OTK MENGAKU KAPOLRES PADANG

Ketua DPRD Padang Nyaris Ditipu


Senin, 07 November 2016 - 00:59:28 WIB

Padang, Haluan — Ketua DPRD Kota  Padang  Erisman dihubungi Orang Tak Kenal (OTK),  diduga hendak me­lakukan aksi penipuan. Penipu itu, memakai  nama Kapolres Padang. Diduga, modus yang sama juga menyasar pejabat lain di Sumbar.

Aksi coba-coba ini diakui kebenarannya oleh Erisman. Kejadian terjadi sekitar pukul sepuluh,  Sabtu (5/11) kemarin. Nomor asing,  menghubunginya secara tiba-tiba. Saat ditanya-tanya, pemilik nomor mengaku sebagai Kapolres Padang. 

Ia  pun mempertanyakan,  nomor yang digunakan berbeda dengan nomor Kapolres. “Suara­nya juga beda, lalu saya tanya terus, akhirnya diputus. Saya hubungi-hubungi lagi tapi tidak dijawab,” katanya.

Ia  tidak mengetahui,  apa motif yang pasti dari penelpon. Namun, kuat dugaan penelpon akan melakukan aksi penipuan. Pasalnya, sebelum dirinya, salah seorang pimpinan DPRD tingkat II di Sumbar juga pernah me­nga­lami kejanggalan serupa. 

Melihat kondisi ini,  ia  men­coba menghubungi Kapolres untuk mengklarifikasi. Ternyata dugaannya benar. Bukan Ka­pol­res yang menghubungi. Bahkan Kapolres juga menduga modus penipuan.

Dari peristiwa yang di­alami­nya, ia  pun mengimbau agar rekan sesama pejabat tidak ter­pancing. Melihat telah ada pejabat yang dihubungi, dengan modus sama sebelumnya, kemungkinan penipu memang menyasar para pejabat di Sumbar.

 ”Ini sebagai pelajaran bagi kita semua. Terutama pejabat dan pimpinan lain agar semakin waspada, takutnya ini modus yang menjual nama-nama pejabat,” katanya.

Kapolresta Padang Kombes Pol Chairul Aziz  mengatakan, memang benar  Sabtu (5/11) kemarin Ketua DPRD Kota Pa­dang, H. Erisman menyampaikan terkait ada telpon yang mengatas­namakan Kapolresta Padang.

Namun  harus di ingat, siapa saja yang menerima telpon me­nga­­tasnamakan Kapolresta Pa­dang( dirinya,red) tolong nomor handphone  tersebut dicek kem­bali kebenarannya.

 ”Sekali lagi perlu di ingat,   nomor handphone saya sudah tercatat semuanya di Muspika, Muspida atau instansi pe­me­rintahan lainnya di Kota Padang, Sumatera Barat dan itu tak akan berubah, “ tegasnya.

Kalau sudah tahu itu bukan nomor handphonenya  tak perlu di tanggapi, dan kami belum tahu motifnya. Sampai  kini belum ada laporan dari korban ke Polresta Padang,  terkait penipuan melalui panggilan seluler yang menga­tas­namakan Kapolresta Padang.

“Kami  sudah melakukan pengecekkan,  untuk keberadaan panggilan handphone  terhadap Ketua DPRD Kota  Padang ter­sebut. Lokasinya,  cukup jauh yakni di Sulawesi Selatan. Jadi sekali lagi,  siapa saja yang meng­hubungi mengatasnamakan Ka­pol­resta Padang atau dari instansi lain yang dianggap unsur pidana harap cek kebenaran no hp itu ter­lebih dahulu, “ ungkapnya.(h/ade)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM