Kapal Pesiar Terbakar di Pelabuhan Bungus


Senin, 07 November 2016 - 01:03:42 WIB

PADANG, HALUAN — Sebuah kapal pesiar jenis Phinisi KM Lautan India terbakar ketika hendak merapat di Dermaga Pela­buhan Bungus Kota Padang, Sabtu (5/11), sekitar pukul 18.30 WIB.

Informasi yang dihimpun Haluan me­nye­butkan, kejadian bermula ketika salah seorang Anak Buah Kapal (ABK) atas nama Yunus tengah membuat kopi. Dia melihat ada api yang membakar kulkas di ruangan salon.

“Saya sempat berusaha memadamkan api dengan racun, namun tidak berhasil. Para ABK yang lainpun berusaha menyelamatkan diri menggunakan boat ke Dermaga Pela­buhan Tempat Pelelangan Ikan (TPI),” katanya.

Wadir Pol Air Polda Sumbar, AKBP A Azas Siagian melalui Kasi Lidik Pol Air Polda Sumbar, Kompol T Harefah menyebut, kebakaran kapal pesiar KM Lautan India di perairan Bungus berawal saat kapal tersebut akan bersandar di pelabuhan.

“Saat kapal akan bersandar, awak kapal melihat ada percikan api di mesin kapal dan mereka mencoba menyiram api itu dengan air,” ujarnya.

Api sendiri tidak bisa dipadamkan oleh mobil pemadam kebakaran mengingat jarak kapal yang cukup jauh dari daratan. “Api sempat disiram oleh ABK, namun api membesar di bagian mesin dan mereka langsung melompat ke dalam laut,” te­rangnya.

Dia mengatakan jarak antara pesisir pantai menuju kapal yang terbakar tersebut kurang lebih tiga hingga empat kilometer. Akibat dari kejadian tersebut, pemilik kapal KM Laut India GT-124 yang merupakan seorang Warga Negara Australia, Waren Hanli alias Wazza (40) mengalami kerugian mencapai Rp2 miliar.

Sementara Kepala Asosiasi Kapal Pesiar Sumbar, Aim Zen membenarkan telah terjadi kebakaran kapal di Pelabuhan Bungus. Kapal tersebut milik warga negara Australia Wazza dan istrinya orang Padang. “Kapal itu sedang jangkar di lokasi dermaga pelabuhan,” katanya.

Menurutnya kapal itu merupakan kapal wisata untuk mengangkut turis yang ingin melakukan olahraga selancar air di Kepu­lauan Mentawai. (h/mg-adl)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 09 Januari 2020 - 18:14:04 WIB

    Wow, Pemprov Sumbar akan Sulap Muaro Batang Arau Jadi Magnet Kapal-kapal Pesiar

    Wow, Pemprov Sumbar akan Sulap Muaro Batang Arau Jadi Magnet Kapal-kapal Pesiar Pemprov Sumbar bakal mengembangkan pelabuhan Muaro Batang Arau menjadi ikon baru untuk menarik wisatawan dan menggairahkan roda perekonomian masyarakat. Pelabuhan yang merupakan jalur transit dari Eropa ke Jawa itu bakal disu.
  • Senin, 19 Agustus 2019 - 17:10:56 WIB

    16 Bangkai Kapal di Batang Arau Berhasil Dikeluarkan DKP

    PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 16 dari 17 target bangkai kapal di Muaro Batang Arau berhasil dikeluarkan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP). Saat ini masih bersisa satu bangkai kapal yang ukurannya cukup besar dan terken.
  • Selasa, 09 April 2019 - 11:37:04 WIB

    DLH Sediakan Kapal Penyisir Sampah

    DLH Sediakan Kapal Penyisir Sampah PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Memberikan edukasi kepada masyarakat untuk peduli lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sediakan kapal penyisir sampah. Kapal tersebut beroperasi di dua titik, yaitu di badar bekali dan kawasan .
  • Senin, 05 Februari 2018 - 01:53:50 WIB
    JAGA KEBERSIHAN SUNGAI

    Pemko Luncurkan Kapal Pengumpul Sampah

    Pemko Luncurkan Kapal Pengumpul Sampah PADANG, HALUAN--Setelah berhasil mengembalikan piala Adipura, Pemerintah Kota Padang tidak saja fokus menjaga kebersihan pada beberapa kawasan. Saat ini menjaga kebersihan sungai juga mendapat perhatian serius. .
  • Senin, 23 Januari 2017 - 13:02:17 WIB

    Kapal Kuliner Dikosongkan PKL

    PADANG, HALUAN - Sebanyak 65 gerobak bantuan dari Pemerintah Kota (Pemko) Padang bagi Pedagang Kaki Lima (PKL) di seputaran Air Mancur Pasar Raya Padang sepertinya terkesan sia-sia saja..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM