Fahri Hamzah: Aksi Damai 4 November Bukan Kudeta


Selasa, 08 November 2016 - 23:53:29 WIB
Fahri Hamzah: Aksi Damai  4 November Bukan Kudeta Fahri Hamzah.

JAKARTA, HALUAN — Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menegaskan aksi demo damai Jumat lalu (4/11) yang berakhir rusuh itu bukanlah ‘kudeta yang gagal’ karena demo itu bukan untuk mengkudeta Presiden RI.

Aksi demo damai itu kata Fahri, hanya merupakan gerakan massa yang marah karena pe­merintah dianggap lambat dan cenderung melindungi kasus du­gaan penistaan agama yang dila­kukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. “Jadi tidak benar kalau kudeta. Selama TNI tidak sepakat, maka tak ada yang namanya ku­deta, seperti yang terjadi di Thai­land, Mesir, dan terakhir di Turki,” kata Fahri dalam diskusi “Siapa Aktor Demo 4 November, di Media Center DPR, Selasa (8/11).

Dia mengingatkan Presiden Jokowi jangan menggunakan ter­minologi Orde Baru. Demo 411 itu juga tak bisa yang menunggangi, sehingga kalau tidak ada bukti-buk­ti yang kuat untuk men­jatuh­kan Presiden RI, maka jangan bilang ditunggangi.

Sebaliknya Fahri menilai Pre­siden Jokowi yang ditunggangi, karena dalam proses hukum ter­hadap Ahok lambat. Tapi, pi­haknya tidak akan menanggapi tuduhan tunggangan politik ter­sebut kalau belum definitif. “Kalau tuduhan itu definitif, baru saya akan tanggapi. Jangan sampai presiden menerima informasi dari sumber yang tidak jelas,” ujarnya.

Fahri pun mengakui jika di­rinya sudah biasa menghadiri undangan demo dimana pun. Bahkan pernah diundang demo di Solo, NTB, dan Jakarta. Dalam demokrasi itu biasa. Prosedurnya diatur, maka kalau geger dengan demo 4 November, berarti pemain baru. “Siapa yang memulai? Jeda sebelum aksi itu cukup panjang karena Ahok tidak segera diproses hukum. Puncaknya eskalasi massa tanggal 4 November, sampai MUI berfatwa. Jadi, negara dan agama harus dikelola secara harmoni,” tambahnya.

Di tempat terpisah, Fahri Ham­zah menantang Presiden Jokowi untuk menungkapkan secara ter­buka aktor politik yang menunggangi aksi damai 4 November lalu dengan memberikan keterangan yang lebih lengkap tentang laporan yang masuk ke Presiden, siapa yang disebut sebagai aktor. “Saya meminta agar Presiden memberikan keterangan yang lebih lengkap, siapa yang disebut sebagai aktor politik ters­e­but,” tantang Fahri saat jumpa pers per­siapan Kongres Pertama Ke­luarga Alumni Kesatuan Aksi Ma­hasiswa Muslim Indonesia, di Ja­karta, Selasa (8/11).

Fahri menuturkan, sangat pen­ting sebenarnya sejauh apa Pre­siden menganggap bahwa ini suatu kegiatan politik yang dikelola oleh kelompok poliitik, siapa koor­dinatornya, dapat uang darimana, semua itu harus dise­but­kan ”Pre­siden harus menyebut nama, kalau memang Presiden meragukan bahwa aksi kemarin itu murni gerakan massa, atas respon satu situasi yang tidak memuaskan masyarakat,” cetus Fahri.

Fahri Hamzah mengingatkan Kapolri Jendral Tito Karnavian untuk tidak bicara sembarangan terkait rencananya menjerat Fahri dengan pasal makar. Dia menyayangkan pernyataan Tito meskipun dia dikenal memiliki track rekord sebagai perwira yang cemerlang.  (h/sam)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 01 Oktober 2019 - 15:25:53 WIB

    Tanpa Fadli Zon - Fahri Hamzah, Pengamat: Pimpinan DPR Akan Jinak

    Tanpa Fadli Zon - Fahri Hamzah, Pengamat: Pimpinan DPR Akan Jinak JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Dua tokoh yang cukup sering mengkritik pemerintah, Fadli Zon dan Fahri Hamzah hengkang dari kepemimpinan DPR. Fahri tak maju dalam Pemilihan Legislatif 2019. Sementara itu, Ketua Umum Prabowo Subia.
  • Senin, 30 September 2019 - 15:34:19 WIB

    Fahri Hamzah Hengkang dari DPR, Mulan Jameela Datang

    Fahri Hamzah Hengkang dari DPR, Mulan Jameela Datang JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Besok, anggota DPR RI periode 2019-2024 akan dilantik. Banyak wajah-wajah baru akan mengisi Senayan. Namun, tak sedikit pula yang harus hengkang mulai tanggal 1 Oktober 2019. Salah satu 'Macan Sena.
  • Jumat, 27 September 2019 - 19:30:54 WIB

    Jelang Akhiri Masa Kerja, Fahri Hamzah Luncurkan Dua Buku

    JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menjelang mengakhiri masa kerjanya, Wakil Ketua DPR RI Koordinatir bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Fahri Hamzah meluncurkan dua buku hasil pemikirannya yang berjudul ‘Arahan Baru Pemberan.
  • Rabu, 21 Agustus 2019 - 14:08:17 WIB

    Fahri Hamzah Minta Jokowi Tak Cuma Bicara Terkait Kerusuhan di Papua

    Fahri Hamzah Minta Jokowi Tak Cuma Bicara Terkait Kerusuhan di Papua JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah meminta Presiden Joko Widodo memberikan ketenangan kepada masyarakat Papua dengan menjamin insiden kerusuhan yang terjadi tidak terulang lagi..
  • Rabu, 19 Juni 2019 - 12:45:55 WIB

    PN Jaksel Panggil PKS soal Ganti Rugi Rp30 M ke Fahri Hamzah

    PN Jaksel Panggil PKS soal Ganti Rugi Rp30 M ke Fahri Hamzah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) memanggil Partai Keadilan Sejahtera (PKS) permohonan eksekusi dalam perkara yang dimenangkan oleh Fahri Hamzah. Diketahui hingga enam bulan sejak per.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM