Ekonomi Lesu, Peredaran Uang di Riau Turun


Selasa, 08 November 2016 - 23:45:27 WIB

PEKANBARU, HALUAN — Masih lemahnya kondisi perekonomian Riau hingga saat ini, turut memberikan dampak terhadap perputaran uang di Riau. Tercatat hingga Oktober 2016, perputaran uang di Riau baru mencapai Rp617 miliar, angka tersebut masih berada di bawah dari jumlah peredaran uang pada bulan sebelumnya sebesar Rp663 miliar.

Demikian diungkapkan oleh Kepala Bank Indonesia, Ismet Inono kepada Haluan Riau, Selasa (8/11) di ruang kerjanya. Menurutnya, mele­mahnya peredaran uang bu­kan­­lah disebabkan karena me­lemahnya rupiah diban­ding­kan mata uang lainnya. Na­mun karena kondisi per­lam­batan ekonomi lokal mau­­­pun nasional secara ber­sa­maan. “Kebutuhan uang me­mang mengalami penu­ru­nan, karena banyak masya­ra­kat yang melakukan tran­saksi diluar Riau seperti transfer dengan dominan terbanyak ke Jakar­ta,” ujarn­ya.

Dijelaskan Ismet, kurang­nya angka transaksi ditengah masyarakat seiring dengan perlambatan ekonomi di Riau disebabkan karena banyak­nya masyarakat Riau yang justru melakukan transaksi diluar Riau. Seperti mela­kukan transfer ke Jakarta, sehingga transaksi terjadi lebih tinggi didaerah tersebut dan Riau hanya sebagai per­singgahan transfer saja.

Begitu pula halnya, ku­rang­nya daya beli masyarakat juga menjadi salah satu faktor melemahnya peredaran uang. Na­mun begitu, untuk angka uang keluar masih berada kon­sisten pada level sebe­lum­nya, yakni di kisaran Rp1,1 Triliun dan pernah terjadi kenaikan di September de­ngan jumlah mencapai Rp1,6 Triliun,” pungkasnya. (h/nie)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 09 Juli 2019 - 11:42:11 WIB

    Jadi Warisan Dunia, Tambang Ombilin Berdampak Besar Bagi Ekonomi Pariwisata

    Jadi Warisan Dunia, Tambang Ombilin Berdampak Besar Bagi Ekonomi Pariwisata PADANG, HARIANHALUAN.COM — Penetapan Tambang Batubara Ombilin (TBO) Sawahlunto sebagai warisan dunia pada sidang ke-43 Komite Warisan Dunia UNESCO di Pusat Kongres Baku, Azerbaijan, pada Sabtu (5/7) lalu dinilai bakal membe.
  • Rabu, 01 Juni 2016 - 03:32:38 WIB

    Gubri Berharap Restorasi Gambut Tingkatkan Sosial Ekonomi

    Gubri Berharap Restorasi Gambut Tingkatkan Sosial Ekonomi PEKANBARU, HALUAN — Gubernur Riau Arsyadjuliandi (Andi) Rachman, meminta aksi restorasi gambut yang dipra­karsai Badan Restorasi Gambut Indonesia bisa meningkatkan sosial ekonomi masyarakat di Provinsi Riau, khususnya untu.
  • Sabtu, 21 Mei 2016 - 04:05:57 WIB

    Jadikan Desa Jantung Perekonomian

    TAMBANG, HALUAN — Pemerintah Ka­bu­paten (Pemkab) Kampar berharap desa bisa menjadi jantung perekonomian dan sentral komoditi pangan, sehingga mampu memenuhi kebutuhan desanya sendiri. Untuk itu, perlu peran BPD untuk mem.
  • Senin, 28 Desember 2015 - 02:39:20 WIB

    Perekonomian 2016, Tantangan Makin Berat

    PEKANBARU, HALUAN — Di tahun 2016, Bank In­­donesia memperkirakan bahwa perekonomian glo­­bal masih akan dihadapkan dengan situasi ke­ti­­dakpastian. Namun memiliki potensi untuk men­­­jadi semakin baik dan komple.
  • Ahad, 09 Agustus 2015 - 19:33:13 WIB

    Jadikan Riau Lokomotif Perekonomian

    PERINGATAN HUT KE-58 PROVINSI RIAU

    PEKANBARU, HALUAN — Te­pat pada hari Minggu (9/8) ke­marin, Provinsi Riau genap ber­usia 58 tahun. Sebuah usia yang tentu saja tidak lagi mu.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM