Kasus Petani Kopi di Padang Panjang, Niniak Mamak KAN Gunung Bantah Adanya Pengeroyokan


Selasa, 08 November 2016 - 16:28:15 WIB
Kasus Petani Kopi di Padang Panjang, Niniak Mamak KAN Gunung Bantah Adanya Pengeroyokan ilustrasi

PADANG PANJANG, HALUAN—Insiden pengeroyokan yang di duga dilakukan oleh Dt.Gamuak terhadap Hendri Datuak Marajo Nan Sati , Minggu (30/10) lalu, memancing berbagai persepsi di tengah-tengah masyarakat. Pasalnya salah seorang Niniak Mamak dari Kerapatan Adat Nagari (KAN) Gunung yang mengaku berada di Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan menjadi saksi mata pada saat itu membantah bahwasannya ada pengeroyokan terhadap korban Datuak Marajo Nan Sati.

 

Saat ditemui Haluan Senin (7/11) kemarin, Ketua KAN Gunung Irwan Marsal Dt. Mangkudun mengaku pada saat Insiden itu terjadi dirinya berada di TKP, dan ia pun membantah kalau adanya pengeroyokan yang di lakukan oleh kemenakannya itu, namun dirinya juga tak menampik bahwasannya memang terjadi pemukulan pada saat itu.

 

“Berdasarkan hasil keterangan korban yang di beritakan sebelumnya, bahwasannya ada pengeroyokan yang terjadi di penggalian batu, saya menyatakan tak pernah ada pengeroyokan pada saat itu, namun memang ada pemukulan yang di lakukan oleh seorang kemenakan saya, dan pemukulan itu hanya di lakukan oleh satu orang saja, dan tidak benar dilakukan secara bersama-sama,” terang Dt. Mangkudun.

 

Dt. Mangkudun menceritakan, awal permasalahan itu sebenarnya telah selesai, dan tak pernah ada permasalahan lagi terhadap lahan yang sedang di garap oleh Dt. Gamuak dan kemenakannya itu, namun selang beberapa minggu setelah adanya kesepakatan damai, Hendri Datuak Marajo Nan Sati malah mendatangi Dt. Gamuak yang sedang membersihkan lahan tersebut dan berbicara seolah-olah menantang kaum dari Kenagarian Gunung.

 

“Awalnya Dt. Gamuak dan salah seorang kemenakan saya mencoba bersabar melihat perlakuaan Hendri Dt. Marajo Nan Sati saat itu, namun ada perkataan yang keluar dari Dt. Marajo Nan Sati yang seolah-olah dia tidak mengakui keberadaan Nagari Gunung, maka dari itulah salah seorang kemenakan saya yang bernama Doni tak mampu menahan emosi nya dan langsung melayangkan sebuah pukulan terhadap Dt. Marajo Nan Sati,” sebut Dt. Mangkudun menceritakan.

 

Saat dipukul tersebut, lanjut Dt. Mangkudun, Dt Marajo Nan Sati langsung terjatuh dan tak ada lagi pemukulan setelah itu, dan Dt. Mangkudun pun langsung memegangi kemenakannya Doni agar tak terjadi lagi perkelahian saat itu.

 

“Hanya satu pukulan yang dilayangkan Doni dan Dt. Marajo Nan Sati langsung terjatuh, setelah itu sayapun lansung memegani Doni agak tak terjadi lagi perkelahian. Awalnya saya pun kaget saat Doni memukuli Dt. Marajo Nan Sati karena kejadian itu spontan saja terjadi, mungkin karena dia tak kuasa lagi menahan emosinya setelah Nagarinya tak di akui oleh Dt. Marajo Nan Sati tersebut,” terangnya.

   


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 06:06:01 WIB

    Rekor! AS Miliki Kasus Positif Korona Terbanyak di Dunia, Total 81.321 Kasus

    Rekor! AS Miliki Kasus Positif Korona Terbanyak di Dunia, Total 81.321 Kasus NEW YORK, HARIANHALUAN.COM - New York Times melaporkan Amerika Serikat (AS) memiliki jumlah kasus virus Corona terbanyak di dunia. Data tersebut dirangkum hingga Kamis (26/3) waktu setempat..
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 05:59:50 WIB

    Terus Meluas, Zimbabwe Laporkan Kasus Pertama Virus Corona

    Terus Meluas, Zimbabwe Laporkan Kasus Pertama Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM --Pemerintah Zimbabwe melaporkan kasus virus Corona (COVID-19) pertama di negaranya. Seorang pria di Victoria Falls terinfeksi Corona usai kembali dari Inggris pada akhir pekan lalu..
  • Jumat, 20 Maret 2020 - 23:35:51 WIB

    China Laporkan Kasus Baru Virus Corona dari Indonesia

    China Laporkan Kasus Baru Virus Corona dari Indonesia JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Provinsi Shaanxi, China, melaporkan satu kasus baru virus corona (Covid-19) yang dibawa dari Indonesia..
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 12:42:37 WIB

    Kabar Gembira! China Nihil Kasus Baru Corona

    Kabar Gembira! China Nihil Kasus Baru Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - China pada Kamis (19/3) melaporkan tidak memiliki kasus baru virus corona di dalam negeri. Ini merupakan kali pertama China nihil pasien baru positif Covid-19 sejak virus itu mewabah di Negeri Tira.
  • Jumat, 13 Maret 2020 - 22:12:48 WIB

    Surati Jokowi, WHO Singgung soal Kasus Corona yang Tak Terdeteksi

    Surati Jokowi, WHO Singgung soal Kasus Corona yang Tak Terdeteksi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) menyurati Presiden Joko Widodo terkait penanganan virus corona Covid-19 di Indonesia. Dalam surat itu, WHO menyinggung soal kasus positif corona yang gagal terdete.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM