Seni Rupa Gelar Pameran Tunggal Achyar Sikumbang


Selasa, 08 November 2016 - 09:56:59 WIB
Seni Rupa Gelar Pameran Tunggal Achyar Sikumbang PAMERAN TUNGGAL—Achyar Sikumbang (tiga dari kanan) sedang menyaksikan karikatur "Tanbaro" bersama tamu undangan pada Pameran Tunggal Achyar Sikumbang di Galeri Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang, Senin (7/11). YOLA SASTRA

PADANG, HALUAN—Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar Pameran Tunggal Achyar Sikumbang, Senin-Jumat (7—11/11). Pada pameran yang diadakan di Galeri Seni Rupa FBS UNP itu, ditampilkan berbagai karya Achyar Sikumbang, mulai dari ilustrasi, lukisan, arsip seni, dan sketsa.

 

Ketua Pelaksana Pameran, Riri Trinanda, mengungkapkan pameran ini berbeda dengan pameran lukisan kebanyakan. Tidak hanya menampilkan karya seni rupa, pameran ini juga menyuguhkan arsip artikel seni rupa. Sejak tahun 1970 hingga sekarang, Achyar tekun mengkliping artikel-artikel seni rupa yang terbit di berbagai media nasional, seperti Kompas, Tempo, Media Indonesia, dan Republika.

 

Riri menjelaskan bahwa keberadaan arsip tersebut sangat berguna untuk perkembangan seni rupa di Sumatera Barat. Arsip itu penting untuk melakukan pengkajian terhadap seni rupa. Artikel-artikel yang telah dikliping dan dijilid Achyar sudah beberapa kali dijadikan sebagai bahan penelitian, baik di bidang seni rupa, sastra, maupun musik.

 

“Arsip tersebut didonasikan oleh Achyar ke jurusan. Siapa saja yang membutuhkan bisa menghubungi pihak Jurusan Seni Rupa,” ujar Riri, Senin (7/11).

 

Ketua Jurusan Seni Rupa, Syafwan, mengatakan bahwa diadakannya pameran ini sebagai penghormatan atas dedikasi Achyar sebagai dosen baik dalam ruang lingkup akademik maupun dalam ruang lingkup seni rupa Sumatera Barat. Achyar selama ini sangat aktif di berbagai forum diskusi, seminar, dan iven seni rupa lainnya. Di samping itu, sebagai praktisi seni rupa Achyar juga produktif dan konsisten menghasilkan karya hingga saat ini.

 

“Reputasi beliau itu berdampak besar terhadap Jurusan Seni Rupa. Beliau berjasa untuk membesarkan nama jurusan ini. Hal itu tampak dari karya seni rupanya, serta dokumentasi seni rupa beliau yang tidak dimiliki oleh orang lain,” ujar Syafwan saat memberikan sambutan pada acara pembukaan.

 

Selanjutnya, Syafwan mengungkapkan bahwa tujuan lain dari pameran ini adalah memotivasi dosen Seni Rupa lainnya untuk mencontoh Achyar yang meskipun sudah pensiun sebagai pegawai negeri sipil tetap berkarya hingga sekarang. Karikaturnya yang sangat ikonik “Tanbaro” dan ilustrasi cerpennya masih setia menghiasi halaman Harian Singgalang Minggu.

 

“Diharapkan pameran ini bisa memacu dosen lainnya untuk berkarya dan tampil dalam iven-iven pameran,” kata dia.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM