REUNI DAN MUBES KASMA I PADANG

Ketua DPRD: Alumni Harus Berperan Majukan Pendidikan


Senin, 07 November 2016 - 01:11:24 WIB
Ketua DPRD: Alumni Harus Berperan Majukan Pendidikan KETUA DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim saat membuka acara reuni dan mubes Keluarga Alumni SMAN 1 (Kasma 1) Padang, Sabtu (5/11).

PADANG, HALUAN — Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim membuka reuni keluarga dan Mubes Alumni SMAN 1 Padang (Kasma 1 Padang), Sabtu (5/11). Hendra berharap, reuni yang dilaksanakan Kasma 1 Padang diharapkan tak hanya sebatas seremoni atau mengingat masa indah di sekolah saja.

Dia ingin, reuni bisa mem­berikan makna yang lebih besar dalam memajukan pendidikan di Sumbar, khususnya untuk sekolah bersangkutan. “Kemajuan pen­didikan untuk sebuah sekolah tak bisa dilepaskan dari peran alum­ni,” katanya.

Sebab, meski tak lagi menjadi bagian aktif dalam proses pen­didikan di tempat bersangkutan, alumni memiliki posisi tawar yang unik dan strategis. Pengalaman mereka selama menjadi siswa, ikatan batin serta rasa memiliki yang kuat terhadap almamater akan dapat menghasilkan dan mena­warkan berbagai konsep, ide, pemikiran, masukan dan kritik yang mem­bangun. “Kita berharap semua alumni mau bersatu mem­berikan sumbangsih SMA 1 Pa­dang,” ujarnya.

Hendra yang juga alumni angkatan 80 SMAN 1 Padang juga mengatakan, bagi sekolah alumni adalah aset. Mereka bisa diminta kontribusinya untuk memajukan sekolah. Kontribusi tersebut bisa dilakukan berbentuk banyak hal. Misalnya dengan memberikan semangat dan motivasi bagi para siswa, sehingga siswa menjadi semakin giat dalam belajar dan meraih cita-cita masing-ma­sing. Bisa juga dengan memberikan kritik dan saran pada pihak mana­jemen sekolah. Semisal untuk perbaikan sistem dan cara belajar mengajar di sekolah tersebut.

Tak hanya itu, alumni juga bisa memberikan kontribusi da­lam wujud materi. Misalnya untuk dana pembangunan yang diperlukan sekolah. Bisa pula dengan membantu penyediaan mobiler untuk sekolah, misalnya komputer, AC dan sebagainya.

Ia mengingatkan agar tidak hanya siswa dan sekolah saja yang aktif menjalin komunikasi de­ngan para alumni. Para alumni  juga mesti aktif menjalin ko­munikasi dengan sekolah tanpa harus diminta. Dengan demikian kontribusi yang diharapkan akan berjalan sesuai harapan. “Hal ini bukan hanya bisa dilakukan di SMAN 1 Padang saja. Namun juga di sekolah-sekolah lain, kita harap setiap alumni berperan. Dengan demikian akan terjadi percepatan dan peningkatan fasilitas sekolah,” kata Hendra.

Lebih lanjut ia menyam­pai­kan selain berkontribusi untuk sekolah masing-masing, alumni hendaknya juga bisa menyum­bangkan sumbangsih fikiran untuk Sumbar serta untuk nasio­nal secara keseluruhan. Terkait reuni keluarga yang dilaksanakan Kasma 1 Padang, hari itu terkum­pul sebanyak 80 lebih komputer yang berasal dari sumbangan alumni. (adv)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM