DIDOMINASI PELAJAR

Puluhan Pebalap Liar Diamankan Polisi


Senin, 07 November 2016 - 00:57:04 WIB
Puluhan Pebalap Liar Diamankan Polisi Puluhan remaja yang terjaring razia balap liar saat berada di Mako Polres Padang Panjang Sabtu (5/11) malam kemarin.

PADANG PANJANG, HALUAN - Personil gabungan dari Polres Padang Panjang, dipimpin Kapolres AKBP Cepi Noval menggelar razia berjalan. Razia kali ini berhasil mengamankan puluhan orang remaja yang terlibat aksi balap liar ditiga lokasi berbeda, Sabtu (5/11) malam.

Dari informasi yang dite­rima di Mako Polres Padang Panjang, dalam razia yang menerjunkan 60 orang personil Polres itu, telah berhasil di­amankan 33 sepeda motor dengan berbagai merk serta 39 remaja. 20 orang diantaranya masih berstatus pelajar dan 19 sudah tidak bersekolah.

Kapolres Padang Panjang, AKBP Cepi Noval mengatakan, razia kali ini merupakan aksi guna menyikapi laporan dari masyarakat tentang maraknya ajang balap liar yang dilakukan oleh sekelompok remaja di Kota Padang Panjang.

“Sesuai laporan dari masya­rakat, kami bersama anggota langsung turun ke lapangan untuk mensurvey lokasi. Ter­nyata benar, ada tiga TKP yang kita dapati, diantaranya, di depan Simpang Muhama­diyyah, Simpang ISI dan di Lapangan Bancah Laweh,” ujar Cepi Noval.

Dari beberapa orang yang terjaring razia, lanjut Cepi Noval, banyak di antara mereka yang masih berstatus pelajar dan di bawah umur. Untuk itu Cepi Noval berencana akan melaku­kan razia rutin agar dapat mengantisipasi meningkatnya angka kecelakaan yang dise­babkan oleh pelajar.

“Kita sangat menyayangkan dalam aksi balap liar ini meli­batkan pelajar. Padahal sejak sebulan yang lalu kami telah mensosialisasikan terhadap lara­ngan berkendara kepada para pelajar terutama saat hen­dak pergi ke sekolah. Ini sudah disosialisa­sikan bahkan bersama para orang­tua. Namun kenyata­annya malam ini sebagian dari mereka masih berstaus pelajar,” sesalnya. 

Selain mengamankan ken­daraan dan pengemudinya, pihak kepolisin juga memanggil para orangtua untuk menjemput anaknya di Mako Polres Padang Panjang. Dimana sebelum dijem­put oleh para orangtuanya, semua remaja yang terjaring didata dan diberikan peng­a­rahan serta membuat perjanjian terlebih dahulu.

Dihadapan para orangtua, Cepi Noval menjelaskan, bah­wasannya pelajar yang terjaring dalam razia malam ini akan ditindak lanjuti ke sekolah masing-masing.  Bagi yang kendaraannya belum lengkap, harus dilengkapi, seperti, spion, knalpot dan lainnya hingga keadaan motor seperti stan­darnya lagi.

“Untuk kendaraan yag terja­r­ing razia dapat di ambil setelah yang bersangkutan mengikuti persidangan pada tanggal 2 Desember nanti,” terang Cepi Noval dihadapan orangtua yang hendak menjemput anaknya itu. (h/mg-pis)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM