Masyarakat Sumbar Hanya 1,4 Persen yang Menyikat Gigi Secara Benar


Senin, 07 November 2016 - 14:30:02 WIB
Masyarakat Sumbar Hanya 1,4 Persen yang Menyikat Gigi Secara Benar BKGN--Puluhan murid Sekolah Dasar (SD) saat mengikuti Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Baiturahmah Padang. (Dokumentasi Haluan)

Masyarakat Sumbar Hanya 1,4 Persen yang Menyikat Gigi Secara Benar

PADANG, HALUAN – Orantua mempunyai peran penting dalam mengajarkan anak tentang perilaku hidup bersih, terutama tentang kesehatan mulut dan gigi. Karena hal kecil dapat berpengaruh besar jika dijadikan kebiasaan

 

Hal ini diungkapkan, oleh drg. Ratu Mirah Afifah GCClindent., MDSc, Head of Professional Relationship Oral Care, PT Unilever Indonesia, Tbk, saat Bulan Kesehtan Gigi Nasional (BKGN) di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Baiturrahmah, Padang, Senin (7/11).

 

 

“Sejumlah kebiasaan yang sering dilakukan anak dan dianggap sepele dapat berpotensi menjadi kebiasaan buruk yang dapat memengaruhi kesehatan gigi dan mulut si kecil. Dengan mengenal kebiasaan buruk si kecil maka orangtua bisa melakukan pencegahan sedini mungkin,” ujarnya.

 

Sementara itu Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Drg. Okmes Fadriyanti, Sp. Pros mengatakan, berdasarkan RISKESDAS 2013, dari 93,7 persen, masyarakat Sumatera Barat yang telah menyikat gigi dua kali sehari,  hanya 1,4 persen yang sudah melakukanya di waktu yang benar yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Angka tersebut berada jauh di bawah rata – rata nasional yang masih memperihatinkan yaitu 2,3 persen.

 

“BKGN di Universitas Baiturrahmah memberikan pelayanan kuratif sederhana serta pelayanan promotif dan preventif, seperti mengedukasi cara menyikat gigi serta waktu yang tepat untuk menyikat gigi. Sekitar 85 persen pasien anak yang datang berkunjung ke RSGM Baiturrahmah mengalami masalah karies gigi yang disebabkan oleh kebiasaan menyikat gigi di waktu dan cara yang salah,” terangnya.

 

Ia menjelaskan, menyikat gigi dengan cara, frekuensi dan waktu salah, merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dianggap sepele. Padahal menyikat gigi dua kali sehari pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur dapat selama minimal 2 menit dapat mengurangi resiko gigi berlubang sebanyak 50 persen.

 

 

Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) diselenggarakan Pepsodent berkolaborasi dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI). Tahun ini BKGN diselenggarakan di 21 FKG yang mempunyai Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) dan 30 kota PDGI cabang di Indonesia.

 

Mulai dari 19 September hingga 28 November 2016. Kegiatan edukasi serta pelayanan kesehatan gigi dan mulut gratis yang dilakukan secara konsisten sejak tahun 2010 ini telah resmi dimulai  pada tanggal 19 September 2016 kemarin di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Sumatera Utara (USU), Medan.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 13 Desember 2019 - 02:56:45 WIB

    Menag Sebut Kini Masyarakat Belajar Agama dari Medsos

    Menag Sebut Kini Masyarakat Belajar Agama dari Medsos SLEMAN, HARIANHALUAN.COM – Menteri Agama Fachrul Razi menyoroti perkembangan teknologi yang rawan terjadi penyimpangan, khususnya dalam kaitan agama. Menyusul pola pendidikan yang tidak benar dari generasi milenial yang ban.
  • Ahad, 08 Desember 2019 - 09:55:31 WIB

    Mantap..! PNP Raih Peringkat ‘Sangat Bagus’ dalam Pengabdian Masyarakat

    Mantap..! PNP Raih Peringkat ‘Sangat Bagus’ dalam Pengabdian Masyarakat PADANG, HARIANHALUAN.COM – Prestasi membanggakan kembali diraih Politeknik Negeri Padang (PNP). Tahun ini PNP, berhasil meningkatkan kinerjanya di bidang penelitian dari peringkat Madya menjadi Peringkat Utama. .
  • Selasa, 19 November 2019 - 15:23:11 WIB

    Tim FK Unand Lakukan Pengabdian Masyarakat ke Mentawai

    Tim FK Unand Lakukan Pengabdian Masyarakat ke Mentawai TUAPEIJAT, HARIANHALUAN.COM - Maraknya pergaulan bebas pada remaja di Desa Sioban Kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Mentawai, membuat Tim Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Andalas (Unand) melakukan pengabdian masyarakat (.
  • Kamis, 29 Agustus 2019 - 14:15:50 WIB

    Masyarakat Indonesia Harus Dapat Mengakses Pendidikan Tinggi

    Masyarakat Indonesia Harus Dapat Mengakses Pendidikan Tinggi PADANG, HARIANHALUAN.COM - SDM Unggul, Indonesia Maju, sebuah tema menarik yang diusung Pemerintah Republik Indonesia dalam rangka peringatan HUT RI yang ke-74. Tema tersebut menggambarkan bahwa pemerintah Indonesia terus ber.
  • Senin, 01 Juli 2019 - 21:31:28 WIB

    FIS UNP Gelar Pengabdian Masyarakat di Bukittinggi

    FIS UNP Gelar Pengabdian Masyarakat di Bukittinggi BUKITTINGGI,HARIANHALUAN.COM-Guna mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Kota Bukittinggi..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM