PETAMA KALI DITABUH DI TAMAN JAM GADANG

MTQ Kota Bukittinggi Resmi Dibuka Walikota


Senin, 07 November 2016 - 00:53:00 WIB
MTQ Kota Bukittinggi Resmi Dibuka Walikota Walikota, Wakil Walikota dan Kepala Kanwil Kementrian Agama Sumbar H Salman, menabuh l beduk tanda dimulainya pelaksanaan MTQ tingkat Kota Bukittinggi. (GATOT)

BUKITTINGGI, HALUAN — Pawai ta’aruf meriahkan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-37 tingkat Kota Bukittinggi, yang dibuka secara resmi oleh Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, di Pelataran Jam Gadang, Sabtu (5/11).

Pawai ta’ruf yang dilak­sanakan sebelum pembukaan MTQ, dilepas di Jalan Sudirman Lapangan Kantin menuju pela­taran Jam Gadang. Pawai ta’aruf ini diikuti oleh peserta, official, murid MDTA serta pelajar  dari 24 kelurahan di  Kecamatan yang ada. Turut hadir dalam pawai ta’aruf ini unsur Muspida, Kepela Kemenag, tokoh masya­rakat serta sejumlah instansi terkait.

Pembukan MTQ tingkat Kota Bukittinggi ditandai de­ngan pemukulan beduk oleh Walikota, Wakil Walikota, Ke­tua LPTQ dan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Sumbar, H Salman yang disaksikan oleh unsur Muspida.

Walikota Ramlan Nurmatias mengatakan, MTQ tingkat Kota Bukittinggi ke-37 dilaksanakan selama 3 hari, yang kegiatan pembukaannya dilakukan di Pelataran Jam Gadang. Sedang­kan untuk tempat pelaksana­annya dipusatkan di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS). MTQ diikuti oleh kafi­lah dari 3 kecamatan yang ada dengan rincian kafilah Keca­matan Guguk Panjang 88 orang, kafilah MKS 80 orang dan  Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB)  78 orang.

MTQ yang digelar kata Ramlan,  bukan hanya sekedar mencari prestise (juara), tetapi yang paling utama adalah me­num­buhkan kegemaran dalam membaca alquran sekaligus untuk membumikan syiar aga­ma di Bukittinggi. Disamping itu pelaksanaan MTQ  bisa menjadi forum sillaturrahim untuk memperkuat keber­samaan antara masyarakat dan pemerintah.

“Melalui kegiatan MTQ ini diminta kepada peserta untuk mengikutinya dengan sebaik mungkin pada masing-masing cabang yang dilombakan. Kepada Dewan hakim kita berpesan bahwa penilaian itu merupakan amanah, maka nilai­lah secara objektif dan adil. Harapan kita semua MTQ ini sukses dan Kota Bukittinggi makin maju dengan suasana religius” ungkap Ramlan.

Sementara itu Kepala Kan­wil Kementerian Agama Sum­bar, Salman mengaku kagum dengan kegiatan pembukaan MTQ yang dilaksanakan. Karna kegiatan pembukaannya tidak saja dimeriahkan oleh pawai ta’aruf tapi pembukaannya juga dilaksanakan di Pelataran Jam Gadang. “MTQ ke 37 Kota Bukittinggi ini akan selalu dikenang masyarakat sebab menurut informasi yang dida­pat, ini baru pertama kali pem­bukaan MTQ yang dilak­sana­kan di Pelataran Jam Gadang,” ujar Salman.

Menurutnya, MTQ yang dilaksanakan dapat memberikan motivasi kepada warga Kota Bukittinggi dalam mempelajari dan memahami Al-Quran untuk mewujudkan dan meningkatkan masyarakat Bukittinggi yang beriman, sejahtera dan bermutu. Disamping itu MTQ juga  seba­gai wujud dinamika pembe­lajaran seni pembacaan Al-Quran.

Hal yang sama  juga disam­paikan Kepala  Kemenag Kota Bukittinggi M. Nur. Menu­rutnya, melalui MTQ ini diha­rap­kan masyarakat  Bukittinggi dapat menumbuhkan rasa cinta kepada Al- Quran. Sesuai hara­pan Pemko Bukittinggi siap menjadi tuan rumah dalam MTQ Nasional Tingkat Provinsi Sumbar  tahun 2019 men­datang. (h/tot)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM