TINGKATKAN EKONOMI KELUARGA

Masyarakat Harus Bisa Berinovasi


Senin, 07 November 2016 - 00:59:03 WIB
Masyarakat Harus Bisa Berinovasi Direktur LPU Richard Poyk menyerahkan penghargaan pada pemenang lomba broadcasting. (ISRA)

PADANG, HALUAN — Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno berharap pekan inovasi yang dilaksanakan Radio Republik Indonesia (RRI) bisa menjadi pendorong bagi pemerintah daerah untuk giat membina masyarakat agar melahirkan inovasi positif. Sehingga dapat meningkatkan daya saing masyarakat dalam era globalisasi.

Masyarakat sebuttnya, harus terus didorong untuk mela­hirkan karya atau produk yang setidaknya dapat memberikan dampak ekonomi bagi dirinya sendiri.

“Saat ini telah banyak pro­duk yang dihasilkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sumbar, namun masih banyak yang perlu dibe­nahi agar layak bersaing di kancah nasional dan interna­sional,” ungkapnya ketika mem­berikan sambutan pada acara penutupan Grand Final Pekan Inovasi Nasional RRI di pela­taran RRI Padang, Sabtu malam (5/11).

Banyak produk makanan olahan dan kerajinan yang dihasilkan masyarakat,  tapi masih perlu sentuhan seperti perbaikan kemasan, strategi promosi yang efektif.

Tidak hanya masyarakat, pemerintah daerah juga harus selalu berinovasi dalam mem­berikan layanan pada masyara­kat, salahsatunya dengan pene­ra­pan teknologi.

Menurut Irwan, penerapan inovasi dan teknologi dalam layanan mutlak dilakukan, kare­na terbukti lebih efektif dan efisien.

“Disejumlah pasar di Kota Padang sudah terpajang papan elektronik yang meng­infor­masikan harga komoditi harian supaya transparan tidak ada permainan harga. Inovasi yang seperti itu harus dikembangkan terus di Sumbar,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Layanan Pengembangan Usaha RRI Richard Poyk mengatakan, kegiatan pekan inovasi yang menjadi rutinitas tahunan RRI adalah wadah untuk mengem­bangkan sekaligus memper­kenalkan inovasi masyarakat supaya dikenal secara luas dan dapat menjadi percontohan.

“Pekan inovasi merupakan bukti bakti RRI menjadi radio pelayan publik, karena peserta kegiatan dimaksud adalah mas­yarakat yang selama ini menjadi pendengar setia RRI. Mulai dari usia dini, pemuda, sampai yang tua, kita jembatani untuk me­nam­pilkan bakat, kemampuan, dan inovasi yang mereka miliki, lalu diadu secara sehat,” te­rangnya.

Ke depan, menurut Richard, kategori lomba pekan inovasi akan diperluas sesuai perkem­bangan zaman era teknologi. Kemungkinan akan digelar kategori perlombaan baru, seperti pembuatan dan peman­faatan laman web, ataupun kategori yang terkait dengan teknologi informasi lainnya.

Sementara itu, Dewan Pe­nga­was LPP RRI, Tantri Rela­tami berharap, layanan pengem­bangan inovasi ke masyarakat tidak berhenti sampai di acara pekan inovasi. Para finalis perlombaan harus terus dibantu untuk mempromosikan kemam­puan dan inovasi mereka agar dikenal masyarakat luas.

Sementara itu, dalam penu­tupan Pekan Inovasi Nasional RRI 2016, Sabtu malam (5/11), setiap pemenang dari masing-masing kategori, mempersem­bahkan inovasi dan kemampuan mereka pada masyarakat yang hadir di pelataran RRI Padang. (h/isr)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 22:28:44 WIB

    Awas! Masyarakat Padang Keluar Malam Diintai Satpol PP

    Awas! Masyarakat Padang Keluar Malam Diintai Satpol PP PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Satpol PP Padang terus meningkatkan pelayanan dalam rangka menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, termasuk melakukan pengawasan dalam penerapan instruksi Wali Kota guna pencegahan Covi.
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 15:14:31 WIB

    Padang Sudah KLB Korona, Pemko Upayakan Bantuan Logistik Bagi Masyarakat

    Padang Sudah KLB Korona, Pemko Upayakan Bantuan Logistik Bagi Masyarakat PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah memaparkan terkait upaya langkah-langkah dan kebijakan dari Pemerintah Kota Padang dalam mengantisipasi penyebaran corona virus disease (covid-19) di Kota Pada.
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 09:13:33 WIB

    Kota Padang Sepi, Masyarakat Lebih Memilih Diam di Rumah

    Kota Padang Sepi, Masyarakat Lebih Memilih Diam di Rumah PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota Padang mengimbau warganya untuk mengurangi aktifitas di luar rumah. Lebih banyak berdiam diri di rumah. Bahkan pemerintah setempat telah memindahkan proses belajar siswa sekolah ke .
  • Ahad, 15 Maret 2020 - 20:51:58 WIB

    Antisipasi Corona, Mahyeldi Ajak Masyarakat Jaga Wudhu

    Antisipasi Corona, Mahyeldi Ajak Masyarakat Jaga Wudhu PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengajak seluruh warganya untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjaga wudhu. Ini diserukan agar Kota Padang terhindar dari Corona Virus Disease (Covid-19)..
  • Senin, 09 Maret 2020 - 18:37:51 WIB

    Masyarakat Bungus Minta Leonardy Dorong Percepatan Normalisasi Batang Timbalun

    Masyarakat Bungus Minta Leonardy Dorong Percepatan Normalisasi Batang Timbalun BUNGUS, HARIANHALUAN.COM -- Permasalahan normalisasi sungai dan penanganan abrasi pantai mengemuka dalam pertemuan antara Ketua Badan Kehormatan DPD RI periode 2019-2024, H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP, MH dengan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM