nyam­pai­kan rasa syukurnya telah men­jadikan Nagari Tuo Pariangan sebagai salah satu tempat kegiatan seni rupa bagi para pencinta seni rupa Sumatera Barat. Kepada yayasan seni rupa Sumatera Barat Irdi­nan­syah memberikan apreseasi karena setelah ini Pariangan akan semakin banyak diku­njungi wisatawan, ujarnya.

Bupati berharap kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Gubernur, agar dapat mengalokasikan ang­garan untuk perbaikan infra­struktur terutama jalan, karena saat ini kondisi jalan sangat sulit dilalui kendaraan roda empat terutama bus, selain jalan sempit juga banyak yang berlobang. “Sarana parkir untuk bus pariwisata perlu diba­ngun, sehingga wi­sa­tawan akan nyaman ber­kun­jung ke sini,” sebut Irdinan­syah.

Kepada masyarakat, bupati menghimbau untuk menerima tamu atau pengunjung dengan senyum dan keramahan, men­ciptakan kenyamanan, karena ini semua anugerah dari tuhan kepada kita, harapnya.

Sementara, Gubernur Irwan Prayitno, berharap kepada pemerintah daerah dan ma­syarakat untuk dapat men­siasati agar banyak tamu yang datang ke nagari tuo itu.

“Dengan adanya kun­ju­ngan wisata, mereka tentu berbelanja di sini, menikmati pesona kuliner tradisional, mari kita ciptakan suasana nyaman, tentram dan aman berwisata menikmati pesona alam nagari terindah dunia ini,” ungkap gubernur.

Gubernur juga mengajak masyarakat untuk mengelola dan bersyukur atas nikmat Allah SWT tersebut. Kedepan Pariangan akan mendunia, bahkan film layar lebar yang saat ini sedang produksi, mengambil lokasi shooting­nya di Nagari Tuo ini, Laskar Pelangi yang mengangkat Bangka Belitung itu, sekarang megangkat Nagari Tuo Paria­ngan Tanah Datar, 80 persen shootingnya dilakukan di Pariangan ini, mari kita jadi­kan destinasi wisata yang sulit untuk dilupakan, jelas Irwan.

Kita dukung nagari ini de­ngan tatanan adat, mari kita promosikan, salah satunya de­ngan festival seni lukis ini. Munculkan tradisi adat di sini seperti kesenian silat, tradisi tradisi lainnya, kuliner tra­disional. Kita jangan sampai terpengaruh budaya luar, les­tari­kan budaya kita, harap gubernur.

Pada kesempatan itu, As­nam Rasyid, Ketua Festival menjelaskan, bahwa selama ini pecinta seni hanya melukis Bukitinggi, Payakumbuh, Nga­­­rai atau Taram. “Ternyata saat ini kita punya potensi lain yang indah untuk diabadikan di atas canvas yaitu Nagari Tuo Pariangan. Kali ini kita ber­sama pelukis se Sumatera Barat sela­ma tiga hari akan menga­madikan nagari terindah du­nia,” sebutnya.

Nagari Pariangan dengan keindahan pesona alam dan bangunan-bangunan rumah bagojongnya punya daya tarik tersendiri untuk diabadikan melalui kuas, semoga ini juga mejadi destinasi wisata me­narik bagi para pecinta seni, harap Asnam.  (h/fma)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 11 Juli 2019 - 17:52:14 WIB

    Nagari Tuo Pariangan Mulai Dibangun

    TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Nagari Tuo Pariangan menghibahkan tanahnya untuk merevitalisasi objek wisata desa terindah dunia. Pemerintah daerah mengapresiasi masyarakat yang bersedia menghibahkan tanahnya untuk.
  • Senin, 19 November 2018 - 10:02:38 WIB

    Api Porprov Diserahkan di Nagari Tuo Pariangan

    Api Porprov Diserahkan di Nagari Tuo Pariangan PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni secara resmi menerima Api Porprov Sumbar ke-XV dari Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi melalui Kadispora Sumbar Adib Alfikri di lapangan Sultan Suri.
  • Senin, 17 Oktober 2016 - 01:27:46 WIB

    Wagub Terpesona Keasrian Pariangan

    Wagub Terpesona Keasrian Pariangan TANAH DATAR, HALUAN — Wakil Gu­bernur Sumatera Barat Nasrul Abit ber­sama Wakil Ketua TP PKK Sum­bar Wartawati, mengunjungi Paria­ngan, nagari yang disebut-sebut ter­indah di dunia, Jumat ((14/10) sore. Ke­da­tangan .
  • Senin, 18 April 2016 - 14:18:20 WIB

    Zuldafri Darma: Saya Bangga dengan SMA 1 Pariangan

    Zuldafri Darma: Saya Bangga dengan SMA 1 Pariangan TANAH DATAR, HALUAN — SMA 1 Pariangan yang pernah menyandang status sebagai sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional pada tahun 2013,i menggelar acara perpisahan dengan 208 siswa kelas XII yang baru selesai mengikuti Ujian Nasion.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM