Mahasiswa Unand Baksos di Payakumbuh


Senin, 07 November 2016 - 00:55:28 WIB
Mahasiswa Unand Baksos di Payakumbuh Plt Walikota Payakumbuh, Priadi Syukur saat menerima bantuan pohon penghijauan dari Unand. (ZUL)

PAYAKUMBUH, HALUAN — Payakumbuh sebagai tuan rumah dalam kegiatan bakti sosial (bak­sos) pengabdian mahasiswa, aktifis dan alumni Unand Padang, ber­langsung selama tiga hari, 4-6 November 2016. Kegiatan itu, melibatkan ratusan personil, dibu­ka Plt. Walikota Payakumbuh H. Priadi Syukur, SH, MH bersama  Rektor Unand Prof.DR. Tafdil Husni, SE,MBA,  di Unand Kam­pus II Kubu Gadang Payakumbuh, Sabtu (5/11).

Kegiatan bakti sosial itu, dinilai sangat positif terhadap kemajuan Payakumbuh dan pembinaan men­tal warga kota. Gelar kegiatan tersebut ditandai dengan pelan­tikan Kompi A Batalyon 101 Mahawira Unand Kampus II Paya­kumbuh oleh Rektor Unand dan penyerahan bantuan bibit tanaman dari Rektor Unand kepada Plt. Walikota Priadi Syukur.

Disaksikan  Wakil Rektor III Prof.DR.Ir. Hermansyah, MS, MSc, Wakil Dekan III drg. Susi, MKM, Koordinator Kampus II Unand Payakumbuh Drs. Lukman, SE, MSi, Pembina Resimen Maha­siswa Amrizal,  Komandan Ba­talyon 101 Mahawira Unand Afri­zal Efendi, Presiden Eksekutif Mahasiswa BEM Unand Edi Kur­niawan, Sejumlah pimpinan SKPD, Camat Payakumbuh Timur L.Kefrinasdi, Dosen, Mahasiswa, Aktivis, Alumni, Tokoh mas­yarakat setempat.

Ketua Panitia Hermansyah yang juga Wakil Rektor III men­jelaskan, kegiatan bakti sosial pengabdian masyarakat, berupa penghijauan kampus, ceramah agama, gotong royong membersih­kan Masjid Nurul Huda Kubu Gadang dan penanaman pohon penghijauan pada sejumlah titik di daerah pinggiran kota. “Selain itu juga ada, penyuluhan dan sosia­lisasi tentang kesehatan kepada Anak SDN 60 Kubu Gadang, vertikultur (pemanfaatan lahan pekarangan),” ujarnya. 

Dikatakan Hermansyah, ke­giatan bagian dari  Tridarma Unand. Salah satunya di antaranya, kegiatan pengabdian masyarakat. “Diharapkan melalui kegiatan ini proses pendidikan berjalan dengan baik sehingga mahasiswa akan mengetahui situasi lingkungan masyarakat yang dapat dijadikan sebagai bahan penelitian yang pada akhirnya bisa diimplementasikan,” sebutnya.

Rektor Unand Prof.DR.Tafdil Husni, dalam sambutannya menye­butkan sebelumnya Kampus Unand terpencar-pencar seperti di Payakumbuh, Batusangkar dan Padang, berkat adanya dukungan dan komitmen Pemko Payakum­buh, kini sudah berdiri Unand Kampus II Payakumbuh. “Ke depan diharapkan sinergi Pergu­ruan Tinggi dengan pemko sema­kin baik terutama dalam rangka meningkatkan edukasi kepada masyarakat.mudah-mudahan de­ngan kegiatan pengabdian  dimak­sud akan meningkatkan kualitas pendidikan dan silahturahmi,” ujar Rektor.

Menurut Tafdil Husni, tahun 2017 nanti guna meningkatkan wawasan mahasiswa  secara global baik dalam negeri maupun luar negeri, kegiatan KKN Unand akan dilaksanakan secara Internasional direncanakan di Malaysia dan Thailand dan terakhir rek­tor meminta pada panitia dan ma­hasiswa agar memaksimalkan pengabdian masyarakat demi terjalinnya hubungan yang har­monis dengan masyarakat ter­utama di lingkungan kampus.

Plt.Walikota, Priadi Syukur, saat membuka kegiatan pengab­dian masyarakat itu memberikan apresiasi pada civitas akademika, aktivis dan alumni Unand yang telah menyelenggarakan kegiatan bakti sosial yang dinilai sangatlah tepat sekali, karena saat ini pemko sedang mempersiapkan penilaian Adipura yang dijadwalkan akhir November 2016.

Karena itu lanjutnya, diharap­kan melalui kegiatan ini seperti penghijauan, kebersihan lingku­ngan, penyuluhan kesehatan dan bantuan bibit pohon dari Unand, akan dapat membantu program pemko menciptakan lingkungan yang nyaman. “Tahun depan, Pemko Payakumbuh merenca­nakan pengucuran bantuan pada Unand Kampus II Payakumbuh melalui dana APBD sebesar Rp700 juta,” ungkap Priadi. (h/zkf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM