Adu Cepat Pendayung Anak Nagari di Ajang PDF


Selasa, 08 November 2016 - 11:39:04 WIB
Adu Cepat Pendayung Anak Nagari di Ajang PDF Ketua Panitia PDF H Dikki Syarfin saat menyerahkan cendera mata Dayuang Palinggam ke Walikota Padang Mahyeldi jelang pelaksanaan iven serupa tahun 2015 lalu. IST/NET

PADANG, HALUAN—Palinggam Dayung Festival (PDF) akan kembali dihelat tahun ini menyusul sukses tahun lalu. Rencananya, PDF akan dihelat awal Desember 2016 ini yang diikuti tim dayung tradisional dari anak nagari di Padang di kanal Batang Arau.

PDF merupakan ajang tahunan yang sebelumnya dikelola oleh anak nagari Subarang Palinggam.  Pada tahun ini, Pemko Padang telah memberikan perhatian. Menurut Ketua Panitia PDF, Dikki Syarfin  Pemko Padang telah memasukkan alek anak nagari ini ke agenda wisatanya.

“Tentu kami sangat mengapresiasi perhatian pemerintah ini. Panitia menyambutnya dengan melakukan dan menggelar kegiatan  seprofessional mungkin, berdasarkan kinerja yang  terukur pula,”kata Dikki lagi.

Kabar gembira lainnya, sebut Dikki, pemerintah kota melalui Dinas Pariwisata akan memboyong setidaknya 350 turis asing asal Malaysia untuk menonton ajang ini. Artinya, PDF ke depan tak lagi sebagai ajang perlombaan semata, tapi juga merupakan ajang sport tourism yang menyedot wisatawan.

Jika tahun ini bisa terlaksana dengan baik dan para pelancong asal negeri jiran itu terpuaskan oleh festival tradisional ini, tentunya akan memberikan image positif bagi ajang anak nagari ini dan pariwisata kota Padang secara umum. Untuk itu,kami mengajak panitia untuk optimal bertugas dalam menghelat ajang ini.

“Jangan sampai ada hal-hal yang bisa mengganggu jalannya perlombaan, baik  dari sisi pelaksanaan maupun dari sisi pertandingannya,” kata.

Pada pelaksanaan tahun sebelumnya, Tim Dayung Pasa Gadang keluar sebagai juara lomba selaju sampan  Dayuang Palinggam Festival setelah di partai puncak, Minggu (27/12/2015) sore berhasil mengalahkan Tim Dayung IPKB Kampung Batu dari Batang Harau. Hal ini sekaligus mengantarkan tim dayung Pasa Gadang memboyong  Satu Ekor Sapi dan Uang Pembinaan dari Panitia.

Pada pertandingan puncak itu, sempat terjadi susul menyusul antara kedua tim  jelang masuk finish. Tim Pasa Gadang melaju dengan sampan merah dengan tim dayung IPKB Kampung Batu dengan sampan bercat hijau.

Tim Pasa Gadang yang menunggangi sampan berwarna merah mulai meninggalkan pesaingnya, Kampuang Batu yang menggunakan sampan bercat hijau, 50 meter jelang finish. Tim dayung pasa gadang menambah kecepatan akhirnya 10 meter terakhir tim pasa gadang berhasil menyentuh labu-labu sebagai tanda finish lebih awal . (h/mat)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 17 Februari 2020 - 17:28:08 WIB

    Sensus Penduduk Online, Mahyeldi : Ini Pola Badunsanak

    Sensus Penduduk Online, Mahyeldi : Ini Pola Badunsanak PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota Padang mengajak masyarakat berpartisipasi mensukseskan Sensus Penduduk 2020 secara online oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Hal itu menyusul pelaksanaannya telah mulai 15 Februari 2.
  • Senin, 12 Agustus 2019 - 07:04:57 WIB

    Cegah Korupsi, Pemko Padang Terbitkan Perwako Tentang Pengaduan WBS

    Cegah Korupsi, Pemko Padang Terbitkan Perwako Tentang Pengaduan WBS PADANG, HARIANHALUAN.COM –Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman seluruh jajaran Pemerintah Kota (Pemko) Padang tentang program pencegahan dan pengendalian tindak pidana korupsi dan peraturan-peraturan yang berkaitan.
  • Rabu, 14 November 2018 - 11:15:27 WIB

    Gunung Padang Jadi Kawasan Wisata Terpadu

    Gunung Padang Jadi Kawasan Wisata Terpadu PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang berencana melakukan beberapa pengembangan Kawasan Wisata Terpadu (KWT). Salah satunya Gunung Padang, karena kawasan Gunung Padang salah satu kawasan wisata utama di K.
  • Ahad, 21 Januari 2018 - 18:45:28 WIB
    Tempat Kerja Diruntuhkan

    Mengadu ke Walikota, Ribuan Karyawan Basko Hotel dan Mall Bingung Soal Kerja

    Mengadu ke Walikota, Ribuan Karyawan Basko Hotel dan Mall Bingung Soal Kerja PADANG,HALUAN—Ribuan karyawan Basko hotel dan Mal mengadu ke Walikota Padang, pasca eksekusi pada Kamis (18/1) atas bangunan Basko. Ribuan Karyawan tersebut gusar, akan kemana mereka bekerja, jika diberhentikan Basko akibat.
  • Selasa, 14 Maret 2017 - 08:27:43 WIB

    Bangun Jembatan, Pemprov ‘Ngadu’ ke BNPB

    PADANG, HALUAN – Pemerintah provinsi akan menyurati Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat untuk meminta dana rehab rekon pembangunan kembali jembatan gantung Kampuang Beringin di Lubuk Kilangan yang rusak akiba.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM