Irfendi Terima Penghargaan National Procurement Award


Senin, 07 November 2016 - 01:09:49 WIB
Irfendi Terima Penghargaan  National Procurement Award Ir. IRFENDI ARBI, MP Bupati Limapuluh Kota, menerima penghargaan National Procurement Award 2016 dari Kepala LKPP Republik Indonesia Agus Prabowo d, Jakarta, Kamis (3/11).

”Penghargaan ini saya persembahkan buat masyarakat Limapuluh Kota dan ASN yang telah bekerja secara sungguh-sungguh,”

BUPATI Li­ma­puluh Kota, Ir. Irfendi Arbi, MP kembali me­ngukir prestasi. Usai me­nerima anugerah Kawastara Pawitra dari Menteri Pen­didikan dan Kebudayaan di Solo 15 Oktober lalu, karena dinilai beritegritas dalam penyiapan calon kepala sekolah, kini Irfendi kembali mendapatkan peng­har­gaan ‘National Procurement Award 2016’ dengan Kategori Penerapan Standar Layanan Pe­ngadaan Secara Elektronik (LPSE) dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Peme­rintah (LKPP) Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut di­pe­roleh Irfendi karena dinilai me­miliki komitmen yang tinggi dalam penerapan standardisasi penyelenggaraan pengadaan ba­rang/jasa melalui LPSE e-pro­curement di Pemerintahan Kabu­paten Limapuluh Kota. Peng­hargaan bergengsi itu diserahkan langsung Kepala LKPP Republik Indonesia, Agus Prabowo di Balai Kartini, Jl. Jenderal Gatot Su­broto, Jakarta, Kamis (3/11).

Kepada wartawan Bupati Ir­fendi mengaku, penghargaan ini merupakan prestasi berbagai pihak di Kabupaten Limapuluh Kota. Menurutnya, anugerah itu akan menjadi motivasi bagi Pem­kab Limapuluh Kota, untuk lebih komit dalam penyelenggaraan layanan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang transparan, bersih dan akuntabel.

“Prestasi ini milik Kabupaten Limapuluh Kota. Ini diraih ka­rena komitmen dan berkat kerja keras kita semua terutama di bidang LPSE. Diharapkan peng­hargaan ini mampu memotivasi kita untuk tampil lebih baik lagi dimasa yang akan datang demi memajuan dan mensejahterakan masyarakat serta daerah,” papar putera Koto Tangah Simalang­gang itu.

Atas penghargaan itu, Irfendi sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah berko­mitmen dan bekerja keras di bidang LPSE di daerah ini. Ia meyakinkan, anugerah yang dipe­roleh ini membuktikan penye­lenggaraan pengadaan barang dan jasa di daerah Limapuluh Kota telah terlaksana dengan baik sesuai regulasi yang ada.

“Penghargaan ini saya per­sem­bahkan buat seluruh masya­rakat Kabupaten Limapuluh Kota dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah bekerja secara sung­guh-sungguh,” ujar Irfendi lagi.

Lebih lanjut Irfendi mengajak kepada seluruh jajaran Pemkab Limapuluh Kota, untuk me­ning­katkan kinerja demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu ia juga meminta semua apa­ratur di daerah ini mendukung semua kebijakan pemerintah dan selalu siap untuk bekerja keras.

“Mari kita tingkatkan kinerja kita untuk mewujudkan kesejah­teraan masyarakat utamanya di Kabupaten Limapuluh Kota de­ngan motto kerja, kerja dan kerja,” ujar Irfendi menekankan.

Menurut Irfendi, Pemkab Li­ma­puluh Kota ke depan akan terus meningkatkan standar sis­tem manajemen pengamanan informasi LPSE. Caranya antara lain dengan penambahan fitur, peningkatan kapasitas server, hingga peningkatan keamanan informasi. “Kita akan terus me­nyo­kong LPSE demi terwujud­nnya pengadaan barang/jasa pemerintah secara elektronik yang bersih transparan dan akuntabel,” ulas Irfendi Arbi meyakinkan.

Irfendi berharap kepada selu­ruh aparatur yang mengelola LPSE di daerahnya untuk terus memberikan dan menyajikan yang terbaik. Ia juga berjanji akan mengawasi pelaksanaan penga­daan barang dan  jasa di daerah ini. “LPSE akan kita pantau terus, Dengan adanya penghargaan bukan berarti kita puas dan mem­biarkan LPSE tidak terawasi,” tuntas Irfendi sembari mengi­ngatkan tidak mau cepat puas karena cepat puas merupakan salahsatu godaan dalam bekerja.

Sebelumnya Kepala LKPP RI Agus Prabowo mengapresiasi LPSE yang memiliki komitmen tinggi dalam menyelenggarakan pengadaan barang/jasa melalui layanan pengadaaan secara elek­tronik. Ia menyebut, hingga kini belum semua LPSE yang mampu memenuhi 17 standarisasi yang ditetapkan oleh LKPP Republik Indonesia.

LPSE atau Layanan Pengadaan Secara Elektronik adalah penye­lenggara sistem elektronik pe­ngadaan barang/jasa pemerintah. LPSE sendiri mengoperasikan sistem e-procurement bernama SPSE (Sistem Pengadaan Secara Elektronik) yang dikembangkan oleh LKPP.

Dikatakan, sebelum mem­berikan penghargaan, LKPP su­dah mengecek sejumlah item standarisasi  pelaksanaan LPSE daerah ini. Item itu antara lain kebijakan layanan, standar peng­organisasian layanan, standar pengelolaan asset, standar penge­lolaan resiko, standar pengelolaan layanan help desk, standar penge­lolaan perubahan, standar pe­ngelolaan perubahan, standar pengelolaan kapasitas, standar pengelolaan sumberdaya manusia dan lainnya.

Pimpinan DPRD Limapuluh Kota, mengapresiasi atas diraih­nya pengharggaan kategori pene­rapan LPSE yang diperoleh Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi. “Kedepan kita berharap peng­hargaan itu perlu dipertahankan dengan menerapkan kinerja yang lebih keras lagi. Sebab mem­pertahankan prestasi lebih sulit dari pada merebutnya,”ujar Wakil ketua DPRD Limapuluh Kota, Sastri Andiko Dt.Putiah yang dihubungi kemarin.

Sementara itu pemuka masya­ra­kat Andaleh, AA.Dt. ka­rong­kong Kayo dan pemuka masya­rakat Batubalang, ustad Nasrul Rasyid yang dihubungi Haluan secara terpisah Minggu kemarin berharap, untuk memperahankan perolehan penghargaan kategori penerapan LPSE itu, perlu di­iringi dengan kinerja yang lebih baik. Agar penghargaan dibidang LPSE ini tidak jatuh kedaerah lain, sebut keduanya.

Walau begitu kita meng­apre­siasi Bupati Irfendi Arbi yang telah mampu meraih pengha­argaan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Peme­rintah (LKPP) Republik Indonesia.  (h/zkf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 19:01:16 WIB

    Mahyeldi Bertemu Irfendi Arbi di Limapuluh Kota, Ada Apa Ya?

    Mahyeldi Bertemu Irfendi Arbi di Limapuluh Kota, Ada Apa Ya? LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM -- Hujan deras pada Minggu (22/3/2020) sore, tidak menyurutkan niat Walikota Padang, Mahyeldi untuk berkunjung ke rumah dinas Bupati Limapuluh Kota yang berada di Kota Payakumbuh. Kedatangan o.
  • Selasa, 04 Februari 2020 - 20:06:14 WIB

    Bupati Irfendi Tinjau Pelaksanaan Tes SKD CPNS

    Bupati Irfendi Tinjau Pelaksanaan Tes SKD CPNS LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi bersama sejumlah kepala OPD di jajaran pemkab setempat, meninjau pelaksanaan Tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) hari pertama Calon Pegawai Negeri Sipil (CPN.
  • Senin, 14 Oktober 2019 - 15:05:31 WIB

    Irfendi Arbi: Satu OPD Harus Miliki Satu Inovasi

    Irfendi Arbi: Satu OPD Harus Miliki Satu Inovasi LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM -  Dalam rangka penguatan dan pengembangan inovasi daerah, kita perlu mewujudkan One Agency Five Innovation/Satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Satu inovasi. Sebab inovasi daerah merupaka.
  • Selasa, 16 Juli 2019 - 20:48:52 WIB

    Dukung Program KKBPK, Monalisa Irfendi Raih Manggala Karya Kencana

    Dukung Program KKBPK, Monalisa Irfendi Raih Manggala Karya Kencana LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM -Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Limapuluh Kota Ny. Monalisa Irfendi Arbi menerima Anugerah Manggala Karya Kencana tahun 2019 dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BK.
  • Senin, 10 Juni 2019 - 17:45:37 WIB

    Irfendi Arbi Imbau ASN Tingkatkan Kinerja

    Irfendi Arbi Imbau ASN Tingkatkan Kinerja LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Bupati Limapuluh Kota, Ir.H. Irfendi Arbi, M.P mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah ini untuk selalu meningkatkan kinerja serta menjaga kedisiplinan setelah libur hari raya Idu.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM