374 Atlet Kabupaten Solok TC Penuh


Selasa, 08 November 2016 - 23:57:05 WIB
374 Atlet Kabupaten Solok TC Penuh SEJUMLAH atlet dari cabang olahraga beladiri Kabupaten Solok serius mengikuti Training Camp penuh menghadapi Porprov ke XIV di Sport Hall Batu Batupang Koto Baru, Selasa (8/11). (WANDI MALIN)

Arosuka, Haluan — Se­banyak 374 orang atlet Kabu­paten Solok mulai mengikuti training camp (TC) penuh meng­hadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat yang akan digelar pada 19 sampai dengan 29 November men­datang di Kota Padang. Di­mulainya pelaksanaan TC pe­nuh ini menyusul selesainya kisruh yang melanda tubuh KONI Kabupaten Solok dan kepastian keikutsertaan Ka­bupaten Solok pada perhelatan akbar dua tahunan itu oleh Bupati Solok pekan lalu.

Jumlah 374 orang atlet itu tersebar pada 31 cabang olah­raga yang diikuti oleh kon­tingen Kabupaten Solok. “ Ada 31 cabor pertandingan yang kita ikuti kecuali drum­band dan tenis meja,” kata Ketum KONI Kabupaten Solok Rudi Horizon kepada Haluan di sekretariat KONI Kabupaten Solok Koto Baru, Selasa (8/11).

Rudi menyebutkan, TC pe­nuh ini akan dilaksanakan selama 10 hari dan telah dim­u­lai sejak tanggal 6 November kemarin hingga 16 November mendatang.  Jumlah atlet ter­sebut kata dia,  sudah melalui seleksi yang dilakukan oleh masing-masing cabor, karena sebelum pelaksanaan TC pe­nuh, jumlah atlet yang terdata awal adalah sebanyak 592 orang atlet. “ Pembiayaan kita pada Porprov ke XIV ini sangat terbatas, makanya dengan sa­ngat terpaksa kita melakukan pemangkasan jumlah atlet,” katanya.

Pelaksanaan TC penuh ini kata dia, sebetulnya sudah sangat mepet dengan jadwal pelaksanaan Porprov, karena semestinya sebelum pelaksanaan TC penuh ini didahului dengan pelaksanaan TC berjalan. Namun demikian pihaknya mengaku optimis semuanya bisa berjalan maksimal meski dengan ber­bagai keterbatasan terutama masalah pendanaan. “ Kita sangat mengapresiasi kawan-kawan di cabang Olahraga yang memahami kondisi dan situasi yang kita hadapi selama ini,” ujarnya.

Pelatih Kempo Sumbar pa­da PON Jabar lalu ini menga­takan, pada Porprov kali ini pihaknya lebih me­nge­de­pan­kan kualitas atlet ketimbang kuantitas. Dalam hal ini kata dia, pihak KONI dan pengurus Cabor telah menyepakati akan lebih mengutamakan para atlet dan cabang yang menjadi tar­get penyumbang medali saja. “ Makanya jumlahnya sangat jauh berkurang dari jumlah sebelumnya,” bebernya.

Dalam pelaksanaan TC pe­nuh ini, kata dia, pihak KONI juga akan menurunkan se­banyak lima tim yang bertugas melakuan monitoring dan eva­luasi pelaksanaan TC penuh di sejumlah lokasi latihan atlet di daerah itu. Sedangkan untuk lokasi TC kata Rudi tersebar di sejumlah tempat seperti cabang bela diri yang  dipu­satkan di Sport Hall Batu Batupang dan Aula Kodim 0309 Solok. “ Lokasinya kita serahkan kepada cabang ma­sing-masing sesuai dengan kebutuhan,” kata Rudi.

Terpisah, Bupati Solok H.Gusmal, SE MM berharap saat ini KONI lebih fokus mengurus persiapan meng­hadapi Porprov yang sudah di depan mata ini, ketimbang memikirkan per­soalan yang sempat meng­gang­gu aktivitas persiapan sebe­lumnya. Karena menurutnya berdasarkan ka­jian tim SKPD yang telah dibentuk, pihaknya menilai tak ada lagi yang perlu diri­butkan terkait kepengurusan KONI sekarang ini.

“ Saya berharap, KONI fo­kus mempersiapkan kontingen untuk menghadapi Porprov mendatang, karena ini me­nyang­kut nama baik Kabu­paten Solok di kancah olahraga Sumbar,” kata Bupati.

Meski KONI sempat didera persoalan, namun pihaknya optimis, hal itu tidak ber­pengaruh banyak terhadap prestasi atlet Kabupaten Solok pada Porprov mendatang. “ Tugas para atlet adalah berlatih dan bertanding. Kalau mereka turun tanpa beban, saya yakin akan mampu berprestasi de­ngan baik,” kata Bupati me­motivasi. (h/ndi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]